4 Tips Penting Sebelum Liburan ke Desa Wisata Nglinggo Kulon Progo - Kompas.com

4 Tips Penting Sebelum Liburan ke Desa Wisata Nglinggo Kulon Progo

Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja
Kompas.com - 08/11/2017, 16:00 WIB
Menelusuri Desa Wisata Nglinggo menggunakan jeep di Jalur Bedah Menoreh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, Sabtu (4/11/2017).KOMPAS.COM/Anggita Muslimah Menelusuri Desa Wisata Nglinggo menggunakan jeep di Jalur Bedah Menoreh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, Sabtu (4/11/2017).

KULONPROGO, KOMPAS.comDesa Wisata Nglinggo merupakan salah satu tempat wisata yang berada di dataran tinggi Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Di sana terdapat beberapa obyek wisata yang bisa Anda datangi dan juga menikmati panorama alam yang indah.

Beberapa atraksi wisata yang bisa ditemukan yaitu Bukit Ngisis, kebun teh dan kopi, hutan pinus, wisata trekking, paket off road. Selain itu, Anda juga bisa ikut warga di sana membuat gula aren, memetik teh dan kopi, hingga ikut latihan menari kesenian Lengger Tapeng.

(Baca juga : 5 Tempat Instagramable di Kulon Progo, Cocok Buat Anak Zaman Now )

Untuk sampai di sana, membutuhkan waktu tempuh selama kurang lebih 1,5 jam dari pusat Kota Yogyakarta. Selepas dari hiruk pikuk jalan raya, Anda akan menemukan jalan yang berkelok-kelok dan tanjakan maupun turunan yang cukup terjal.

Ketika Anda berniat untuk pergi ke desa wisata ini, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Berikut tips-tips penting yang diberikan Pemilik Rimbono Homestay sekaligus pemilik paket wisata berkeliling naik Jeep, Melky.

Menelusuri Desa Wisata Nglinggo menggunakan jeep di Jalur Bedah Menoreh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, Sabtu (4/11/2017).KOMPAS.COM/Anggita Muslimah Menelusuri Desa Wisata Nglinggo menggunakan jeep di Jalur Bedah Menoreh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, Sabtu (4/11/2017).

1. Hubungi Warga Setempat

Sebelum hendak berangkat ke Desa Wisata Nglinggo, Melky menyarankan untuk menghubungi pihak pengelola desa wisata ataupun warga di sana. Tujuannya adalah agar wisatawan bisa diberikan arahan yang benar atau diberikan peta lokasi Desa Wisata Nglinggo.

“Utamanya kalau yang mau datang ke sini nggak usah ikuti GPS, karena bisa-bisa nyasar, sudah banyak kejadiannya. Kalau bisa hubungi kami dulu,” kata Melky.

(Baca juga : Antisipasi Kunjungan Wisatawan, Kulon Progo Siapkan Homestay dan Hotel )

Anda pun bisa menghubungi Pengelola Desa Wisata Nglinggo sekaligus kepala dukuh di sana. Kontak yang bisa dihubungi yaitu Teguh Kumoro di nomor 0828274109 atau Melky di nomor 082226228323.

Hutan pinus Desa Wisata Nglinggo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, Sabtu (4/11/2017).KOMPAS.COM/Anggita Muslimah Hutan pinus Desa Wisata Nglinggo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, Sabtu (4/11/2017).
2. Pastikan Kendaraan dalam Kondisi Baik

Melky menyarankan agar para wisatawan mengecek ulang kendaraannya sebelum berangkat. Ini adalah salah satu persiapan untuk menghadapi rute jalan menuju Desa Wisata Nglinggo.

“Jalanannya kan menanjak, kalau bisa disiapkan, dan jangan ragu saat berkendara. Kalau pun ragu bisa segera hubungi kami, dan dijemput di Pasar Plono,” jelas Melky.

Salah satu homestay yang ada di Desa Wisata Nglinggo yaitu Rimbono Homestay, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, Sabtu (4/11/2017).KOMPAS.COM/Anggita Muslimah Salah satu homestay yang ada di Desa Wisata Nglinggo yaitu Rimbono Homestay, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, Sabtu (4/11/2017).

3. Hindari Keberangkatan Sekitar Jam 7 Malam

Selain kendaraan, ternyata Anda juga harus memerhatikan cuaca yang ada. Sebab, saat KompasTravel melintas di jalan menuju Nglinggo, keadaan jalan cukup kecil, bahkan penerangannya pun masih kurang.

(Baca juga : Inilah Spot Foto Terbaru dan Gratis di Kalibiru )

Melky mengatakan, sebaiknya wisatawan tidak berada di jalan pada saat pukul 19.00 WIB. Sebab, di waktu tersebut biasanya kabut turun lebih tebal sehingga membuat jarak pandang lebih kabur.

Melky menyarankan sebelum jam 19.00 WIB, Anda sudah sampai di Nglinggo. Ia memberikan pilihan untuk memilih keberangkatan setelah pukul 20.00 WIB.

Menelusuri Desa Wisata Nglinggo menggunakan mobil Sport Utility Vehicle di Jalur Bedah Menoreh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, Sabtu (4/11/2017).KOMPAS.COM/Anggita Muslimah Menelusuri Desa Wisata Nglinggo menggunakan mobil Sport Utility Vehicle di Jalur Bedah Menoreh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, Sabtu (4/11/2017).
4. Bawa Pakaian Hangat

Karena letaknya berada di dataran tinggi, tentunya udara di sana cukup dingin. Apabila Anda menginap, biasanya homestay akan memberikan fasilitas selimut. Namun, kata Melky, agar tubuh lebih hangat, sebaiknya wisatawan membawa jaket untuk dipakai saat udara lebih dingin.

PenulisAnggita Muslimah Maulidya Prahara Senja
EditorWahyu Adityo Prodjo
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM