Garuda Indonesia Raih Predikat Maskapai Bintang Lima dari APEX - Kompas.com

Garuda Indonesia Raih Predikat Maskapai Bintang Lima dari APEX

Wahyu Adityo Prodjo
Kompas.com - 12/10/2017, 19:03 WIB
Pesawat Garuda Indonesia GA 648 Boeing 737 usai penerbangan rute jurusan Jakarta-Ternate di Bandara Sultan Babullah, Ternate, Maluku Utara, Kamis (25/5/2017). Penerbangan Garuda Indonesia ke daerah tersebut untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di kawasan Timur Indonesia yang dari tahun ke tahun memperlihatkan peningkatan ekonomi.KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG Pesawat Garuda Indonesia GA 648 Boeing 737 usai penerbangan rute jurusan Jakarta-Ternate di Bandara Sultan Babullah, Ternate, Maluku Utara, Kamis (25/5/2017). Penerbangan Garuda Indonesia ke daerah tersebut untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di kawasan Timur Indonesia yang dari tahun ke tahun memperlihatkan peningkatan ekonomi.

JAKARTA, KOMPAS.com – Airline Passenger Experience Association (APEX), asosiasi nirlaba untuk peningkatan pengalaman penumpang penerbangan yang berkedudukan di New York, Amerika Serikat, menobatkan Garuda Indonesia sebagai maskapai bintang lima (5-Star Airlines) dalam acara seremonial APEX Award Ceremony Expo 2017 yang diselenggarakan di Long Beach, California, beberapa waktu lalu.

Pada acara penghargaan tersebut, Garuda Indonesia terpilih sebagai salah satu dari 22 maskapai penerbangan dunia yang diumumkan sebagai Five Star Recipients of the 2018 Official Airline Ratings. Ini adalah program pemeringkatan penerbangan pertama yang didasarkan pada umpan balik penumpang yang terverifikasi dan tersertifikasi.

Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala N Mansury mengatakan bahwa peringkat maskapai penerbangan bintang lima tersebut semakin menegaskan kembali posisi Garuda Indonesia sebagai pemimpin global dalam hal pengalaman dan kenyamanan penumpang. Selain rating dari APEX, Garuda Indonesia juga telah meraih predikat sebagai “The World’s 5-Star Airline” dari Skytrax, lembaga pemeringkat penerbangan independen yang berkedudukan di London, sejak Desember 2014 lalu.

“Keberhasilan Garuda Indonesia meraih predikat sebagai maskapai bintang lima merupakan wujud dari komitmen serta hasil kerja keras seluruh karyawan dalam memberikan layanan terbaik kepada para pengguna jasa. Kami juga mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh pengguna jasa sehingga Garuda Indonesia bisa meraih predikat prestisius ini,” ujar Pahala dalam siaran pers yang diterima KompasTravel, Rabu (11/10/2017).

BACA: Boyong Panda dari China, Garuda Indonesia Ubah Rute Penerbangan

APEX bermitra dengan TripIt® dari Concur®, aplikasi pengorganisasian perjalanan dengan rating tertinggi di dunia, untuk mengumpulkan umpan balik penumpang secara anonim berdasarkan perjalanan mereka yang telah diverifikasi.

Dengan menggunakan skala lima bintang, lebih dari 500.000 penerbangan dinilai oleh penumpang dari seluruh dunia pada periode waktu antara 24 Oktober 2016 sampai 31 Juli 2017.

Para penumpang diminta untuk menilai keseluruhan pengalaman penerbangan mereka dan kemudian diberikan kesempatan untuk memberi peringkat di lima subkategori. Yaitu kenyamanan kursi, layanan kabin, makanan dan minuman, hiburan dan Wi-Fi.

Garuda Indonesia Raih World Best Cabin Staff - Para pramugari Garuda Indonesia melakukan performer usai menerima penghargaan Worldâ??s Best Cabin Staff dari Skytrax yang berbarengan dengan ajang pameran kedirgantaraan Farnborough Air Show 2016 di Farnborough, Inggris, Selasa (12/7). Penghargaan ini merupakan yang ketiga kalinya bagi Garuda Indonesia.
Kompas/Wawan H PrabowoWAWAN H PRABOWO Garuda Indonesia Raih World Best Cabin Staff - Para pramugari Garuda Indonesia melakukan performer usai menerima penghargaan Worldâ??s Best Cabin Staff dari Skytrax yang berbarengan dengan ajang pameran kedirgantaraan Farnborough Air Show 2016 di Farnborough, Inggris, Selasa (12/7). Penghargaan ini merupakan yang ketiga kalinya bagi Garuda Indonesia. Kompas/Wawan H Prabowo

Peringkat keseluruhan tersebut kemudian disertifikasi oleh layanan audit eksternal dan digunakan untuk menetapkan The 2018 Official Airline Ratings.

Chief Executife Officer APEX Joe Leader dalam pernyataan resminya mengungkapkan, “Kami sangat bangga dengan hasil tersebut. Penilaian penumpang yang telah 100 persen diverifikasi secara resmi ini menjadi dasar dalam penentuan dalam program Official Airline Ratings bersama Triplt. Dari 470 maskapai penerbangan yang berada di seluruh dunia, 12 persen maskapai penerbangan mencapai status bintang lima dan 14 persen mencapai status bintang empat di masing-masing kategori.”

BACA: Ini Maskapai Pesaing Berat Garuda Indonesia untuk Rute Eropa

Berpengalaman selama empat dekade sebagai asosiasi perdagangan internasional, APEX merepresentasikan berbagai perusahaan penerbangan, pemasok, dan perusahaan pendukung industri penerbangan terkemuka di dunia yang bekerja untuk meningkatkan pengalaman terbang bagi wisatawan.

Selain Garuda Indonesia, maskapai penerbangan global lain yang dianugerahi predikat sebagai Maskapai Bintang Lima dalam penghargaan The 2018 Official Airline Ratings dari APEX (sesuai urutan alfabet) adalah Aeroflot, Aerolineas Argentinas, Air New Zealand, All Nippon Airways, Asiana, Cathay Pacific, China Airlines, Delta Air Lines, Emirates, Etihad Airways, EVA Air, Japan Airlines, Korean Air, LATAM Airlines Group, Lufthansa, Qantas, Qatar Airways, Singapore Airlines, SWISS, Turkish Airlines, dan Virgin Atlantic.

PenulisWahyu Adityo Prodjo
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM