Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran Harry Potter Digelar, Ada Naskah Asli JK Rowling

Kompas.com - 26/10/2017, 22:05 WIB
WIENDA PUTRI NOVIANTY

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah hampir 20 tahun sejak Harry Potter menyihir para pembacanya dengan kisah pertualangannya. 

Dilansir dari situs Travel and Leisure, pameran Harry Potter bertajuk "A History of Magic", telah dibuka sejak 20 Oktober 2017 di British Library, London.

Pameran ini memamerkan berbagai macam instalasi pameran mulai dari koleksi pribadi JK Rowling, dokumen asli Harry Potter, hingga ilustrasi gambar awal dari ilustrator Jim Kay yang diramaikan dengan artefak bersejarah dari koleksi perpustakaan.

Buku langka perpustakaan, manuskrip, dan benda-benda menakjubkan yang dipamerkan menunjukkan bagaimana pejalanan panjang seorang JK Rowling di balik proses keajaiaban bukunya.

Baca juga : Tak Perlu ke Negeri Penyihir, Minuman Favorit Harry Potter Ada di Bandung

Salah satu benda pameran yang paling menarik adalah naskah asli milik JK Rowling. Naskah ini merupakan naskah asli yang ia kirim ke banyak penerbit dengan harapan bisa membawa Harry dan dunianya ke kehidupan nyata. Seperti yang pernah dikatakan JK Rowling, naskah ini pernah ditolak 12 penerbit yang berbeda sebelum akhirnya ceritanya diangkat oleh salah satu penerbit bernama Bloomsbury.

Naskah tersebut menjadi salah satu dari barang-barang yang disumbangkan oleh Rowling ke pameran. Dari naskah tersebut, Rowling mencoba memberikan para penggemarnya tentang bagaimana proses hasil kerja seorang JK Rowling hingga novel ketujuh Harry Potter.

Selain itu, dipamerkan juga gambaran awal dari sekolah Hogwarts lengkap dengan lapangan Quidditch dan danau berisikan cumi-cumi raksasa. Serta beberapa scene pada episode Chamber of Secret yang ditulis ulang dalam pertemuan Harry dan Ron dengan mobil terbangnya.

Baca juga : Kafe Harry Potter Hadir di Singapura!

Pameran ini ternyata juga menyimpan draft tulisan tangan dari Bab 17 dari "The Philosopher’s Stone, The Man with Two Faces". Pengunjung dapat membaca langsung pertukaran penting antara Harry dan Profesor Quirrell di dalam Hogwarts dalam tulisan tangan seorang JK Rowling.

Tak ketingggalan, pameran ini juga dihiasi dengan berbagai hal-hal yang berkaitan tentang pembuatan ramuan, batu nisan Nicolas Flamel, bola kristal, sapu terbang, dan banyak lagi.

Keseluruhan ruang pameran dihiasi dengan nuansa bertemakan kelas Hogwarts. Di sini, pengunjung diberi kebebasan untuk berkeliaran menyusuri setiap instalasi pameran Harry Potter di British Library.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com