Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Wisata Salju di Yeti Snow Resort Jepang

Kompas.com - 31/10/2017, 09:07 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

SHIZUOKA, KOMPAS.com – Salah satu aktivitas wisata yang sulit dinikmati di Indonesia adalah bermain ski atau bermain salju. Kalaupun turun salju, itu hanya terjadi di Cartenz, puncak Gunung Jayawijaya, Papua.

Tentu, tak semua orang bisa punya fisik kuat mendaki. Nah, Jepang ada alternatif lokasi bermain salju dan lokasinya tak jauh dari pusat kota di Tokyo.

Namanya, Yeti Snow Resort, alamatnya di 2428 Aza Fujiwara, Suyama, Susono-shi, Prefektur Shizuoka, di kaki Gunung Fuji. Bisa diakses bus via beberapa stasiun, seperti Gotenba, Mishima, Susono, Fuji, Yoshiwara Chuo, dan Fujinomiya.

Dalam perjalanan liputan ke Tokyo Motor Show 2017 bersama Suzuki Indomobil Sales (SIS), kami menyempatkan diri mampir ke Yeti Snow Resort, Jumat (27/10/2017).

Hari itu, cuacanya lumayan cerah, suhu sekitar 15 derajat Celsius di lokasi wisata. Menggunakan bus, perjalanan kami dimanjakan dengan sosok Gunung Fuji yang cantik di sebelah utara.

(Baca juga : Toko Roti Legendaris di Gifu, Jepang)

Beragam fasilitas tersedia di Yeti Snow Resort, Jepang.Agung K/KompasOtomotif Beragam fasilitas tersedia di Yeti Snow Resort, Jepang.
Tiket Masuk

Salah satu kelebihan Yeti adalah memiliki fasilitas salju buatan. Jadi, ketika kami hadir di sana, meskipun bukan musim dingin, salju juga tersedia, meski artifisial. Yeti beroperasi mulai Oktober sampai awal April, setiap tahun. Buka setiap hari, mulai pukul 09.00-21.00 (hari kerja) dan 08.00-21.00 (akhir pekan).

Daftar harga Yeti Snow Resort di Jepang.Agung K/KompasOtomotif Daftar harga Yeti Snow Resort di Jepang.

Buat yang mau bermain ski, tiket masuk per hari dijual 3.500 yen untuk pengunjung dewasa, sedangkan 2.500 yen buat anak (3 tahun-12 tahun) dan lanjut usia (60 tahun ke atas). Bagi yang datang sore di atas jam 15.30, harganya lebih murah, yakni 2.500 yen buat dewasa, kemudian 2.000 yen untuk anak dan usia lanjut.

Tapi, buat yang tak mau main ski, cuma sekadar mampir ke lokasi wisata dan menikmati pemandangan, biayanya lebih murah, cuma 1.000 yen buat dewasa, selanjutnya 500 yen buat anak dan lanjut usia.

Masuk ke lokasi wisata, desain Yeti terlihat tertata dengan apik. Terdapat beberapa fasilitas penunjang, seperti restoran, toko suvenir, rental perlengkapan ski, ruang ganti, dan toilet. Jadi buat yang belum bawa perlengkapan main ski, bisa menyewa di sini. Biayanya untuk satu set paket ski atau snowboard lengkap, yakni 4.500 yen per hari. Terdiri dari, sepatu bot, papan ski atau snowboard.

Biaya lebih murah, kalau cuma menyewa bot, papan ski, atau snowboard saja, yakni 2.500 yen per hari. Tersedia beragam pilihan dari anak-anak sampai ukuran bule.

Fasilitas Ski

Yeti menyediakan empat lintasan atau jalur ski lengkap dengan lift khusus. Jalur A dan B sepanjang 1.000 meter ditujukan bagi para pemain ski pemula.

(Baca juga : 3 Spot Musim Gugur Terindah di Hyogo, Jepang)

Di bawah jalur B, terdapat area Kids Cross. Sedangkan jalur C dan D sepanjang 500 meter diperuntukkan bagi profesional, dengan kemiringan curam sekitar 25 derajat.

Tempat penyewaan perlengkapan ski atau snowboard di Yeti Snow Resort, Jepang.Agung K/KompasOtomotif Tempat penyewaan perlengkapan ski atau snowboard di Yeti Snow Resort, Jepang.

Suzuki, 70, salah satu wisatawan lokal yang kami jumpai di lokasi mengatakan, tempat wisata ini cukup ideal buat berlatih ski. Suzuki yang sudah pensiunan sengaja membayar penuh satu musim (Oktober-April) untuk menikmati aktivitas salju di lokasi ini. Berkat harga promo, Suzuki rela membayar 25.000 yen untuk akses satu musim dari harga semestinya 39.000 yen.

“Saya berniat bermain 20 kali di tempat ini. Dulu waktu muda sempat main ski, tapi kemudian sibuk bekerja, sampai akhirnya bisa leluasa lagi setelah pensiun,” kata Suzuki saat berbincang dengan KompasTravel.

Bagi yang cuma mau menyentuh salju buat pertama kali, atau sekadar posting di sosial media, lokasi ini juga cocok.

Gerbang utama Yeti Snow Resort, Jepang.Agung K/KompasOtomotif Gerbang utama Yeti Snow Resort, Jepang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com