Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tour de Central Celebes 2017 Ajang Promosi Pariwisata Poso

Kompas.com - 08/11/2017, 18:04 WIB
Mansur

Penulis

POSO, KOMPAS.com - Sebanyak 69 pebalap sepeda dari 18 negara, Selasa (7/11/2017) kembali melanjutkan kegiatan lomba Tour de Central Celebes (TDCC) 2017 yang digelar di Poso, Sulawesi Tengah.

Pelepasan 69 pebalap dari alun-alun Sintuwu Maroso Poso tersebut merupakan rangkaian pelaksanaan TDCC etape II dengan rute Poso menuju Kabupaten Parigi Moutong dengan jarak tempuh sejauh 135,6 kilometer.

Pelaksanaan TDCC etape II di Poso tersebut itu sebelumnya diwarnai aksi bersepeda oleh ribuan warga Poso yang terdiri dari PNS di lingkungan Pemkab Poso, pelajar hingga para komunitas sepeda Poso.

(Baca juga : Togean Disiapkan Jadi Destinasi Wisata Unggulan Sulteng)

Mereka berkumpul di lapangan alun-alun Sintuwu Maroso sejak pukul 06.00 wita untuk mengikuti kegiatan city tour sebelum di mulainya balap sepeda berskala internasional itu.

Bupati Poso Darmin A Sigilipu dalam sambutannya sebelum pelepasan lomba TDCC mengatakan lomba tersebut sekaligus sebagai ajang promosi pariwisata Poso.

Menurutnya pelepasan peserta lomba TDCC di etape II Poso akan menjadi saksi dan promosi kepada dunia luar jika Poso sudah sangat aman dan nyaman dikunjungi wisatawan.

"Melalui TDCC ini kita akan beritahukan kepada seluruh dunia melalui para peserta yang datang dari berbagai negara tersebut jika Poso memiliki banyak keindahan lokasi wisata dan sanga aman untuk didatangi," kata Darmin.

Sehari sebelumnya 69 pebalap sepeda itu menempuh rute sejauh 192 kilometer dari Ampana, Kabupaten Tojo Una-Una menuju Tentena di Kabupaten Poso. Di etape pertama itu menempatkan pebalap Jamal Hibatullah asal Indonesia finis di urutan pertama, disusul Ryan Hilman dari tim CCN Laos. Posisi ketiga ditempati Hery Fitry Yanto dari Nex Singapura.

Secara keseluruhan para pebalap TDCC yang berlangsung Senin (6/11/2017) hingga Rabu (8/11/2017) menempuh jarak 486 kilometer yang dibagi dalam tiga etape.

Etape terakhir atau etape III akan dilakukan dari Kabupaten Parigi – Sigi dan Palu dengan jarak tempuh sejauh 153,3 kilometer. Sebelumnya diberitakan jumlah peserta mencapai 150 orang turun menjadi 69. Sementara jumlah negara peserta dari 12 naik menjadi 18 negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com