Ternyata di Italia Pun Ada Bakso, Begini Rasanya... - Kompas.com

Ternyata di Italia Pun Ada Bakso, Begini Rasanya...

Kompas.com - 04/11/2017, 16:04 WIB
Italian meatball atau bakso ala Italia, yang ada dalam Festival Kuliner Dunia Plaza Indonesia, dari gerai Kitchenette, selama November 2017. KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Italian meatball atau bakso ala Italia, yang ada dalam Festival Kuliner Dunia Plaza Indonesia, dari gerai Kitchenette, selama November 2017.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bakso makanan "sejuta umat" Indonesia, juga ternyata ada di Italia. Hanya saja meatball ini jauh berbeda dengan yang dimiliki Indonesia.

Dari penampilan luarnya, terlihat sekali cita rasa khas Italia yang tak bisa ditinggalkan. Ialah daun basil dan saus tomat, seperti di dalam pizza dan spaghetti.

(Baca juga : 5 Gerai Bakso Terkenal dari Jakarta, Bogor, dan Bandung)

Italian meatball disajikan dengan lumuran penuh saus tomat. Tanpa ada kuah air sedikit pun. Topping yang digunakan mulai dari daun basil goreng, tepung roti atau disebut molica di negaranya, dan keju parmesan.

KompasTravel sempat mencobanya saat Festival Kuliner Dunia yang digelar di Plaza Indonesia sepanjang bulan November 2017. Rasa saus tomatnya begitu meresap ke dalam bakso.

(Baca juga : Namanya Bakso Moncrot, Rasakan Sensasinya...)

Rasanya gurih dari daging sapi, berpadu asam manisnya saus tomat. Sausnya memang sangat menyerupai spaghetti, dengan campuran bawang putih, bawang bombai di dalamnya.

Daging dan campurannya di dalam bakso membuat rasanya harmonis. Tentu berbeda jika mencoba saus ini dengan bakso khas Indonesia, akan kurang pas.

Italian meatball atau bakso ala Italia, yang ada dalam Festival Kuliner Dunia Plaza Indonesia, dari gerai Kitchenette, selama November 2017. KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Italian meatball atau bakso ala Italia, yang ada dalam Festival Kuliner Dunia Plaza Indonesia, dari gerai Kitchenette, selama November 2017.
Meski berbahan dasar daging sapi juga, tetapi tekstur yang dihasilkan jauh berbeda. Bakso dari Indonesia lebih padat dan kenyal, sedangkan italian meatball akan pecah susunan daging di dalamnya, saat dikunyah.

Hal tersebut, menurut chef Reynaldo dari Kitchenette, selaku yang membuat hidangan, karena bahan campuran yang digunakan jauh berbeda. Ia menjelaskan jika italian meatball banyak menggunakan campuran di dalam baksonya.

"Kalau kita banyak di kuahnya, kalau mereka justru kuat di adonan baksonya. Campuran dagingnya seperti saltpaper, tepung roti, telur, dan bumbu rempah lain," ungkapnya kepada KompasTravel, Jumat (3/11/2017).

Ia menjelaskan cara memasaknya jauh berbeda, dan lebih lama. Bakso setelah menjadi adonan akan dibentuk dan digoreng terlebih dahulu. Setelah warnanya kecoklatan akan dimarinasi dengan racikan saus tomat tadi.

Bakso sengaja didiamkan dalam lumuran saus tomat yang banyak, selama satu hari penuh. Menurutnya agar rasa saus tomat meresap, bercampur dengan daging bakso.

"Dari asalnya memang harus direndam seharian, biar meresap, dan taste sampai dalamnya juga lebih matang," katanya.

Daftar ke 33 gerai kuliner di Plaza Indonesia, yang mengikuti Festival Kuliner Dunia di tiap lantainya.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Daftar ke 33 gerai kuliner di Plaza Indonesia, yang mengikuti Festival Kuliner Dunia di tiap lantainya.
Sedangkan untuk dagingnya, ia kurang tahu berasal dari bagian sapi mana. Menurutnya kompisisi bahan sudah distandarkan dari negara aslinya, dan ia pun tinggal menerima dari supplier tanpa harus memilahnya lagi.

Italian meatball ini dijual di Kitchenatte, Plaza Indonesia sebesar Rp 69.000. Dalam satu porsinya terdiri dari dua bakso besar 100 gram, atau berdiameter enam-tujuh centimeter.


EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X