Borobudurpedia, Pedoman Wajib Sebelum Berwisata ke Borobudur - Kompas.com

Borobudurpedia, Pedoman Wajib Sebelum Berwisata ke Borobudur

Muhammad Irzal Adiakurnia
Kompas.com - 11/10/2017, 07:03 WIB
Situs Borobudurpedia sebagai portal semua informasi terkait Candi Borobudur.KOMPAS.com / Muhammad Irzal Adiakurnia Situs Borobudurpedia sebagai portal semua informasi terkait Candi Borobudur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk menyelaraskan beragam informasi tentang Candi Borobudur, Balai Konservasi Borobudur mengeluarkan Borobudurpedia. Ini merupakan wadah bagi beragam informasi tentang Candi Borobudur yang sudah terverifikasi ahlinya.

Direktur Balai Konservasi Borobudur, Marsis Sutopo mengatakan pembuatan ensiklopedia khusus Borobudur ini dikarenakan banyaknya informasi yang salah tentang Candi Borobudur.

"Di dunia maya terutama, di Facebook dan media sosial lain banyak tulisan tentang Candi Borobudur tapi menurut persepsinya sendiri, jadi tidak sesuai aslinya," kata Marsis.

BACA: Ratusan Arsip Spesial Candi Borobudur Dipamerkan di Jakarta

Marsis pun berkoordinasi dengan para ahli mulai dari peneliti LIPI hingga pensiunan Balai Konservasi Borobudur untuk menghimpun segala Informasi terkait candi ini ke dalam Borobudurpedia.

Borobudurpedia tersedia dalam tiga versi. Antara lain versi buku cetak, situs, dan aplikasi untuk ponsel pintar.

Jika di dalam buku besar Borobudurpedia tersebut dituangkan ribuan kata A-Z yang terkait dengan Candi Borobudur, aplikasi Borobudurpedia tampil lebih interaktif dengan audio dan visual.

Buku besar Borobudurpedia, berisi ribuan kata A-Z yang terkait dengan Candi Borobudur.Arsip Balai Konservasi Borobudur Buku besar Borobudurpedia, berisi ribuan kata A-Z yang terkait dengan Candi Borobudur.
Sedangkan situsnya akan lebih lengkap dengan konten film dokumenter, slide film, dan arsip menarik lainnya. Selain itu, versi situs  memiliki sistem seperti Wikipedia di mana masyarakat bisa menjadi kontributor.

"Konsep ensiklopedia di webnya mirip Wikipedia, tapi setelah warganet menuliskan penafsirannya di sana, akan disaring ketat oleh para ahli yang ada di redaksi," ujar Marsis.

BACA: Mengapa Jumlah Wisman di Candi Borobudur Kalah Jauh dengan Angkor Wat?

Saat ini situs Borobudurpedia sudah bisa di akses di alamat borobudurpedia.id, tetapi masih dalam tahap pelengkapan konten. Aplikasi ponsel juga sudah bisa diunduh di App Store dan Google Playstore.

Sedangkan buku besar Borobudurpedia masih dalam tahap percetakan, yang nantinya akan disebar ke berbagai lembaga.

Berbeda dengan aplikasi wisata

Aplikasi Borobudurpedia ini berbeda dengan aplikasi untuk pembatasan wisatwan yang awal tahun 2017 ini pernah direncanakan oleh PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko.

"Berbeda sama aplikasi itu, kalau itu dari TWC fokus untuk manajemen wisatawan. Kalau Borobudurpedia ini tidak hanya wisatwan, tapi juga lebih ke ilmu pengetahuannya, digitalisasi arsip-arsipnya," ungkap Marsis.

PenulisMuhammad Irzal Adiakurnia
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM