PickMe!
Merupakan konten afiliasi yang memberikan rekomendasi produk. Kami akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian Anda.

5 Jurus Berburu Gadget Harga Miring buat Liburan

Kompas.com - 10/11/2017, 10:38 WIB
Aningtias Jatmika,
Dimas Wahyu

Tim Redaksi

Sumber kompas.com

KOMPAS.com - Cuma dalam hitungan minggu, tahun 2017 sudah habis. Artinya, rencana lama soal liburan akhirnya kejadian juga.

Kalau urusan tiket dan penginapan sudah beres, sekarang giliran berburu gadget-gadget supaya nanti bisa sambil nonton, santai kalau jalan-jalan tanpa takut kehabisan baterai, atau takut kehilangan akses internet.

Sebisa mungkin hindari pemakaian powerbank untuk men-charge handphone.THINKSTOCKPHOTOS Sebisa mungkin hindari pemakaian powerbank untuk men-charge handphone.

Mau cari yang harganya miring, ada USB-OTG (on the go) buat nonton film, punya akses gampang semacam wi-fi portable, atau buat antisipasi baterai low jadi powerbank kapasitas besar?

Carinya memang gampang kalau di internet. Nah, biar cocok, coba lima “jurus berburu” di bawah ini.

Cek “review”

Coba lihat ulasan (review) tentang produk yang diincar. Hati-hati sama buaian review gaya iklan yang terlalu memuja-muja produk tersebut. Ada baiknya untuk mengecek situs-situs spesialis review gadget yang tepercaya. Perhatikan review-nya.

Soalnya, pengulas yang profesional biasanya mencantumkan kelebihan dan kekurangan gadget. Selain itu, lihat juga review dari konsumen yang sudah mencoba produk tersebut. 

Ilustrasi HarbolnasShutterstock Ilustrasi Harbolnas

Bandingkan harga

Kini, timbang-timbang harga gadget satu dengan yang lain sudah gampang. Beberapa situs e-commerce punya fitur semacam itu. Ada juga aplikasi atau situs pembanding harga produk. Nah, pastikan juga, harganya faktual atau tidak, bukan data harga demi kepentingan iklan produk tersebut.

Waspadai tipu-tipu

Beli gadget “zaman now” memang gampang di internet. Cukup buka aplikasi atau situs, pilih produk, bayar, kita tinggal tunggu produk sampai. Namun, kata siapa barang pasti sampai alias kena tipu? Supaya enggak apes, belanjanya di situs yang tepercaya.

Ada baiknya juga kalau situs tersebut punya jaminan uang kembali jika barang tidak sampai. Pastikan juga gadget yang dibeli asli. Situs tepercaya biasanya punya rating penjual berikut komentar pembeli yang sudah berbelanja produk tersebut. Coba lihat bagian itu.

Ilustrasi galau karena media sosialkieferpix Ilustrasi galau karena media sosial

Cek kembali

Ketika beli gadget, cek lagi kalau produk yang diterima asli dan sesuai. Jika Anda membeli langsung di toko, cek langsung gadget tersebut di sana. Periksa keaslian dan kelengkapan dari gadget yang dipilih.

Jika berbelanja di internet, Anda bisa mengecek segel kotak penyimpanan gadget saat produk sampai di rumah. Pastikan segel tersebut tak terbuka. Selain itu, cek juga nomor seri yang ada di gadget. Cocokkan antara serial number di produk dan kotak penyimpanan.

Belanja onlinegrinvalds Belanja online

Lihat kalender, cari diskon

Rata-rata orang biasanya mau segera dapat gadget yang diincar. Namun, ada baiknya bersabar untuk beli gadget pada momen-momen tertentu.

Biasanya, para penjual terutama toko online banyak yang memberikan promosi diskon di tanggal-tanggal khusus. Contohnya, promosi Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) pada 11 November atau dikenal dengan promosi 11.11. [INO]

Sumber kompas.com

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com