Tak Perlu Jauh-jauh, 5 Air Terjun di Bogor Ini Cocok untuk Akhir Pekan - Kompas.com

Tak Perlu Jauh-jauh, 5 Air Terjun di Bogor Ini Cocok untuk Akhir Pekan

WIENDA PUTRI NOVIANTY
Kompas.com - 07/10/2017, 13:27 WIB
Curug Cilember di kawasan Puncak, Jawa Barat.ARSIP KOMPAS TV Curug Cilember di kawasan Puncak, Jawa Barat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak perlu berpergian jauh, Bogor ternyata menyimpan beberapa air terjun cantik yang siap mengisi waktu berlibur di akhir pekan.

Bogor memang terkenal dengan wisata alamnya yang cantik. Oleh karena itu, KompasTravel akan berbagi beberapa destinasi wisata air terjun yang wajib Anda kunjungi saat mengisi akhir pekan bersama keluarga.

1. Curug Barong

Berlokasi di Kampung Wangun, Desa Leuwikaret, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Curug Barong menyajikan pemandangan air terjun yang berbeda dengan air terjun lainnya. Untuk ketinggian Curug Barong tersendiri mencapai hingga 7 meter.

(BACA: Di Curug 7 Cilember, Mandi Tengah Malam Konon Bikin Awet Muda...)

Tekstur bebatuannya yang unik, air terjun yang tidak terlalu tinggi serta kualitas air yang masih teramat jernih membuat air terjun yang satu ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para  wisatawan.

Curug Barong, BogorTribunnewsBogor/Ardhi Sanjaya Curug Barong, Bogor
Untuk mencapai lokasi dari hulu Sungai Ciliwung ini, Anda perlu menempuh dengan berjalan kaki. Namun jangan khawatir karena jaraknya yang tidak terlalu jauh. Bebatuan yang menjadi dasar dari kolam alami ini, dijamin bisa merelaksasi tubuh Anda.

(BACA: Berswafoto di Curug Jenggala)

Untuk memasuki area Curug Barong, Anda akan dikenakan biaya kisaran Rp 10.000.

2. Curug Leuwi Hejo

Bertitik lokasi di bawah Curug Barong, Curug Leuwi Hejo tak kalah menyuguhkan wisata air yang sangat menyenangkan. Bebatuan berukuran besar, serta kedalaman air yang cukup, dalam membuat wisatawan bisa menikmati waktu Anda berenang sambil meloncat dari bebatuan.

Karena berlokasi sama dengan Curug Barong, Anda tidak perlu membayar biaya retribusi lagi.

(BACA: Grojogan Sewu, Air Terjun yang Menyimpan Kisah Mahabarata)

Untuk mencapai spot Curug Leuwi Hejo, Anda perlu melakukan trekking sejauh 2 km. Selama Anda trekking, rimbunan pohon dan suara kicauan burung akan menemani perjalananmu.

Pengunjung asyik berfoto di Curug Cigamea di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (KTNGHS), Kabupaten Bogor, Jawa Barat.KOMPAS.COM/NI LUH MADE PERTIWI F Pengunjung asyik berfoto di Curug Cigamea di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (KTNGHS), Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
Saat Anda sampai dilokasi lantas pemandangan Anda langsung dimanjakan dengan kencantikan dari Curug Leuwi Hejo. Batuan-batuan yang menyekat satu sama lain menghiasi pemandangan di Leuwi Hejo.

Bagi Anda yang ingin melompat dari atas bebatuan disarankan untuk berhati-hati agar tidak tergelincir. Untuk kedalaman kolam di Curug Leuwi Hejo sendiri bisa mencapai kedalaman mulai dari 5 hingga 7 m.

3. Curug Leuwi Lieuk

Masih tergolong satu kawasan dengan Curug Barong dan Curug Leuwi Hejo, Curug Leuwi Lieuk ini menghadirkan pemandangan yang jauh berbeda dari dua curug sebelumnya.

Curug yang diapit oleh dua tebing tinggi yang mengapit aliran sungai jernih berwarna kehijauan menambah cantik suasana di Curug Leuwi Lieuk.

Untuk Anda yang ingin mampir ke obyek wisata yang satu, Anda disarankan untuk menggunakan mobil pribadi terkait rute yang cukup jauh.

Jika dari arah Jakarta, keluar di pintu tol Sentul Selatan, mengarah ke Perumahan Sentul City hingga ke Simpang Jungle Land. Lalu belok ke kanan, ke arah Kecamatan Sukamakmur. Waktu yang ditempuh dari simpangan itu sekitar 30 menit perjalanan.

Wisatawan menikmati pemandangan salah satu air terjun di Curug Cilember, Desa Jogjogan, Kecamatan Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Senin (2/2/2015).Kompas.com/Wahyu Adityo Prodjo Wisatawan menikmati pemandangan salah satu air terjun di Curug Cilember, Desa Jogjogan, Kecamatan Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Senin (2/2/2015).
4. Curug Cilember

Berlokasi di Desa Jogjogan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, tempat ini ternyata menghadirkan obyek wisata alam bernama Curug Cilember.

Curug yang satu ini menghadirkan tujuh buah air terjun berlokasi di spot yang berbeda-beda dan tentu dengan ketinggian yang beragam. Dari jeram yang pendek higga dengan jeram tertinggi mencapai 40 meter tersedia di curug satu ini.

Bagi wisatawan yang hendak menuju ke tempat ini tak perlu khawatir karena fasilitas di Curug Cilember sudah termasuk lengkap mulai dari MCK, pos jaga, hingga ruang informasi.

Untuk memasuki area wisata Curug Cilember, Anda akan dikenakan biaya kisaran Rp 13.000. Bagi Anda yang membawa kendaraan akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 8.000 untuk mobil dan Rp 4.000 untuk motor.

Lokasi air terjun yang  dikelilingi oleh hutan pohon pinus membuat suasana Curug Cilember menjadi sangat sejuk dan menenangkan.

Pengunjung di antara dua air terjun, Curug Cigamea (kiri) dan Curug Cimudal (kanan) di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (KTNGHS), Kabupaten Bogor, Jawa Barat.KOMPAS.COM/NI LUH MADE PERTIWI F Pengunjung di antara dua air terjun, Curug Cigamea (kiri) dan Curug Cimudal (kanan) di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (KTNGHS), Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
5. Curug Cigamea

Curug Cigamea terletak di Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, dan masuk ke dalam kawasan Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (KTNGHS), Kabupaten Bogor. Untuk menuju ke sana Anda dapat melewati jalur utama, yaitu lewat Lewiliang.

Sebenarnya ada enam curug atau air terjun yang dijadikan obyek wisata. Namun untuk sekarang Curug Cigamea yang menjadi primadonanya. Selain karena pemandangannya yang indah, akses menuju Curug Cigamea pun tergolong mudah.

Untuk masuk ke obyek wisata tersebut, Anda perlu masuk terlebih dahulu ke KTNGHS dengan membayar berkisar Rp 5.000, lalu tiket masuk ke obyek wisata seharga Rp 7.500 per orang.

Dari pintu masuk menuju curug, sepanjang jalan Anda disuguhkan rindangnya pepohonan hijau hingga satwa hutan seperti monyet.

Di akhir pekan, jangan lewatkan mencoba salah satu wahana flying fox dengan tiket berkisar Rp 20.000 untuk menikmati panorama Curug Cigamea dari ketinggian.

PenulisWIENDA PUTRI NOVIANTY
EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM