Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Pencurian, Simak Tips Naik Kereta Jarak Jauh pada Malam Hari

Kompas.com - 27/10/2017, 20:23 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perjalanan jauh, termasuk naik kereta api, ternyata tak lepas dari tindakan kriminal. Buktinya baru-baru ini video pencurian tas di dalam kereta api menjadi viral.

"Para wisatawan yang bepergian menggunakan kereta api diharapkan ikut menjaga dan waspada, meskipun pengamanan dan pengawasan sudah diberlakukan secara sistematis," ujar Kepala Bagian Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Agus Komarudin kepada KompasTravel, Jumat (27/10/2017).

Baca juga : Tiket Kereta Api untuk Akhir Tahun Sudah Banyak Dipesan

Terlebih saat naik kereta api jarak jauh dengan waktu perjalanan malam hari. Agus mengatakan, mayoritas tindak pencurian datang tidak hanya karena ada kesempatan tapi juga kerap direncanakan.

Berikut tips aman dan antisipasi kejahatan saat melakukan perjalanan jauh di kereta api.

1. Memerhitungkan barang bawaan

Barang bawaan baiknya diperhitungkan, jangan terlalu banyak sehingga sulit untuk dipantau ketika berada di gerbong kereta.

2. Minimalisir barang berharga

Barang berharga selalu menjadi incaran pencurian. Mayoritas barang yang dicuri ialah seperti telepon genggam yang berlebih, laptop, uang tunai, dan sebagainya.

"Banyaknya barang berharga yang dibawa juga kerap menimbulkan kesepatan orang berbuat jahat, walaupun tidak direncanakan," ujar Exvan sleaku Humas KAI Daerah Operasional 5 Purwokerto, saat dihubungi KompasTravel terkait kejadian pencurian yang pernah terjadi di daerah tugasnya.

3. Kenali penumpang sekitar Anda dan tetap waspada

Berbincang dengan penumpang nampaknya mejadi salah satu tips yang patut dicoba. Cobalah berbincang untuk sekedar mengenal mereka, siapa tahu mereka mencurigakan.

Namun, Anda juga jangan mudah percaya bahkan memberitahu banyak informasi sensitif, seperti barang bawaan Anda ke penumpang sekitar.

4. Taruh barang pada tempatnya

Jaga barang bawaan Anda tetap dalam jangkauan. Seperti di pangkuan untuk tas kecil, atau di dekat kaki Anda dan posisi lain yang mudah dijaga. Usahakan jangan menaruh barang bawaan di bagasi kabin kursi lain.

5. Usahakan tetap terjaga

Perjalanan malam memang kerap dimanfaatkan pengguna kereta api untuk beristirahat. Tetapi jika Anda tidak terlalu lelah, cobalah untuk tetap terjaga terutama ketika membawa banyak barang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com