Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiket Kereta Api untuk Akhir Tahun Sudah Banyak Dipesan

Kompas.com - 25/10/2017, 10:21 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Liburan akhir tahun masih sekitar dua bulan lagi. Namun ternyata sudah banyak masyarakat yang mempersiapkan liburan dengan memesan tiket kereta api dari sekarang.

Data internal dari online travel agent (OTA) Pegipegi mencatat adanya kenaikan jumlah pemesanan tiket kereta api sebanyak 18 persen. Periode pemesanan dilakukan dari 24 September sampai 4 Oktober 2017 untuk periode keberangkatan tanggal 23 Desember 2017 sampai 2 Januari 2018.

"Hingga kini, sudah mulai terlihat adanya peningkatan pemesanan tiket kereta api di Pegipegi, dibandingkan dengan minggu-minggu biasanya, meski presentasenya belum terlihat signifikan. Diprediksi peningkatan pemesanan akan meningkat drastis di akhir November, yaitu pada H-3 sampai H-1 minggu jelang keberangkatan," kata CEO Pegipegi, Takeo Kojima sesuai siaran pers yang KompasTravel terima, Selasa (24/10/2017).

(Baca juga : Ini Trik Agar Dapat Hotel Murah untuk Liburan Akhir Tahun)

Kojima menjelaskan jika fenomena pemesanan tiket untuk libur Natal dan Tahun Baru terbilang berbeda dengan libur Lebaran. Pada liburan akhir tahun, masyarakat lebih suka memesan tiket dadakan dibanding Lebaran yang telah direncanakan jauh hari.

"Jadi, kalau tidak sigap dan cepat, kemungkinan besar tidak akan kebagian," kata Kojima.

Trotoar di sisi timur Jalan Malioboro, Yogyakarta, Kamis (14/4/2016) petang.KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO Trotoar di sisi timur Jalan Malioboro, Yogyakarta, Kamis (14/4/2016) petang.

Pada libur akhir tahun 2017, Pegipegi juga memprediksi destinasi favorit tak jauh berbeda dengan libur akhir tahun 2016. Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, dan Cirebon diprediksi menjadi destinasi favorit. Sebab pemesanan tiket kereta api keberangkatan Stasiun Gambir pada 23 Desember 2017 ke destinasi-destinasi tersebut, yang sudah hampir habis terjual hingga 50 persen.

Pegipegi juga memprediksi puncak keberangkatan libur akhir tahun pada 23 Desember 2017. Sementara puncak arus balik terjadi pada 1 Januari 2018.

Menyambut musim liburan ini, Pegipegi menyediakan berbagai program menarik yaitu diskon hingga 10 persen khususnya bagi pengguna jasa layanan kereta api. Program tersebut dihadirkan Pegipegi bersama bank-bank partner seperti BNI, BCA, Permata, CIMB Niaga, Citibank, OCBC NISP, UOB, dan Mandiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com