6 Kedai Ramen dan Udon Baru di Kota Fukuoka - Kompas.com
Karaksa Media Partner adalah media online penyedia berita terkini seputar Jepang dari sumber terpercaya, “Japan Walker”. Kami akan menyampaikan berita seputar Jepang terkini dari semua genre, seperti kuliner, produk & tren terbaru, festival musiman, tempat hangout, hidden spot, dan masih banyak lainnya.

6 Kedai Ramen dan Udon Baru di Kota Fukuoka

Kompas.com - 26/10/2017, 06:20 WIB
Shirakawa Ramen, ramen yang berasal dari daerah Fukushima yang dikenal dengan sebutan Tora-Kei, kini hadir untuk pertama kalinya di daerah Kyushu, Jepang, pada Desember 2016. 
KARAKSA MEDIA Shirakawa Ramen, ramen yang berasal dari daerah Fukushima yang dikenal dengan sebutan Tora-Kei, kini hadir untuk pertama kalinya di daerah Kyushu, Jepang, pada Desember 2016.

KOMPAS.com - Kota Fukuoka, ibu kota dari Prefektur Fukuoka, merupakan kota terbesar di Pulau Kyushu. Dari Tokyo, Fukuoka bisa ditempuh dalam dua jam naik pesawat atau lima jam dengan Shinkansen.

Meski namanya tidak seterkenal Tokyo atau Osaka, kuliner Fukuoka sudah dikenal luas di Jepang. Terutama untuk ramen dan udonnya.

Berikut beberapa kedai ramen dan udon yang dapat Anda kunjungi saat berada di Kota Fukuoka.

1. Yobimodoshi Tonkotsu Koshiro: Kaldu tonkotsu yang simpel tapi tidak membosankan

Yobimodoshi Tonkotsu Koshiro dibuka pada September 2016. Kedai ini menjual Tonkotsu Ramen atau ramen dengan kuah tonkotsu yang berbahan dasar tulang babi yang dibuat dengan teknik yobimodoshi yang berasal dari Kurame, salah satu kota di daerah Kyushu.

(Baca juga : 6 Kedai Ramen di Jepang yang Pasti Enak!)

Yobimodoshi merupakan teknik penambahan kuah baru ke dalam kuah lama sehingga kuah tersebut tidak akan pernah habis.

Kuah yang dibuat dengan tiga tingkat kekentalan berbeda dipadukan untuk menciptakan semangkuk ramen yang lezat. Ramen ini disajikan bersama dengan dua iris chashu sebagai topping-nya

(Baca juga : 5 Restoran Ramen Lezat di Sekitar Stasiun Kyoto)

Resep kuah yang didapat langsung dari kedai ramen terkenal Kurame, Taiho Ramen, memiliki ciri khas rasa yang kuat namun mudah diminum karena tidak terlalu banyak mengandung lemak. Perpaduan yang sempurna untuk mi ramennya.

Informasi tempat:
Alamat: Fukuoka-shi, Minami-ku, Ohashi 2-11-14
Jam Buka: 11:30-15:00, 17:30-21:00 (LO)
Hari Libur: Kamis
Akses: 5 menit berjalan kaki dari stasiun Ohashi

2. Shirakawa Teuchi Chuka Soba Tora Shokudo cabang Fukuoka: Ramen bertekstur mi khas buatan tangan

Shirakawa Ramen, ramen yang berasal dari daerah Fukushima yang dikenal dengan sebutan “Tora-Kei”, kini hadir untuk pertama kalinya di daerah Kyushu pada Desember 2016.

(Baca juga : Restoran Ramen Unik, Bekas Stasiun Kereta)

Ramen yang memiliki ciri khas mi buatan tangan ini memiliki tekstur yang kenyal dengan kelezatan yang dihasilkan tepung terigu yang digunakan.

Kuah shoyu atau kecap asin Jepang yang berselera tinggi dibuat dengan menggunakan kaldu dari tiga jenis ayam kampung dari daerah Satsuma Selatan, Hakata, dan Kibi.

Perpaduan mi buatan tangan khas “Tora-Kei” dengan kuah kaldu ayam ini menghasilkan semangkuk ramen yang lezat dengan daging babi panggangnya yang juga enak!

Udon Wazan dibuka pada Januari 2016. Kedai ini merupakan anak perusahaan dari kedai Sanuki Udon Shinari yang khusus menjual Sanuki udon khas Kagawa.KARAKSA MEDIA Udon Wazan dibuka pada Januari 2016. Kedai ini merupakan anak perusahaan dari kedai Sanuki Udon Shinari yang khusus menjual Sanuki udon khas Kagawa.
Informasi tempat:
Alamat: Fukuoka-shi, Chuo-ku, Ropponmatsu 4-9-10
Jam Buka: 11.30-, 17.30- (Kedai ditutup begitu makanan habis terjual)
Hari Libur: Senin (atau hari selanjutnya pada hari libur nasional)    
Akses: 4 menit berjalan kaki dari stasiun Ropponmatsu

3. Ganso Akanoren Yuchan Ramen: Menyantap kuah tonkotsu bersama nasi goreng chahan

Ganso Akanoren Yuchan Ramen dibuka pada November 2016, dan merupakan cabang dari kedai legendaris Ganso Akanoren Setchan Ramen. Kepala kedainya sudah bekerja selama kurang lebih 17 tahun.

Ramen andalannya menggunakan mi yang tipis dengan kuah kaldu yang legit yang terbuat dari rebusan tulang, kulit, dan lemak babi.

Proses pembuatannya yang memakan waktu dua hari penuh menghasilkan kuah kaldu yang kental dan lezat. Nasi goreng chahan-nya juga sangat terkenal!

Informasi tempat:
Alamat: Fukuoka-shi, Hakata-ku, Naka 3-22-27
Jam Buka: 11.00-15.00, 17.00-23.00
(Kedai ditutup begitu makanan habis terjual)
Akses: 13 menit jalan kaki dari stasiun Takeshita

4. Udon Wazan: Sanuki udon dengan tekstur yang kenyal

Udon Wazan dibuka pada Januari 2016. Kedai ini merupakan anak perusahaan dari kedai Sanuki Udon Shinari yang khusus menjual Sanuki udon khas Kagawa.

Yang menarik di sini adalah set menu yang hanya dijual pada jam makan siang yaitu udon dengan enam pilihan menu seperti Bukkake (480 Yen) dan Niku-Udon (700 Yen), serta tempura dengan 4 pilihan menu seharga mulai dari 250 Yen.

Sanuki Udon yang telah menyangga kepopuleran kedai Shinari ini memiliki tektsur kenyal serta bentuk mi yang indah. Tentu saja, kedai Wazan juga menyajikan udon ini!

Informasi tempat:
Alamat: We Ohori Park 2F, Fukuoka-shi, Chuo-ku Otemon 3-7-9-1
Jam Buka: 11.30-14.30, 17.30-23.00 (LO 22.00)
Hari Libur: Senin (atau hari selanjutnya pada hari libur nasional)
Akses: 3 menit berjalan kaki dari stasiun Ohori Kouen

5. Hakata Yari-Udon Bettei: Terpukau dengan uniknya Yari-Gobo

Yari-Udon yang telah dikenal selama lebih dari setengah abad di Prefektur Fukuoka, telah memperbarui rasa udonnya beberapa waktu lalu. Bersamaan dengan itu, kedai Hakata Yari-Udon membuka cabangnya yakni Bettei di dalam area Bandar Udara Fukuoka.

Menu andalannya adalah udon dengan topping tempura Gobo (sejenis umbi) sepanjang 32 cm yang berbentuknya menyerupai yari atau tombak dalam bahasa Indonesia.

Anda akan terpukau oleh panjangnya tempura dari sebatang Gobo yang memiliki panjang yang sama dengan salah satu tombak pusaka jepang, Nippongo. Teksturnya pun renyah hingga gigitan terakhir!

Informasi tempat:
Alamat: Terminal Domestik Bandar Udara Fukuoka?3F
Fukuoka-shi, Hakata-ku, Shimousui 767-1
Jam Buka: 07.30-21.00 (LO)
Parkir: Area parkir Bandar Udara Fukuoka (bayar)
Akses: Terhubung langsung dengan stasiun Fukuoka-Airport

Udon Menten merupakan pedatang baru dalam Buzen-Urauchi Kai, salah satu perkumpulan para pecinta udon, yang terkenal di daerah Kyushu Utara, Jepang.KARAKSA MEDIA Udon Menten merupakan pedatang baru dalam Buzen-Urauchi Kai, salah satu perkumpulan para pecinta udon, yang terkenal di daerah Kyushu Utara, Jepang.
6. Udon Menten: Mendengar bunyi Gobo-ten

Kedai Udon Menten merupakan pedatang baru dalam Buzen-Urauchi Kai, salah satu perkumpulan para pecinta udon, yang terkenal di daerah Kyushu Utara.

Menten hanya menyajikan menu-menu standar tanpa mengeluarkan menu baru. Tempura gobo atau gobo-ten yang menjadi menu andalannya dibuat tanpa mengupas kulitnya untuk menjaga cita rasa dari gobo tersebut.
    
Bunyi tempura yang baru saja matang digoreng saat bersentuhan dengan kuah saat udon diantar ke meja makan akan memukau Anda.

Informasi tempat:
Alamat: Kita Kyushu-shi, Wakamatsu-ku, Aobadai Minami 3-1-6
Jam Buka: 11.00-16.00
Hari Libur: Rabu
Akses: 20 menit dengan mobil dari Kita Kyushu Metropolitan Expressway No. 5 Higashida Lamp

Provided by Fukuoka Walker (February 2017)

Japanese 101
Chasu: Daging babi yang dibumbui, dipanggang, kemudia diiris tipis

EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM