Hii... Ada Tur ke Rumah Lokasi Syuting Pengabdi Setan - Kompas.com

Hii... Ada Tur ke Rumah Lokasi Syuting Pengabdi Setan

Silvita Agmasari
Kompas.com - 07/10/2017, 17:02 WIB
Film Pengabdi SetanYouTube Film Pengabdi Setan

JAKARTA, KOMPAS.com - Film Pengabdi Setan garapan sutradara Joko Anwar berhasil menyedot perhatian masyarakat. Tercatat film "Pengabdi Setan" telah ditonton 1 juta orang hanya dalam waktu satu pekan.

Alur cerita yang membuat bergidik didukung akting peran mumpuni, juga latar syuting bernuansa seram menjadi keunggulan film yang dibuat ulang dari film berjudul sama keluaran 1980.

Menariknya kini para penyuka film Pengabdi Setan tak hanya dapat menonton, melainkan juga terjun langsung merasakan sensasi horor di rumah syuting film Pengabdi Setan.

(BACA: Kisah Mistis yang Dialami Pendaki di Gunung Klabat)

Agen wisata perjalanan, Sociotraveler Indonesia membuka perjalanan bertema Tur Misteri ke lokasi syuting film Pengabdi Setan, tepatnya di suatu rumah daerah Pengalengan, Jawa Barat.

"Ide awalnya karena nonton Pengabdi Setan waktu awal tayang di bioskop. Filmnya pun sesuai ekspektasi, serem abis sepanjang 1,5 jam durasi. Nah, ada satu hal yang menarik. Rumahnya itu sudah kerasa horor banget. Untuk itu kepikiran ingin tau rumah tua itu di mana lokasinya," kata Founder dari Sociotraveler, Septyan Bayu Anggara saat dihubungi KompasTravel, Sabtu (7/10/2017).

(BACA: Seblang, Ritual Tari Mistis Berusia Ratusan Tahun di Banyuwangi)

Bayu mengatakan setelah mengumpulkan informasi ternyata ada komunitas foto, Ghost Photography Community yang pernah berkunjung ke rumah dari lokasi syuting film Pengabdi Setan.

Salah satu adegan film Pengabdi Setan karya sutradara Joko Anwar.Rapi Films/Pengabdi Setan Salah satu adegan film Pengabdi Setan karya sutradara Joko Anwar.
"Akhirnya kolaborasi deh. Kita bikin tur misteri ke rumah tua di Pengalengan, Bandung itu. Acaranya ya wisata malam ke rumah tua dan juga hunting foto. Dipandu oleh teman-teman dari Ghost Photography Community. Tripnya yang buat Sociotraveler," jelas Bayu.

Dengan biaya perjalanan Rp 475.000 per orang sudah termasuk transportasi pulang pergi Bandung-Pengalengan, izin masuk kawasan perkebunan, makan, dan dokumentasi peserta akan dibawa untuk merasakan sensasi horor langsung dari rumah syuting film Pengabdi Setan.

Puncaknya, Ghost Photography Community akan mengajarkan para peserta tutorial memotret makhluk kasat mata.

Tur Misteri Pengabdi Setan pertama dari Sociotraveler akan dimulai Sabtu 14 Oktober 2017. Berlangsung dari pukul 12.00 sampai 02.00 dini hari.

"Kalau ternyata minatnya besar ya kita bisa bikin lagi. Tapi kan kita belum tahu yang pertama ini bagaimana (responnya)," kata Bayu.

Joko Anwar pada pemutaran film Pengabdi Setan di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (20/9/2017) bercerita mengenai latar belakang rumah lokasi syuting film Pengabdi Setan.

"Rumah itu milik seseorang di perkebunan tapi enggak terpakai. Pas awal ketemu lokasi ini (yang di film) enggak bisa diinjak (lantainya) karena langsung jebol. Sudah lama enggak dihuni orang. Akhirnya cari lokasi lain. Tapi balik ke situ lagi," kata Joko Anwar.

Butuh waktu tiga minggu bagi tim produksi Pengabdi Setan untuk memperbaiki rumah tersebut. Jadi dapat dipastikan kalau rumah syuting film Pengabdi Setan tersebut memang rumah asli, lama tak dihuni, dan berada di tengah perkebunan. Terbayang seramnya?

PenulisSilvita Agmasari
EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM