Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski di Malioboro, 6 Makanan ini Dijamin Tak Bikin Kantong Kempes

Kompas.com - 09/11/2017, 22:14 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Malioboro di Yogyakarta terkenal sebagai destinasi wisata belanja hingga kuliner. Namun tak sedikit turis yang ragu untuk berwisata kuliner di Malioboro, karena sempat adanya beberapa kasus terkait harga makanan yang terlalu mahal.

Baca juga : Viral, Warganet Keluhkan Mahalnya Nasi Goreng Kaki Lima di Yogyakarta

Namun, jangan berkecil hati. Setidaknya ada delapan destinasi wisata kuliner di Malioboro dan sekitarnya yang terkenal murah di kalangan wisatawan. Berikut daftarnya.

1. Gudeg Yu Djum

Salah satu gudeg legendaris asli Yogyakarta ini berada tak jauh dari Malioboro, yaitu di Jalan Wijilan No 31 Panembahan, Kota Yogyakarta.

Cita rasanya tak perlu diragukan lagi, gudeg ini kerap menjadi ikon oleh-oleh dari kota Yogya. Walaupun sudah ditangani oleh anak dan cucunya, rasa dari gudeg ini masih relatif sama dan terjaga kualitasnya.

Gudeg bisa langsung dimakan di tempat, atau dibawa pulang dalam kemasan. Harga satu porsi gudeg sekitar Rp 25.000 - Rp 35.000.

2. Gado-gado Bu Hadi

Kuliner siang hri yang satu ini juga tak kalah terkenal. Selain rasanya yang juara, harganya juga bersahabat.

Kedai ini sudah ada sejak 50 tahun silam, dan kini dikelola generasi ketiganya. Sejak pagi hingga sore hari pelanggannya silih berganti, seolah tak pernah sepi.

Sayur yang segar bercampur gurihnya bumbu kacang yang diulek sendiri membuat rasanya khas dan dikenang. Sebagai pelengkap terdapat kerupuk udang dan es kopyor.

Gado-gado Bu Hadi ada di lantai dua Pasar Beringharjo, di ujung jalan Malioboro. Harga yang ditawarkan Rp 17.000 per porsi.

3. Soto Ayam 61

Tak jauh dari Malioboro terdapat kedai soto legendaris di Yogyakarta. Sejak tahun 1976, soto yang ada di Jalan Ahmad Yani 61, Gondomanan ini jadi idola wisatawan juga masyarakat lokal.

Soto yang segar dengan beragam pelengkap masih terjaga cita rasanya hingga kini. Buka mulai pukul 07.00 - 19.00 WIB.

4. Angkringan Lek Man

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com