Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran Seni di Gresik Bakal Rutin Digelar Setiap Oktober

Kompas.com - 27/10/2017, 16:10 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com – Untuk kali kedua, pameran seni rupa dilaksanakan para seniman yang ada di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Bertempat di Wahana Ekspresi Pusponegoro (WEP), Gresik, agenda pada tahun ini digelar dengan melibatkan lintas kesenian.

Tidak hanya meliputi seni rupa, namun agenda yang digelar pada 21-27 Oktober 2017 ini, juga melibatkan beberapa kesenian lain. Mulai dari teater, seni tari, musik, sastra, komik, hingga film, meskipun untuk ‘sajian utama’ tetap bertumpu pada seni lukis dan fotografi.

(Baca juga : Taman Wisata Bakau, Destinasi Wisata Baru di Gresik)

“Ini merupakan agenda kedua kami setelah tahun lalu di bulan yang sama kami juga menggelar agenda serupa di sini (WEP). Sama, tahun lalu juga kami gelar selama satu minggu. Bedanya untuk kali ini kami melibatkan lintas kesenian, tidak hanya seni rupa seperti tahun lalu,” ujar Aris ‘Daboel’ Sulistianto, selaku ketua pelaksana.

Para siswa SMA yang ada di Gresik, terlihat antusias belajar mural dalam agenda Arto Morrow. Pameran seni rupa digelar oleh para seniman di Kabupaten Gresik, Jawa Timur di Wahana Ekspresi Pusponegoro (WEP) pada 21-27 Oktober 2017.KOMPAS.com/HAMZAH Para siswa SMA yang ada di Gresik, terlihat antusias belajar mural dalam agenda Arto Morrow. Pameran seni rupa digelar oleh para seniman di Kabupaten Gresik, Jawa Timur di Wahana Ekspresi Pusponegoro (WEP) pada 21-27 Oktober 2017.
Selain itu, perbedaan mencolok yang terdapat dalam agenda kedua bertajuk ‘Arto Morrow’ tersebut, lebih banyak diikuti peserta.

Para peserta yang sebelumnya didominasi seniman lokal Gresik, kini juga melibatkan banyak seniman dari luar kota.

(Baca juga : Soekarno, Penggemar Berat Lukisan)

“Pada awal pelaksanaan memang sekadar seniman dari Gresik, tapi begitu para seniman dari kota lain tahu ajang seperti ini kembali akan kami gelar, banyak di antara mereka yang ingin gabung untuk terlibat. Makanya terus kami fasilitasi,” jelasnya.

Dalam pelaksanaan pameran seni rupa kali ini, total ada sebanyak 15 seniman yang berpartisipasi. Baik seniman Kota Pudak maupun seniman yang berasal dari luar kota, mulai dari Surabaya, Jakarta, Bandung, Balikpapan, Yogyakarta, Bali, hingga Semarang. Bahkan ada yang berasal dari luar negeri, yakni Amerika Serikat.

Selain pameran seni rupa, pengunjung agenda Arto Morrow juga disuguhi kesenian tradisional Gresik plus diskusi bersama yang digelar di Wahana Ekspresi Pusponegoro (WEP) pada 21-27 Oktober 2017.KOMPAS.com/HAMZAH Selain pameran seni rupa, pengunjung agenda Arto Morrow juga disuguhi kesenian tradisional Gresik plus diskusi bersama yang digelar di Wahana Ekspresi Pusponegoro (WEP) pada 21-27 Oktober 2017.
“Empat bulan sebelum pelaksanaan, kami memang umumkan agenda melalui medsos (media sosial). Itu rupanya direspon positif oleh teman-teman seniman dari dalam dan luar kota Gresik, sehingga total ada 40 seniman yang berkeinginan berpartisipasi. Namun kami tetap lakukan filterisasi dengan melihat kualitas karya, yang akhirnya terjaring 15 seniman,” papar Aris Daboel, yang juga menjabat sebagai Ketua Gasrug (Galeri Seni Rupa Gresik).

(Baca juga : Ini Lokasi Asli dari Lukisan pada Uang Seribu Rupiah)

Meski melibatkan hasil karya dari banyak seniman, lebih-lebih para seniman dari luar kota maupun luar negeri. Tidak semua seniman tersebut bisa hadir lantaran keterbatasan waktu dan jarak tempuh.

“Kalau yang dari luar kota maupun luar negeri, biasanya mereka kirim hasil karya mereka berupa file. Materi itu, kemudian kami fasilitasi dan produksi di sini sebelum dipamerkan di situ (WEP),” ucap Mufid Ma’sum, salah satu seniman Gresik yang turut berpartisipasi dan juga bertindak sebagai panitia.

Salah satu karya yang ditampilkan dalam pameran seni Arto Morrow di WEP, Gresik, Jatim, pada 21-27 Oktober 2017.KOMPAS.com/HAMZAH Salah satu karya yang ditampilkan dalam pameran seni Arto Morrow di WEP, Gresik, Jatim, pada 21-27 Oktober 2017.
Diikuti seniman Amerika Serikat

Di antara sederet karya seniman lokal maupun luar kota, juga terdapat hasil karya milik Jo Cowtree. Seniman yang berdomisili di Brooklyn, New York, Amerika Serikat.

Pada agenda ini, Jo mengirim karyanya yang diberi tajuk ‘Aqua Journey’. Dengan menggunakan media digital print on luster, berukuran 110 centimeter x 140 centimeter.

“Ini membuktikan, letupan-letupan kecil yang kami gagas juga sudah mendapat perhatian dari luar Gresik. Kami berharap, agenda ini bakal bisa rutin digelar setiap Oktober agar semua menjadi tahu bahwa seniman Gresik tidak kalah eksis dengan kota-kota lain di Indonesia,” kata Aris Daboel.

Salah satu pengunjung sedang berfoto di salah satu karya yang ditampilkan dalam pameran seni bertajuk Arto Morrow di Wahana Ekspresi Pusponegoro (WEP), Gresik, Jatim, pada 21-27 Oktober 2017.KOMPAS.com/HAMZAH Salah satu pengunjung sedang berfoto di salah satu karya yang ditampilkan dalam pameran seni bertajuk Arto Morrow di Wahana Ekspresi Pusponegoro (WEP), Gresik, Jatim, pada 21-27 Oktober 2017.
Selain dipamerkan, setiap hasil karya seni rupa yang ditampilkan dalam agenda tersebut juga diakui oleh panitia tidak menutup kemungkinan untuk dijual.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com