Pilihan Transportasi Menuju Kepulauan Selayar - Kompas.com

Pilihan Transportasi Menuju Kepulauan Selayar

WIENDA PUTRI NOVIANTY
Kompas.com - 12/10/2017, 16:03 WIB
Jembatan di Pulau Tinabo, Taman Nasional Taka Bonerate, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.Asri/TN Taka Bonerate Jembatan di Pulau Tinabo, Taman Nasional Taka Bonerate, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepulauan Selayar merupakan salah satu destinasi wisata yang berlokasi di Provinsi Sulawesi Selatan. Ada sekitar 153 destinasi wisata yang tersebar di Kepulauan Selayar dan sekitarnya.

Pantai Punagaan, Liang Kareta, dan Pantai Pinang merupakan beberapa objek wisata yang dihadirkan di Kepulauan Selayar. Obyek wisata tersebut bisa dinikmati oleh wisatawan ketika berada di Selayar. Lalu, bagaimana cara wisatawan menyambangi kepulauan ini?

“Ada tiga modal transportasi buat menuju ke Selayar, ada melalui jalur darat, laut dan udara," tutur Ince Rahim selaku Kepala Dinas Kepariwisataan Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan saat konferensi pers di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta Pusat, Rabu (11/10/2017).

Berikut panduan transportasi menuju Kepulauan Selayar.

Untuk jalur darat tersedia dua pilihan jenis kendaraan seperti mobil dan bus dengan kisaran biaya Rp 125.000 hingga Rp 150.000 per orang. Anda perlu menempuh lama perjalanan selama enam jam dari titik Terminal Mallengkeri, Makassar. Perjalanan akan dilanjutkan dengan menggunakan kapal feri menyeberang ke Pulau Selayar. Bila menggunakan jalur darat, jam operasional tersedia setiap hari dari pukul 04.00 Wita hingga 09.00 Wita.

Hiu-hiu kecil di pinggir pantai Pulau Tinabo yang terletak di Taman Nasional Taka Bonerate, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.Asri/TN Taka Bonerate Hiu-hiu kecil di pinggir pantai Pulau Tinabo yang terletak di Taman Nasional Taka Bonerate, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Untuk jalur laut, tersedia dua pilihan kapal seperti kapal kayu tradisional milik warga hingga feri bermotor tiga. Biaya mulai dari Rp 50.000 per orang. Jadwal kapal feri tersedia dari pagi hingga sore. Untuk menuju kawasan Pulau Selayar, Anda bisa naik kapal feri dari Pelabuhan Bira, Makassar menuju Pelabuhan Pamatata, Pulau Selayar. Jarak tempuh penyebrangan feri dari Makassar menuju Pulau Selayar kurang lebih selama 2 jam. Untuk menuju kawasan lain di Pulau Selayar seperti Taman Nasional Takabonerate, Anda membutuhkan waktu tempuh selama empat jam dari Pelabuhan Pattumbukang, Pulau Selayar.

BACA: Kabupaten Selayar Siapkan 50 Event Pariwisata Sepanjang 2018

Untuk jalur udara, salah satu maskapai seperti Wings Air telah menyediakan rute penerbangan langsung menuju ke Pulau Selayar. Rute penerbangan Wings Air tersedia satu kali sehari dengan kisaran harga Rp 400.000 hingga Rp 500.000 per orang dari Makassar. Anda perlu menempuh selama 40 menit dari Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar menuju Bandar Udara H Aroeppala, Pulau Selayar.

PenulisWIENDA PUTRI NOVIANTY
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM