5 Oleh-oleh Ikonik dari Kota Asal Jokowi - Kompas.com

5 Oleh-oleh Ikonik dari Kota Asal Jokowi

WIENDA PUTRI NOVIANTY
Kompas.com - 05/11/2017, 15:04 WIB
Oleh-oleh dodol, jenang, onde-onde, enting-enting kacang, ampyang jahe, intip, belut goreng, keripik tempe sagu, keripik bayem, belut, gemplak, dodol, bakpia, dan aneka jajajan lain yang dijual di Pasar Klewer Sementara, Sabtu (23/7/2016). Wisatawan bisa menemukan aneka oleh-oleh jajanan di Blok D Pasar Klewer Sementara.KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Oleh-oleh dodol, jenang, onde-onde, enting-enting kacang, ampyang jahe, intip, belut goreng, keripik tempe sagu, keripik bayem, belut, gemplak, dodol, bakpia, dan aneka jajajan lain yang dijual di Pasar Klewer Sementara, Sabtu (23/7/2016). Wisatawan bisa menemukan aneka oleh-oleh jajanan di Blok D Pasar Klewer Sementara.

KOMPAS.comSolo memang terkenal oleh wisata kulinernya, selain juga budaya dan belanja. Oleh karena itu, tak lengkap rasanya liburan akhir pekan di Solo tanpa membawa oleh-oleh khas kota asal Jokowi itu.

1. Batik Solo

Batik Solo identik dengan warnanya yang cenderung coklat atau gelap. Batik Solo biasanya menggunakan motif parang Solo dengan arah dari kiri atas ke kanan bawah.

Bagi yang ingin membeli oleh batik khas Solo, Anda bisa mampir langsung ke kampung pusat produksi batik tradisional terbesar di Kota Solo yaitu Kampung Laweyan dan Kauman. Di sini Anda bisa menyusuri deretan industri batik rumahan dan sesekali berhenti di toko-toko batik.

Selain itu, Anda juga bisa mampir ke Pasar Klewer. Di situ Anda bisa menemukan berbagai macam motif batik selain batik Solo seperti batik Semarang, Kudus, dan Pekalongan. Harga batik di Pasaw Klewer dibanderol berkisar Rp 22.000 hingga Rp 55.000.

Pedagang di Pasar Klewer Sementara menawarkan aneka produk batik di kios pasar pada Sabtu (23/7/2016). Pasar Klewer Sementara menawarkan aneka produk batik mulai dari baju anak-anak hingga dewasa baik kemeja maupun baju tidur.KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Pedagang di Pasar Klewer Sementara menawarkan aneka produk batik di kios pasar pada Sabtu (23/7/2016). Pasar Klewer Sementara menawarkan aneka produk batik mulai dari baju anak-anak hingga dewasa baik kemeja maupun baju tidur.
2. Intip

Intip adalah salah satu makan khas Solo yang terbuat dari kerak nasi yang melekat pada panci, yang kemudian dikeringkan dan digoreng. Rasanya gurih asin dan renyah. Terkadang dijual dengan varian yang dilumuri lelehan gula merah di atasnya untuk menambah cita rasa.

Biasanya intip sering ditemukan di sentra penjual oleh-oleh di Solo. Untuk harga bervariasi, kisaran Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per bungkus.

3. Serabi Solo

Kue serabi solo terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan dan digoreng di atas arang. Biasa serabi solo akan diberi taburan berupa potongan pisang, nangka, meses, dan keju.

Bentuk serabi solo menyerupai pancake, hanya saja lebih tipis. Untuk rasa, serabi solo cenderung manis gurih dan sangat lembut.

Salah satu serabi yang menjadi primadona wisatawan adalah Serabi Notosuman.  Serabi ini memang lahir di kawasan Kampung Notosuman, tepatnya di perbatasan Kampung Notosuman dengan Kratonan.

Surabi Solo di The Cafe, Hotel Mulia, Jakarta.KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Surabi Solo di The Cafe, Hotel Mulia, Jakarta.
4. Ampyang

Ampyang terbuat dari kacang, gula merah, dan jahe. Cita rasa dari ampyang sendiri adalah manis dan legit.

Ampyang sangat mudah ditemukan di gerai oleh-oleh khas Solo. Harganya pun murah, sekitar Rp 4.000 hingga Rp 15.000 tergantung dari ukurannya.

5. Brem Solo

Berwarna putih, Brem Solo juga wajib masuk ke list oleh-oleh Anda. Terbuat dari olahan ragi air tape, makanan ini berupa kepingan yang padat dengan rasanya yang masam, dingin, dan lumer di mulut.

Harganya bervariasi, berkisar mulai dari Rp 10.000. Makanan ini sangat mudah Anda temui di gerai oleh-oleh khas Solo.

PenulisWIENDA PUTRI NOVIANTY
EditorSri Anindiati Nursastri

Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM