Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Keunggulan Taiwan yang Memikat Wisatawan Indonesia

Kompas.com - 16/10/2017, 16:21 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penasaran dengan destinasi wisata Taiwan? Ternyata Taiwan tak hanya Taipei, pulau dengan luas sekitar 36.000 kilometer persegi ini punya banyak destinasi dan daerah menarik lainnya yang layak dikunjungi.

Saat pembukaan Taiwan Travel Fair, Representative Taipei Economic & Trade Office in Indonesia, John C. Chen menjelaskan, banyak hal baru yang harus dicoba wisatawan Indonesia di sana. Beberapa destinasi wisata sudah dikembangkan dan kini menjadi sangat menarik.

"Tak hanya Taipei saja, banyak opsi yang anak disukai orang Indonesia, karena kontur alamnya memang hampir mirip Indonesia, karena keindahan alam, kontur geografis yang menarik, dan keragaman budayanya," ujar John C. Chen.

(BACA: Ada Mi Seharga Rp 4 juta di Taiwan, seperti Apa?)

Ia memulai dengan kehebatan transportasi yang harus dicoba wisatawan. Chen mengatakan wisatawan Indonesia tak perlu repot soal transportasi, Taiwan punya sistem transportasi yang terkoneksi.

Inilah sumber air panas yang dimanfaatkan untuk disalurkan ke ke kolam-kolam pemandian air panas di distrik Beitou, Taipei, Taiwan. Danau air panas yang tidak pernah kering itu, menjadi atraksi wisata tersendiri di Taipei.KOMPAS/RAKARYAN SUKARJAPUTRA Inilah sumber air panas yang dimanfaatkan untuk disalurkan ke ke kolam-kolam pemandian air panas di distrik Beitou, Taipei, Taiwan. Danau air panas yang tidak pernah kering itu, menjadi atraksi wisata tersendiri di Taipei.
Menurut Chen, wisatawan dapat berpindah dari tengah kota ke pegunungan, dan dari pantai cantik ke pedesaan hanya sekitar satu jam saja.

Wisata Alam

Jika wisatawan Indonesia suka petualangan di alam, Taiwan memiliki 276 gunung dengan ketinggian lebih dari 3.000 meter di atas permukaan laut, 100 di antaranya menjadi spot terbaik untuk hiking wisatawan.

(BACA: Bebas Visa, Taiwan Incar 300.000 Turis Muslim Indonesia)

Ia juga menawarkan wisata bersepeda yang menjadi salah satu keunggulan Taiwan. Taiwan memiliki total 32 rute sepeda dengan jarak 393 kilometer. Rute tersebut melewati hutan hingga pinggir pantai.

Kerajaan Kupu-kupu

"Taiwan juga terkenal dengan kerajaan kupu-kupunya. Setiap tahun ada jutaan kupu-kupu yang bermigrasi, jadi atraksi wisata menarik," kata Chen kepada KompasTravel, Jumat (13/10/2017).

Taman bunga yang bertebaran di sejumlah tempat di Taman Nasional Yangmingshan di utara Taipei, Taiwan, menjadikan wisata jalan kaki di Yangmingshan sebagai wisata yang menyenangkan.KOMPAS/RAKARYAN SUKARJAPUTRA Taman bunga yang bertebaran di sejumlah tempat di Taman Nasional Yangmingshan di utara Taipei, Taiwan, menjadikan wisata jalan kaki di Yangmingshan sebagai wisata yang menyenangkan.
Taiwan memang menjadi rumah bagi lebih dari 400 spesies kupu-kupu yang ada di dunia. Terbanyak dapat ditemukan di pegunungan. Menurutnya merupakan konsentrasi kupu-kupu terbanyak di dunia sampai saat ini.

(BACA: Kapan Waktu Terbaik Liburan ke Taiwan?)

Pada bulan Desember ketika musim dingin datang, terdapat atraksi migrasi kupu-kupu dari bagian pulau yang lebih hangat di selatan, untuk menghindar dari dinginnya udara saat itu.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com