Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Markobar, Suguhan Camilan Pernikahan Kahiyang

Kompas.com - 06/11/2017, 18:30 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution bakal diselenggarakan 8 November 2017. Beragam hidangan pun akan disajikan salah satunya camilan andalan dari Gibran Rakabuming Raka.

Katering dan kedai martabak yang telah dirintis Gibran akan jadi suguhan untuk para tamu. Ia mengatakan akan menyajikan kuliner khas Solo dari kateringnya. Sedangkan Markobar, akan jadi hidangan camilannya.

Markobar, singkatan dari martabak kota barat itu, kini sudah membuka outlet di 12 kota. Outlet-outlet Markobar tersebar di kota-kota yakni Solo, Semarang, Medan, Manado, Bekasi, Jakarta, Balikpapan, Bandung, Jogja, Surabaya, Makassar dan Malang.

Sedangkan outlet yang sudah dibuka dari ke 12 kota tersebut tak kurang dari 18 outlet.

(Baca juga : Mencicipi Markobar 8 Rasa Milik Putra Jokowi )

Para pengunjung mengantre di Markobar yang dijual di Jalan Pemuda Kota Semarang, akhir pekan lalu.KOMPAS.com/NAZAR NURDIN Para pengunjung mengantre di Markobar yang dijual di Jalan Pemuda Kota Semarang, akhir pekan lalu.
Penasaran dengan bagaimana lezatnya martabak rintisan putra sulung Presiden RI Joko Widodo ini? KompasTravel sempat mencicipi salah satu menu favoritnya, yaitu Markobar 8 Rasa.

Di akhir tahun 2015, Markobar menjadi salah satu pionir martabek kekinian di Jawa Tengah, khususnya di Kota Solo. Tak heran menu Markobar 8 Rasa tersebut menjadi menu favorit, dan saat itu tak sedikit yang antre agar dapat merasakan martabak ini.

Dalam satu loyang martabak pun tersaji delapan topping yang berbeda-beda. Kedelapannya merupakan topping kekinian pada masanya, yaitu cokelat, keju, cokelat merek Van Houten, Oreo, Cadbury, green tea, hingga Chunky Bar.

(Baca juga : Penjual Kue Putu Ini Ketiban Berkah Pernikahan Kahiyang-Bobby )

Salah satu yang menjadi keunggulannya ialah lembutnya adonan juga toppingnya. Keduanya berpadu lembut dalam rongga mulut, sehingga cukup ringan dikunyah.

“Rasanya enak, halus, enak di tenggorokan,” ujar Nina (23), pengunjung asal Kabupaten Pati ini.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com