Rute Perjalanan Kyoto: Menikmati Indahnya Kuil Sanzen-in dan Kuliner - Kompas.com
Karaksa Media Partner adalah media online penyedia berita terkini seputar Jepang dari sumber terpercaya, “Japan Walker”. Kami akan menyampaikan berita seputar Jepang terkini dari semua genre, seperti kuliner, produk & tren terbaru, festival musiman, tempat hangout, hidden spot, dan masih banyak lainnya.

Rute Perjalanan Kyoto: Menikmati Indahnya Kuil Sanzen-in dan Kuliner

Kompas.com - 02/11/2017, 18:26 WIB
Taman di Kyoto, Jepang.KARAKSA MEDIA Taman di Kyoto, Jepang.

KOMPAS.com - Kyoto punya banyak suguhan untuk wisatawan. Salah satunya adalah Kuil Sanzen-in yang terkenal dengan taman cantiknya yang dipenuhi lumut.

Kuil Sanzen-in terletak di daerah Todo, Gunung Hieizan, Kyoto. Sebelum menjadi kuil seperti saat ini, dulunya bangunan ini hanyalah bangunan sederhana yang katanya digunakan tempat penyebaran agama Buddha beraliran Tendai.

(Baca juga : Ini Kuil Terbaik untuk Panorama Musim Gugur di Kyoto)

Setelah zaman Heian berakhir (1185), kuil ini berubah menjadi biara Monzeki Ji-in yang mewajibkan anggota keluarga kaisar untuk menjadi biarawan atau biarawati.

Di sana terdapat dua jenis taman yang terkenal dengan keindahan yang berbeda mengikuti empat musim di Jepang.
 
Pertama, taman Shuheki-en yang merupakan hasil renovasi seorang ahli upacara teh pada zaman Edo, Sowa Kanamori.

(Baca juga : Serunya Wisata Kuil di Kyoto)

Taman ini bergaya Chisenkansho-shiki, di mana terdapat kolam di bagian tengahnya dan rumah kecil untuk upacara minum teh.

Jenis taman ini mempersilahkan pengunjung untuk menikmati keindahan sekitar dari rumah kecil tempat minum teh.

Taman di Kyoto, Jepang.KARAKSA MEDIA Taman di Kyoto, Jepang.
Di sini Anda juga dapat menikmati teh matcha dan kue khas Jepang seharga 500 yen sambil menikmati keindahan taman.

Kedua, taman Yusei-en yang terletak di kuil Ojogokuraku-in. Taman yang dianggap sebagai “harta karun dari Todo” oleh seorang penulis, Yasushi Inoue, ini bergaya Ikeizumikaiyuu-shiki, dimana para pengunjung dapat menikmati keindahan taman sambil berjalanmmengitarinya.

Informasi Tempat:
Alamat:    Kyoto-shi, Sakyo-ku, Ohara Raikoin-cho 540
Akses: Dari stasiun subway Kokusaikaikan, 23 menit naik bus tujuan Ohara-shoizumi, kemudian 10 menit jalan kaki hingga tiba ke kuil (bus: 350 yen)
Jam operasional: 08.30-17.00 (gerbang tutup: 17.30) - menyesuaikan dengan musim
Libur: Tidak ada
Mitos: Bila berkunjung katanya akan diberi kebahagiaan, kesehatan, dan panjang umur
 
Segarnya Bahan Baku dari Ohara pada Menu Prasmanan dan Onigiri Khas Jepang
 
Setelah puas menikmati keindahan Sanzen-in, Anda bisa mencoba menu makan siang di Ohara Side Kafe Kirin yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama kurang lebih 12 menit.

Menu makan siang di Ohara Side Kafe Kirin, Kyoto, Jepang.KARAKSA MEDIA Menu makan siang di Ohara Side Kafe Kirin, Kyoto, Jepang.
Berbekal sertifikasi sebagai sommelier sayuran (sertifikasi yang menunjukkan kemampuan seseorang dalam mengetahui karakteristik dari sayuran dan buah-buahan serta cara mengolahnya), pemilik kafe ini menawarkan dua menu makan siang populer yang terdiri dari prasmanan Obanzai karena terbuat dari bahan-bahan produksi lokal atau sekitar Ohara, dan Onigiri (nasi kepal) yang terbuat dari nasi yang berasnya baru saja selesai digiling.

Menu Sato no Megumi terdiri dari 5 jenis pilihan Onigiri dan prasmanan Obanzai dengan sayuran yang berbeda setiap harinya ini dihargai 1.500 yen.

Informasi tempat:
Alamat:    Kyoto-shi, Sakyo-ku, Ohara Raikoin-cho114
Akses: 12 menit jalan kaki dari kuil Sanzen-in
Jam operasional: 11.30-16.30
Libur: Selasa (bila Selasa adalah hari libur nasional,
restoran akan tutup pada hari berikutnya)
 
Aneka Makanan Manis yang Lembut Sebagai Penutup Perjalanan
 
Setelah menikmati makan siang, sempatkan mampir ke Seryo-Jaya yang hanya berjarak satu menit dari Kuil Sanzen-in.

Beberapa hidangan pencuci mulut di Seryo-Jaya yang hanya berjarak satu menit dari Kuil Sanzen-in, di Kyoto Jepang. Tea house ini menyediakan banyak pilihan pencuci mulut.KARAKSA MEDIA Beberapa hidangan pencuci mulut di Seryo-Jaya yang hanya berjarak satu menit dari Kuil Sanzen-in, di Kyoto Jepang. Tea house ini menyediakan banyak pilihan pencuci mulut.
Tea house ini menyediakan banyak pilihan pencuci mulut, seperti Warabimochi (mochi bening dengan taburan bubuk kacang kedelai dan sirup gula hitam anmitsu khas Jepang) yang harum karena dibuat dengan campuran daun Yomogi, dan Mitarashi dango (mochi yang ditusuk dengan tusuk sate, kemudian dibakar dan dicelupkan ke dalam saus yang terbuat dari Shoyu), dan lain-lain.

Pada musim panas dijual juga makanan pencuci mulut, seperti Hiyashi Zenzai dingin yang berisi mochi dan bubur azuki (kacang merah) yang manis, serta Kurimu Anmitsu yang berisi azuki dengan es krim sebagai topping-nya, masing-masing di jual 700 yen. Pengolahan Azuki dibuat sendiri di restoran ini.

Informasi tempat:
Alamat:    Kyoto-shi, Sakyo-ku
Akses:    1 menit jalan kaki dari kuil Sanzen-in
Jam operasional: 10.30-17.00
Libur:    Tidak tentu

Wisata mengunjungi kuil merupakan ciri khas dari Kyoto. Sanzen-in bisa menjadi salah satu alternatif yang menarik.

Provided by Kansai Walker (8 Agustus dan 6 September 2017)

EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM