Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aneka Oleh-oleh "Anti-mainstream" dari Raja Ampat

Kompas.com - 25/10/2017, 21:05 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

WAISAI, KOMPAS.com - Saat berkunjung ke Raja Ampat, KompasTravel mencoba bertanya ke beberapa warga terkait buah tangan dari Raja Ampat. Kebanyakan dari mereka merasa bingung, karena identitas daerah mereka ialah hasil laut.

"Apa ya, kau bisa bawa ikan. Ikan banyak ditangkap dan harganya murah di sini," ujar Frans, salah satu warga Raja Ampat yang menjual sirih di pantai WTC, Raja Ampat, Sabtu (21/10/2017).

Di pasar dan jalan utama Kota Waisai, banyak toko yang menjual pernak pernik Papua. Seperti koteka, noken, miniatur rumah suku asmat, patung dan yang lainnya.

Baca juga : Tobatnya Seorang Perusak Karang di Raja Ampat

Hanya saja, hal-hal semacam itu bukan identtas dari Raja Ampat dengan ikon baharinya. Barang tersebut lebih menujukan identitas Papua pegunungan, seperti di Jayapura dan Wamena.

KompasTravel pun semakin penasaran mencari buah tangan yang khas dengan berkeliling Waisai. Berikut hasilnya.

Abon ikan bubara dan ikan asin yang dibuat oleh kelompok koperasi Embun, Kampung Limalas, Misool, Raja Ampat menjadi salah satu oleh-oleh khas dari sana.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Abon ikan bubara dan ikan asin yang dibuat oleh kelompok koperasi Embun, Kampung Limalas, Misool, Raja Ampat menjadi salah satu oleh-oleh khas dari sana.
1. Abon ikan

Berkat hasil lautnya yang melimpah, Raja Ampat punya beberapa ragam abon ikan. Abon yang paling banyak dibuat ialah abon ikan bubara dan abon ikan tenggiri. Selebihnya seperti abon ikan tuna, hanya diproduksi jika jenis ikan tersebut melebihi kebutuhan pasar.

Rasa Abon ikan khas Raja Ampat ini amat terasa ikannya. Jangan heran, karena abon ikan di sini terbuat dari daging ikan segar yang hanya dicampur bumbu rempah.

Untuk mendapatkannya, Anda bisa mengunjungi Pulau Misool sembari menyelami indahnya bawah air di sana. Lalu hubungi nomor komunitasnya di 085339058178. Selain itu komunitas masyarakat produsen abon ini kerap membuka stan khusus di tiap Festival Raja Ampat.

Satu bungkus abon ikan teggiri atau bubara khas Raja Ampat dijual Rp 30.000, dengan berat 100 gram.

Mamak-mamak yang tergabung dalam komunitas Mamak Noken belajar membuat beragam kerajinan dari bahan dedaunan, terutama noken di Kampung Sauwingrai, Raja Ampat, Papua Barat.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Mamak-mamak yang tergabung dalam komunitas Mamak Noken belajar membuat beragam kerajinan dari bahan dedaunan, terutama noken di Kampung Sauwingrai, Raja Ampat, Papua Barat.
2. Noken Raja Ampat

Selain koteka, Papua identik dengan tas anyaman bernama noken. Namun Raja Ampat punya noken khas.

Noken Raja Ampat lazimnya berbentuk kubus. Perbendaan variasinya ada di tutup tasnya yang beragam bentuk. Selain itu juga kreasi warna bisa dipilih sesuai selera Anda.

Noken Raja Ampat berbahan ilalang dan daun pandan pesisir yang dianyam. Bahan ini kuat, tapi hanya ada di beberapa pulau saja. Anda bisa membelinya dibeberapa toko suvenir Waisai, atau ke sentra pembuatannya yang ada di Pulau Suwandarek. Suvenir ini juga bisa ditemukan di Pulau Arborek, dengan harga Rp 100.000 - Rp 250.000.

Salah satu gerai oleh-oleh di Raja Ampat, menjual kaos dan aneka pernah pernik modern lain disini, seperti goody bag, sandal pantai, topi dan lainnya. Toko Icon Raja Ampat ini berada di pertigaan gerbang Pantai Waisai Torang Cinta (WTC) Kota Waisai, Raja Ampat.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Salah satu gerai oleh-oleh di Raja Ampat, menjual kaos dan aneka pernah pernik modern lain disini, seperti goody bag, sandal pantai, topi dan lainnya. Toko Icon Raja Ampat ini berada di pertigaan gerbang Pantai Waisai Torang Cinta (WTC) Kota Waisai, Raja Ampat.
3. Aneka souvenir lainnya

Sama seperti daerah wisata lainnya, di Raja Ampat juga memiliki sentra suvenir khas. Produknya seperti kaus, goody bag, topi, gantungan kunci, sampai pajangan dinding berbentuk ikan.

Anda dapat mengunjungi jalan utama Waisai yaitu di Jalan Muh Soleh Taessa, dekat Pantai WTC. Disana ada toko Kaus dan Souvenir Raja Ampat, juga toko Ico Raja Ampat. Sayangnya keduanya tidak ada yang di produksi di sana, melainkan di Bandung dan di Makasar.

Di toko Icon Raja Ampat, kaus dengan desain kekinian tentang Raja Ampat dijual Rp 150.000 - Rp 190.000, sementara topi mulai Rp 120.000. Sedangkan di kios Kaus dan Souvenir Raja Ampat, kaus dibanderol mulai Rp 90.000 - Rp 110.000, gantungan kuci Rp 8.000, dan masih banyak suvenir lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com