Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini yang Dipamerkan Indonesia di World Travel Market London 2017

Kompas.com - 06/11/2017, 11:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia kembali berpartisipasi dalam pameran dan bursa pariwisata internasional, World Travel Market (WTM) London yang berlangsung di ExCel London, Inggris pada 6-8 November 2017.

Pada pameran dan bursa pariwisata terbesar kedua dunia, setelah bursa ITB Berlin Jerman, ini Indonesia akan mempromosikan destinasi wisata kelas dunia di antaranya 10 destinasi prioritas sebagai ‘Bali Baru’ kepada masyarakat Inggris dan sekitarnya.

(Baca juga: Indonesia Sabet Dua Prestasi Bergengsi Versi Dive Magazine di London)

Sebanyak 50 pelaku bisnis pariwisata Indonesia yang difasilitasi oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mengambil bagian di WTM London 2017 menempati Hall AS900 sebagai Paviliun Indonesia.

Para pelaku bisnis pariwisata Indonesia siap melakukan transaksi bisnis (B to B) dengan menawarkan produk unggulan serta mempromosikan destinasi pariwisata Indonesia kelas dunia kepada travel agent dan wholeseller yang menjual paket wisata long haul ke negara-negara Asia Pasifik termasuk Indonesia.

(Baca juga: Ini Strategi Garuda Terbang Langsung Jakarta-London)

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan, WTM London 2017 yakni bursa pariwisata terbesar kedua dunia menjadi target dalam menarik kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia yang tahun ini menargetkan 15 juta wisman dan akan meningkat menjadi 18 juta wisman pada 2018 dan 20 juta wisman pada 2019.

Branding logo Wonderful Indonesia pada 180 unit London Cab di London, Inggris.ARSIP KEMENPAR Branding logo Wonderful Indonesia pada 180 unit London Cab di London, Inggris.
“Di WTM London ini kita fokus membidik calon wisman Inggris yang akan bepergian long haul ke negara-negara Asia Pasifik termasuk Indonesia,” kata Arief Yahya dalam siaran pers Biro Hukum dan Komunikasi Publik Kemenpar, Minggu (5/11/2017).

(Baca juga : 8 Fakta Unik London Bridge, Ikon Ibu Kota Inggris)

Menpar menjelaskan, tahun ini dari target 15 juta wisman akan diperoleh devisa sebesar 14,9 miliar dollar AS dan target ini optimistis akan terlampaui bila melihat jumlah kunjungan wisman pada Januari hingga Agustus 2017 sudah mencapai 9,2 juta wisman.

“Untuk mencapai target tersebut Indonesia melancarkan strategi promosi dengan berpartisipasi di berbagai event untuk mempromosikan Wonderful Indonesia. Setelah 2 tahun terakhir Kemenpar berfokus membangun branding Wonderful Indonesia dan berhasil meningkatkan ranking Indonesia dari 140 ke 47 pada 2017," katanya.

"Mulai tahun ini kita alihkan strategi promosi pada kegiatan hard selling dan kerja sama dengan airlines dan wholesalers, paralel menjaga kontinuitas upaya branding yang terus dilakukan di negara fokus pasar,” sambung Arief Yahya.

Taksi-taksi di London dibungkus dengan desain destinasi wisata andalan seperti Candi Borobudur, Bali, Komodo, Danau Toba, serta Raja Ampat. Promosi Wonderful Indonesia ini berlangsung pada 16 Oktober hingga 12 November 2017.ARSIP KEMENPAR Taksi-taksi di London dibungkus dengan desain destinasi wisata andalan seperti Candi Borobudur, Bali, Komodo, Danau Toba, serta Raja Ampat. Promosi Wonderful Indonesia ini berlangsung pada 16 Oktober hingga 12 November 2017.

Branding WI di Kota London

Selain berpartisipasi dalam WTM London 2017, Kemenpar juga gencarkan promosi menggunakan media billboard di beberapa spot strategis kota London seperti Victoria Station dan Borough Market serta  di TV Channels Sky News, Sky Sports, dan Sky Arts yang menayangkan iklan WI sebanyak 420 spot sejak tanggal 5 November 2017.

“Diharapkan dengan adanya branding Wonderful Indonesia di dalam berbagai format di Kota London seperti ini dapat meningkatkan citra destinasi Indonesia di benak masyarakat Inggris yang pada akhirnya dapat menarik minat mereka untuk berkunjung ke Indonesia,” kata Arief Yahya.

Inggris merupakan salah satu target pasar utama pariwisata Indonesia untuk wilayah Eropa. Jumlah kunjungan wisman Inggris ke Indonesia tahun 2016 sebanyak 328.882 wisman atau meningkat 21,9 persen dari tahun 2015 sebanyak 269.798 wisman.

Promosi Wonderful Indonesia (WI) pada taksi-taksi di London atau black cab ini dibungkus dengan destinasi wisata Candi Borobudur, Bali, Komodo, Danau Toba, serta Raja Ampat. Pomosi ini berlangsung 16 Oktober hingga 12 November 2017.ARSIP KEMENPAR Promosi Wonderful Indonesia (WI) pada taksi-taksi di London atau black cab ini dibungkus dengan destinasi wisata Candi Borobudur, Bali, Komodo, Danau Toba, serta Raja Ampat. Pomosi ini berlangsung 16 Oktober hingga 12 November 2017.
Tahun ini kunjungan wisman Inggris ditargetkan sebanyak 384.000 wisman sementara posisi pada Januari hingga Agustus 2017 tercatat sebanyak 244.638 wisman atau tercapai 63,71 persen dari target.

Target ini optimistis akan terlampaui mengingat jumlah kunjungan wisman Inggris akan meningkat signifikan pada musim liburan akhir tahun atau saat peak season. (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com