6 Kudapan Manis Khas Kyoto, Cocok untuk Buah Tangan - Kompas.com
Karaksa Media Partner adalah media online penyedia berita terkini seputar Jepang dari sumber terpercaya, “Japan Walker”. Kami akan menyampaikan berita seputar Jepang terkini dari semua genre, seperti kuliner, produk & tren terbaru, festival musiman, tempat hangout, hidden spot, dan masih banyak lainnya.

6 Kudapan Manis Khas Kyoto, Cocok untuk Buah Tangan

Kompas.com - 24/10/2017, 18:45 WIB
Fukiyose, satu set kue yang terdiri dari kompeito (permen gula) dan 5 buah rakugan (kue dari tepung beras dan Wasanbon, gula tradisional Jepang) ini dijual dengan harga 970 Yen per kotak.
KARAKSA MEDIA Fukiyose, satu set kue yang terdiri dari kompeito (permen gula) dan 5 buah rakugan (kue dari tepung beras dan Wasanbon, gula tradisional Jepang) ini dijual dengan harga 970 Yen per kotak.

KOMPAS.com - Tak hanya Tokyo, Kota Kyoto di Jepang juga punya banyak kudapan manis yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Berikut enam kudapan manis dari 3 toko terkenal yang menggunakan bahan-bahan dan desain khas Kyoto.

1. Toko UCHU wagashi

a. Fukiyose
Set kue yang terdiri dari kompeito (permen gula) dan 5 buah rakugan (kue dari tepung beras dan Wasanbon, gula tradisional Jepang) ini dijual dengan harga 970 Yen per kotak.

(Baca: Choshi-gawa, Sungai Jernih Berwarna Hijau Zamrud di Jepang)

Rakugan di dalam setiap set ini didesain oleh pemilik toko yang merupakan seorang graphic designer sehingga memiliki bentuk yang modern penuh warna dan bernuansa pop. Secara keseluruhan terdapat 24 bentuk rakugan yang ditata secara acak di setiap kotaknya.

b. Kyoto Monogatari
Set kue Kyoto Monogatari terdiri dari rakugan berwarna-warni yang memiliki motif tempat-tempat terkenal Kyoto.

(Baca juga: Inilah Gerai Starbucks Bagian Barat Jepang Pertama di Tengah Taman)

Seperti Sungai Kamogawa, Kuil Heian Jingu, Kyoto Tower dan lain sebagainya. Set ini dijual dengan harga 1080 Yen.

Kue handmade ini dibuat secara manual agar rasa manis wasanbon (gula Jepang yang dibuat secara tradisional) yang pekat tidak hilang saat dimakan.

Informasi tempat
Alamat: Kyoto-fu, Kyoto-shi, Kamigyo-ku, Teramachi-dori, Maruta-machi Agaru Shintomicho 307
Jam operasional: 10.00-18.00
Hari libur: Senin (Bila hari senin tanggal merah, libur hari selasa)  

2. Toko Malebranche Cabang Kyoto Kitayama

a. Cha no Gashi
Kue lidah kucing dengan rasa matcha pekat berisi cokelat putih ini berbentuk segi empat dengan cap huruf di tengahnya yang melambangkan budaya penandaan di Kyoto.

Set kue Kyoto Monogatari terdiri dari rakugan berwarna-warni yang memiliki motif tempat-tempat terkenal Kyoto.KARAKSA MEDIA Set kue Kyoto Monogatari terdiri dari rakugan berwarna-warni yang memiliki motif tempat-tempat terkenal Kyoto.
Aroma matcha yang kuat dengan sedikit rasa pahit akan menyebar di dalam mulut saat digigit. Rasa ini dihasilkan dari penambahan matcha langka original toko ini ke dalam bahan, dan kemampuan patisserie-nya yang handal.

Kue yang terkenal sebagai oleh-oleh Kyoto ini hanya dapat dibeli di toko Malebranche cabang Kyoto dan department store bawah tanah yang disebut Depachika di Jepang. Kue ini dijual dengan harga 1.361 Yen dengan isi 10 buah.

b. Namacha no Gashi
Kue Fondant Chocolat ini adalah produk terbatas yang hanya dijual di Kyoto. Kue ini terbuat dari paduan cokelat putih dan matcha yang dipanggang, kemudian didinginkan.

Kue bertekstur lembut dan pulen ini menimbulkan sensasi seolah-olah kita meminum matcha yang sangat pekat. Kue ini dijual seharga 1.134 Yen dengan isi 5 buah per kotaknya.

Selain itu, di cabang Kyoto Tower Sand dijual es krim gagang rasa matcha yang dipadukan dengan espuma (krim) matcha kental secara terbatas, seharga 250 Yen per buah. Es krim ini harus dimakan di dalam toko.

Informasi tempat
Kyoto Kitayama Malebranche Cabang Kyoto Tower Sand
Alamat: Kyoto-fu, Kyoto-shi, Shimogyo-ku, Karasuma-dori, Shichi-jo, Sagaru Higashi Shiokoji-cho 721-1, Kyoto Tower Sando 1F
Jam operasional: 09.00-21.00
Hari libur : Tidak ada

Malebranche Kyoto Kitayama Main Shop
Alamat: Kyoto-fu, Kyoto-shi, Kita-ku, Kitayama-doori, Shokubutsu-en Kitamon-mae
Jam operasional: 10.00-20.00
Hari libur: Tidak ada

3. Kyoto Gion Anon Main Shop

a. Anpone
Kue ini terdiri dari isian berupa pasta kacang merah dan krim dari keju mascarpone yand dibuat sendiri, serta kulit monaka yang teksturnya mirip dengan cone es krim tradisional.

Selain pasta kacang merah, terdapat beberapa pasta lainnya seperti pasta rasa matcha yang hanya dijual di cabang Gion dan pasta rasa lemon yang hanya dijual pada musim tertentu.

Kue ini dijual seharga 1.620 Yen dengan isi 5 buah.

Cha no Gashi merupakan kue lidah kucing dengan rasa matcha pekat berisi cokelat putih ini berbentuk segi empat dengan cap huruf di tengahnya yang melambangkan budaya penandaan di Kyoto.KARAKSA MEDIA Cha no Gashi merupakan kue lidah kucing dengan rasa matcha pekat berisi cokelat putih ini berbentuk segi empat dengan cap huruf di tengahnya yang melambangkan budaya penandaan di Kyoto.
b. Kyo-Hannari
Manju dengan isi pasta matcha ini dibuat menggunakan matcha berkualitas tinggi, marukyu koyamaen.

Kelebihan matcha ini adalah after tastenya yang ringan meskipun aromanya kuat saat dimasukkan ke mulut.?Kue ini dijual seharga 840 Yen dengan isi 5 buah.

Ukuran kuenya dibuat kecil dan tipis agar mudah dimakan oleh anak-anak, wanita dan Maiko (penari tradisional Jepang).

Di toko ini juga terdapat eat-in-corner yang bisa digunakan sebagai tempat istirahat.

Informasi tempat
Alamat: Kyoto-fu, Kyoto-shi, Higashiyama-ku, Kiyomoto-cho 368-2
Jam operasional: 12.00-20.00 (Sabtu: 10.00-20.00, Minggu: 10.00-18.00. (LO 30 menit sebelum waktu tutup)
Hari libur: Tidak tentu

Provided by Kansai Walker (13 August 2017)

EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM