Sekarang Justru Waktu yang Baik Berkunjung ke Bali... - Kompas.com

Sekarang Justru Waktu yang Baik Berkunjung ke Bali...

Silvita Agmasari
Kompas.com - 12/10/2017, 21:04 WIB
Ratusan wisatawan domestik dan asing menikmati pesona sekitar Pura Tanah Lot, Kabupaten Tabanan, Bali, awal Juni 2012. Obyek ini menjadi salah satu unggulan Pulau Dewata setelah Pantai Kuta di Kabupaten Badung karena letaknya juga berdekatan. Rona tenggelamnya matahari menjadi pemandangan tak terlupakan di Tanah Lot.KOMPAS/AYU SULISTYOWATI Ratusan wisatawan domestik dan asing menikmati pesona sekitar Pura Tanah Lot, Kabupaten Tabanan, Bali, awal Juni 2012. Obyek ini menjadi salah satu unggulan Pulau Dewata setelah Pantai Kuta di Kabupaten Badung karena letaknya juga berdekatan. Rona tenggelamnya matahari menjadi pemandangan tak terlupakan di Tanah Lot.

BADUNG, KOMPAS.com - Status awas Gunung Agung di Karangasem, Bali rupanya tidak mematikan pariwisata Bali. Justru saat ini bisa menjadi waktu terbaik untuk berwisata ke Bali.

KompasTravel berkunjung ke Bali pada Rabu (11/10/2017) dalam rangka acara Pesona Mandiri Nusa Dua Fiesta. Kondisi di Bali sangat kondusif.

"Saat ini kondisi gunung Agung awas, tetapi belum mengeluarkan tanda-tanda meletus, baru
mengeluarkan asap putih. Tetapi tetap dilakukan evakuasi di ring satu dua tiga, pengungsian ke 158 titik di sembilan kabupaten kota," tutur Wakil Gubernur Bali, I Ketut Sudikerta dalam acara pembukaan Pesona Mandiri Nusa Dua Fiesta, Rabu (11/10/2017) yang juga dihadiri oleh Menpar Arief Yahya. 

BACA: Meski Gunung Agung Bergejolak, Pesona Mandiri Nusa Dua Fiesta Dibuka Meriah

Kondisi saat ini juga dikeluhkan pihak hotel akan jumlah tamu yang sepi.

"Lumayan memengaruhi, ada penurunan yang cukup signifikan dan ada pembatalan dari beberapa tamu juga," kata Marketing Communication Manager Hard Rock Hotel Bali, Ketut Narendra Wiriadijaya di Kuta, Kamis (12/10/2017).

Kawasan Legian, Kuta, Bali.KOMPAS.com/ SRI LESTARI Kawasan Legian, Kuta, Bali.

Rendra menyatakan maklum karena ada beberapa negara yang memang melarang warganya bepergian ke Bali sehubungan dengan kondisi Gunung Agung. Namun ia menyayangkan maraknya pemberitaan hoaks terkait Gunung Agung yang akhirnya berimbas kepada pariwisata Bali.

Dari pantauan KompasTravel selama di Bali, kondisi lalu lintas memang terbilang lebih
sepi dibanding hari biasa. Beberapa titik seperti Kuta, Legian, Seminyak yang selalu padat akan wisatawan, kini tampak lebih lengang.

BACA: Para Pemilik Airbnb Sediakan Tempat Tinggal Gratis untuk Pengungsi Gunung Agung

Padahal jarak lokasi tersebut sebenarnya jauh dari Gunung Agung, sekitar 82 kilometer, dan aman dari bahaya Gunung Agung jika meletus.

Dengan kondisi jalan yang lancar, tempat wisata yang sepi, dan ketersediaan kamar hotel yang banyak, sebenarnya inilah waktu terbaik berkunjung ke Pulau Dewata.

Wisatawan dapat memaksimalkan wisata di Pulau Dewata, tentunya dalam radius aman beraktivitas 12 kilometer dari Gunung Agung. Terlebih saat ini kondisi cuaca di Bali sedang cerah, belum memasuki musim penghujan.

Pemerintah juga telah menyiapkan berbagai rute pengalihan wisatawan jika memang skenario terburuk Gunung Agung meletus. Mulai dari evakuasi penggunan kapal, bus, dan pengalihan bandara. Jadi tak ada yang perlu dikhawatirkan berkunjung ke Bali saat ini.

PenulisSilvita Agmasari
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM