Layanan WiFi dalam Penerbangan AirAsia Indonesia Dikenakan Biaya - Kompas.com

Layanan WiFi dalam Penerbangan AirAsia Indonesia Dikenakan Biaya

Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja
Kompas.com - 02/11/2017, 10:06 WIB
Jajaran direksi AirAsia Indonesia, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian Pariwisata berfoto di depan pesawat AirAsia Indonesia bertipe Airbus 320 dengan gambar bertema pariwisata dan budaya Indonesia berupa Candi Borobudur, Gunung Bromo, dan Wayang serta logo Wonderful Indonesia dipamerkan di area Garuda Maintainance Facilities (GMF) Aeroasia, Banten, Rabu (13/9/2017). Pemasangan gambar-gambar bertema pariwisata Indonesia ini bertujuan untuk turut mempromosikan pariwisata Indonesia.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Jajaran direksi AirAsia Indonesia, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian Pariwisata berfoto di depan pesawat AirAsia Indonesia bertipe Airbus 320 dengan gambar bertema pariwisata dan budaya Indonesia berupa Candi Borobudur, Gunung Bromo, dan Wayang serta logo Wonderful Indonesia dipamerkan di area Garuda Maintainance Facilities (GMF) Aeroasia, Banten, Rabu (13/9/2017). Pemasangan gambar-gambar bertema pariwisata Indonesia ini bertujuan untuk turut mempromosikan pariwisata Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com – Pernah merasa bosan dalam pesawat karena tidak dapat berkomunikasi melalui gadget? Kini, tak perlu lagi khawatir merasa bosan, sebab salah satu maskapai yaitu AirAsia Indonesia akan merilis pesawat yang dilengkapi dengan layanan WiFi dalam pesawat.

Namun, perlu diingat, Anda perlu menyiapkan uang untuk bisa menikmati layanan tersebut di dalam pesawat ketika penerbangan. CEO Air Asia Indonesia, Dendy Kurniawan membenarkan hal tersebut, bahwa harus membayar ketika mau menggunakan layanan WiFi di pesawat.

“Ada (biayanya), tapi sangat murah. Kalau rupiahnya belum bisa kita pastiin,” ujar Dendy saat ditemui usai acara Indonesia Tourism Outlook 2018 di Hotel Double Tree by Hilton Jakarta, Rabu (1/11/2017).

(Baca juga : Tak Lama Lagi Penumpang Domestik Menikmati WiFi dalam Pesawat)

Ia menjelaskan, sebelumnya layanan tersebut sudah dipasang di pesawat yang berbasis di Malaysia. Biaya yang harus dikeluarkan penumpang untuk bisa menggunakan layanan tersebut di Malaysia terbagi dua macam.

“Kalau di Malaysia itu untuk paket yang hanya untuk chatting itu 9 ringgit, tapi kalau untuk streaming video itu 18 ringgit. Jadi kalau sekarang kurs-nya Rp 3.000 ya (di Indonesia) cuma Rp 30 ribu sama Rp 60 ribu. Nggak mahal kok Wi-Fi-nya,” kata Dendy.

AirAsia menunjuk Dendy Kurniawan sebagai AirAsia Group Chief Executive Officer (CEO) untuk operasional di Indonesia 
Dok. AirAsia AirAsia menunjuk Dendy Kurniawan sebagai AirAsia Group Chief Executive Officer (CEO) untuk operasional di Indonesia
Adapun peluncuran layanan tersebut akan dilakukan di Indonesia, tepatnya di pesawat AirAsia yang berbasis di Jakarta dengan tipe pesawat Airbus A 320 dengan kapasitas 180 seat.

Layanan tersebut, kata Dendy akan dirilis pada pekan depan antara tanggal sembilan atau 10 November 2017. Sementara itu, hanya akan ada satu pesawat yang dilengkapi dengan layanan WiFi.

Namun, tambah Dendy, tahun depan direncanakan akan ada pesawat lainnya yang dilengkapi dengan layanan Wi-Fi di pesawat saat penerbangan.

PenulisAnggita Muslimah Maulidya Prahara Senja
EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM