Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/10/2017, 07:05 WIB
WIENDA PUTRI NOVIANTY

Penulis

KOMPAS.com - Nasi goreng adalah panganan yang tentu sudah tak asing di telinga orang Indonesia. Nasi yang digoreng dengan berbagai macam bumbu dan lauk menjadi hidangan sarapan hingga makan malam yang populer. Namun, nasi goreng yang satu ini berbeda dengan nasi goreng pada umumnya.

Namanya Yakimeshi, nasi goreng khas Jepang. Hal yang membedakan Yakimeshi dengan nasi goreng lainnya adalah bahan baku dan bumbu yang terbilang sangat sederhana.

“Nasi goreng ala Chinese kan identik dengan isinya yang banyak dan bumbu bumbu yang bervariasi. Kalau nasi goreng Jepang berbeda. Dia bahannya simpel, hanya menggunakan telur, daun bawang, bawang putih, dan jamur. Kemudian dicampur dengan nasi dan bumbunya itu hanya kecap asin, sedikit butter dan dashinomoto (semacam kaldu),” tutur Khairul, koki Maison Tatsuya saat ditemui KompasTravel di Gandaria City, Rabu (18/10/2017).

BACA: 5 Nasi Goreng Pinggir Jalan dengan Rasa Bintang Lima

Proses masak Yakimeshi pun dilakukan ala teppanyaki, wajan besar untuk menumis khas Jepang. Khairul pun mulai memasak jamur, memasukkan cacahan bawang putih dan daun bawang menggunakan minyak dan sedikit kecap asin. Kemudian proses masak dilanjutkan dengan memasukkan nasi dan telur.

Koki itu juga melakukan teknik masak yang unik seperti juggling, dan trik melempar-lemparkan telur dengan spatula tanpa terjatuh.

“Kalo ngajak keluarga, anak-anak suka banget atraksi atraksi kayak gini,” tambah Khairul.

Nasi yang sudah teraduk dengan telur dicampurkan bersama jamur dan bawang putih cacah. dashinomoto pun dicampurkan untuk menambah rasa dan gurih. Kecap asin pun kembali disiram ke atas Yakimeshi.

“Kita di sini juga tidak pakai MSG atau mecin, kpakainya dashinomoto. Jadi itu seperti perasa tapi terbuat dari sari pati ikan dan pastinya lebih sehat,” tutur Khairul.

BACA: Kisah Nasi Goreng KA Parahyangan yang Melegenda

Setelah tercampur rata, sang koki langsung menaruh porsian Yakimeshi ke mangkuk-mangkuk pengunjung yang telah tersediakan di meja counter.

Untuk rasa, Yakimeshi cenderung lebih gurih dan sederhana karena memang perpaduan bahan baku yang sederhana. Dashinomoto yang menjadi perasa Yakimeshi terasa gurih. Aroma bawang dan jamur mendominasi.

Yakimeshi dijual seharga Rp 55.000 untuk satu porsi. Bagi Anda yang tertarik mencoba teppanyaki, Maison Tatsuya juga menghadirkan berbagai macam varian paket teppanyaki yang termasuk dengan Yakimeshi.

Anda yang tertarik mencicipi nasi goreng khas Jepang ini bisa menyambangi Maison Tatsuya yang berlokasi di  berlokasi di Gandaria City (Mainstreet GF), Kota Kasablanka (Food Society Ground Floor), dan AEON Mall BSD City (Ground Floor). 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com