Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Lama Lagi Penumpang Domestik Menikmati WiFi dalam Pesawat

Kompas.com - 02/11/2017, 08:14 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Era digital saat ini rasanya tak dapat lepas dari alat komunikasi yang terhubung dengan layanan internet. Namun, ketika berada dalam penerbangan pesawat, tentu setiap orang harus rela menonaktifkan gadget yang terhubung dengan layanan internet atau menggunakan mode pesawat.

Terkadang mereka yang bepergian menggunakan pesawat merasa bosan dalam perjalanan. Jangan khawatir, ada kabar baik terutama untuk generasi milineal. Salah satu maskapai penerbangan, AirAsia di Indonesia, akan segera merilis layanan internet WiFi di dalam pesawat saat penerbangan mulai pekan depan.

(Baca juga : Pelancong Lebih Pilih WiFi daripada Sarapan?)

“Iya memang rencana dari tahun lalu. Kemarin kan kita harus melakukan beberapa prosedur. Ada uji dan sertifikasi dari Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika). Ini semua sudah selesai. Direncakan tanggal 9 atau 10 ini (November 2017) ada di satu pesawat,” ujar CEO AirAsia Indonesia, Dendy Kurniawan saat ditemui di Hotel Double Tree by Hilton, Jakarta, Rabu (1/11/2017).

Ia menjelaskan adanya layanan internet WiFi ini untuk memenuhi keinginan penumpang. Sebab, generasi milineal di Indonesia membutuhkan layanan tersebut di dalam pesawat.

(Baca juga : Mengapa AirAsia Pilih Corak Borobudur, Bromo, dan Wayang Kulit di Badan Pesawat?)

Sementara itu, layanan internet WiFi sudah ada di pesawat yang ada di Malaysia. Pesawat yang akan dipasang layanan internet WiFi adalah pesawat basis Jakarta dengan tipe Airbus A320 dengan kapasitas 180 seat.

Pramugara AirAsia Jakarta-Macau Kompas.com/Kurnia Sari Aziza Pramugara AirAsia Jakarta-Macau
Menurut Dendy, adanya layanan tersebut akan menguntungkan beberapa pihak, termasuk para penumpang. Untuk maskapai sendiri, keuntungannya ada pada penjualan makanan, merchandise, dan duty free.

“Dengan adanya WiFi selain untuk penumpang juga (manfaatnya) untuk sistem kita sendiri. Selain untuk entertaint, bisa menjadi sarana promosi. Kita bisa upload ke sistem kita seperti menu musik, dan bisa melihat beberapa destinasi wisata,” kata Dendy.

Sementara itu, layanan internet WiFi dalam pesawat, kata Dendy, dipastikan aman untuk sistem saat penerbangan. Sebab, sudah melalui beberapa tes, seperti uji kelayakan dan operasionalnya oleh Kementerian Perhubungan dan Kominfo.

Pekan depan, AirAsia akan merilis satu pesawat yang sudah dipasang layanan internet WiFi. Dendy mengatakan akan menambah layanan internet pada pesawat lainnya di tahun 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com