Waspada Pencurian, Simak Tips Naik Kereta Jarak Jauh pada Malam Hari - Kompas.com

Waspada Pencurian, Simak Tips Naik Kereta Jarak Jauh pada Malam Hari

Muhammad Irzal Adiakurnia
Kompas.com - 27/10/2017, 20:23 WIB
Ilustrasi kereta apiKOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Ilustrasi kereta api

JAKARTA, KOMPAS.com - Perjalanan jauh, termasuk naik kereta api, ternyata tak lepas dari tindakan kriminal. Buktinya baru-baru ini video pencurian tas di dalam kereta api menjadi viral.

"Para wisatawan yang bepergian menggunakan kereta api diharapkan ikut menjaga dan waspada, meskipun pengamanan dan pengawasan sudah diberlakukan secara sistematis," ujar Kepala Bagian Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Agus Komarudin kepada KompasTravel, Jumat (27/10/2017).

Baca juga : Tiket Kereta Api untuk Akhir Tahun Sudah Banyak Dipesan

Terlebih saat naik kereta api jarak jauh dengan waktu perjalanan malam hari. Agus mengatakan, mayoritas tindak pencurian datang tidak hanya karena ada kesempatan tapi juga kerap direncanakan.

Berikut tips aman dan antisipasi kejahatan saat melakukan perjalanan jauh di kereta api.

1. Memerhitungkan barang bawaan

Barang bawaan baiknya diperhitungkan, jangan terlalu banyak sehingga sulit untuk dipantau ketika berada di gerbong kereta.

2. Minimalisir barang berharga

Barang berharga selalu menjadi incaran pencurian. Mayoritas barang yang dicuri ialah seperti telepon genggam yang berlebih, laptop, uang tunai, dan sebagainya.

"Banyaknya barang berharga yang dibawa juga kerap menimbulkan kesepatan orang berbuat jahat, walaupun tidak direncanakan," ujar Exvan sleaku Humas KAI Daerah Operasional 5 Purwokerto, saat dihubungi KompasTravel terkait kejadian pencurian yang pernah terjadi di daerah tugasnya.

3. Kenali penumpang sekitar Anda dan tetap waspada

Berbincang dengan penumpang nampaknya mejadi salah satu tips yang patut dicoba. Cobalah berbincang untuk sekedar mengenal mereka, siapa tahu mereka mencurigakan.

Namun, Anda juga jangan mudah percaya bahkan memberitahu banyak informasi sensitif, seperti barang bawaan Anda ke penumpang sekitar.

4. Taruh barang pada tempatnya

Jaga barang bawaan Anda tetap dalam jangkauan. Seperti di pangkuan untuk tas kecil, atau di dekat kaki Anda dan posisi lain yang mudah dijaga. Usahakan jangan menaruh barang bawaan di bagasi kabin kursi lain.

5. Usahakan tetap terjaga

Perjalanan malam memang kerap dimanfaatkan pengguna kereta api untuk beristirahat. Tetapi jika Anda tidak terlalu lelah, cobalah untuk tetap terjaga terutama ketika membawa banyak barang.

PenulisMuhammad Irzal Adiakurnia
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM