Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melancong ke Hainan, Komunikasi Tetap Lancar, Ini Caranya...

Kompas.com - 21/10/2017, 17:12 WIB
I Made Asdhiana

Penulis

HAIKOU, KOMPAS.com - Saat berlibur ke China perlu digarisbawahi bahwa aplikasi WhatsApp, google, facebook, instagram, twitter, snapchat disensor di negara itu. Apakah lantas liburan Anda jadi batal hanya gara-gara penyensoran tersebut?

Tak perlu resah, ada cara lain untuk mengatasi hal tersebut. PT Mitra Jasa Telco memberikan solusi melalui Wink. Perangkat modem portabel ini praktis dibawa untuk pelesir ke berbagai negara.

(BACA: Hainan Serius Membidik Turis Indonesia)

"Alat ini cocok untuk layanan komunikasi grup saat berwisata ke luar negeri, apalagi ke Eropa atau ketika dalam perjalanan antar-kota di luar negeri," kata Osean A Untung, Executive VP Ayo Wisata kepada KompasTravel di Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (11/10/2017) sebelum bertolak ke Hainan, China.

Wink bisa digunakan lebih dari 100 negara. Satu modem bisa dipakai untuk 5 orang, batere tahan lama. Perjalanan ke luar kota di luar negeri pun jadi menyenangkan.KOMPAS.com/I MADE ASDHIANA Wink bisa digunakan lebih dari 100 negara. Satu modem bisa dipakai untuk 5 orang, batere tahan lama. Perjalanan ke luar kota di luar negeri pun jadi menyenangkan.
Menurut Siman, Operation Manager PT Mitra Jasa Telco, pengoperasian alat ini sangat mudah.

"Khusus buat wisatawan yang hendak berlibur ke China, download dulu program VPN di Indonesia sebelum berangkat ke sana. Sesampainya di China, program ini tinggal diaktifkan. Sedangkan di negara lain tidak usah pakai VPN," katanya.

(BACA: Baca juga : Jangan Malu Meniru Hainan Mengelola Pariwisata)

Siman memaparkan, koneksi Wink cepat karena menggunakan 4G. "Bisa digunakan lebih dari 100 negara, satu modem bisa dipakai untuk 5 orang, batere tahan lama, bebas biaya roaming, menggunakan sinyal terbaik," katanya.

Begitu sampai di Haikou, Provinsi Hainan, China, KompasTravel langsung menghidupkan Wink. Seketika alat ini langsung mencari sinyal terkuat dari operator setempat.

Wisatawan Indonesia menikmati kopi di Desa Bali, Kabupaten Xin Long, Hainan, China, Sabtu (14/10/2017).KOMPAS.com/I MADE ASDHIANA Wisatawan Indonesia menikmati kopi di Desa Bali, Kabupaten Xin Long, Hainan, China, Sabtu (14/10/2017).
Setelah muncul nama operator, langsung aktifkan VPN dan connect ke negara terdekat, tercantum negara Singapura. Setelah connect, otomatis fasilitas WA, facebook, instagram, email dapat Anda gunakan sepuasnya.

Begitu pun selama perjalanan darat menggunakan bus dari kota Haikou menuju kota Sanya di selatan Pulau Hainan sepanjang 350 kilometer, KompasTravel mencoba menggunakan instagram dan berkomunikasi lewat WA dan berlangsung lancar.

Pengalaman selama perjalanan di Hainan, rata-rata pemakaian batere Wink tahan selama sehari dari pagi, pukul 07.00 sampai malam, sekitar pukul 20.00.

Biaya harian untuk wilayah China, Makau dan Filipina sebesar Rp 90.000 per hari. Harga alat ini sebesar Rp 1.199.000 per unit.

Nanshan Cultural Tourism Zone di Sanya, Hainan, China, Jumat (13/10/2017).KOMPAS.com/I MADE ASDHIANA Nanshan Cultural Tourism Zone di Sanya, Hainan, China, Jumat (13/10/2017).
Menurut Siman, biaya sewa modem ini untuk 1-7 hari Rp 75.000, 8-15 hari Rp 175.000, lebih dari 15 hari Rp 300.000. "Uang jaminannya sebesar Rp 1.200.000 per unit," katanya.

Pengalaman Osean yang sering membawa wisatawan ke luar negeri mengatakan, penggunaan modem ini sangat praktis.

"Ini lebih murah jika kita beli kartu di luar negeri. Apalagi di China beli kartu sangat ribet. Satu alat ini bisa dipakai untuk 5 orang, bayarnya pun ditanggung bersama. Lebih praktis," tambah Osean.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com