Sail Sabang Digelar Akhir November, Jokowi Dijadwalkan Hadir - Kompas.com

Sail Sabang Digelar Akhir November, Jokowi Dijadwalkan Hadir

Silvita Agmasari
Kompas.com - 10/11/2017, 12:04 WIB
Pantai Sumur Tiga, Kota Sabang, Aceh, tampak elok, seperti terlihat Juni lalu. Sabang terus bersolek menjadi kota wisata nasional dan internasional.KOMPAS/DAHLIA IRAWATI Pantai Sumur Tiga, Kota Sabang, Aceh, tampak elok, seperti terlihat Juni lalu. Sabang terus bersolek menjadi kota wisata nasional dan internasional.


JAKARTA, KOMPAS.com - Sail Sabang 2017 siap diselenggarakan pada 28 November - 5 Desember 2017 di Teluk Sabang, Pelabuhan CT-3, Provinsi Aceh.

Dengan tema 'Trail of Sea Civilization', ajang ini rencananya akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo pada acara puncak.

"Sabang ini potensinya sangat besar, menjadi destinasi prioritas di Kemenpar untuk wisata bahari. Semoga Sail Sabang ini juga memberi nilai keekonomian yang dapat memberi dampak bagi masyarakat," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya pada acara peluncuran Sail Sabang 2017 di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Kamis (9/11/2017).

Baca juga : Sail Sabang 2017 Magnet Menarik Wisman

Sail Sabang 2017 memiliki 27 rangkaian acara. Antara lain tarian kolosal Laksamana Malahayati, tall ship parade dari berbagai negara, parade kapal nelayan tradisional, Jambore Iptek, International Freediving Competition, Sabang Undereater Contest, Sabang Carnival, Aceh Culinary and Coffee Festival, Sabang Wonderful Expo and Marine Expo, Sales Mision Cruise Operator and Yacht, Seminar Wisata Bahari, Pentas Pesona Indonesia, lomba memancing, lomba video dan foto drone, dan bakti sosial bersih pantai.

Arief mengatakan bahwa Sail Sabang 2017 merpuakan acara sail yang kesembilan digelar di Indonesia dan diprediksi menjadi yang terbesar. Sebab ada 130 yacht dari Australia, Swedia, Inggris, Jepang, dan Singapura yang akan menghadiri acara ini.

"Event Sail Sabang sebagai wahana untuk mendorong percepatan pembangunan Aceh. Karena stigma masa lalu pembangunan kami tidak begitu lancar. Investor kurang datang, berjingkat menegok Aceh dan proses jingkat sudah berakhir. Sekarang kami menerima semua, dengan menerima peserta Sail Sabang dan pengunjung ke Sabang," kata Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf dalam kesempatan yang sama.

Baca juga : Yachter Dunia Diharapkan Promosikan Sabang ke Mancanegara

Dengan terlaksananya acara Sail Sabang 2017, Irwandi berharap Sabang dapat menjadi salah satu destinasi favorit di Indonesia bagian barat. Sehingga Sabang dapat berkontribusi meningkatkan kunjungan ke Indonesia.

Jokowi sendiri rencananya akan hadir pada Sabtu, 2 Desember 2017 saat pertunjukan tarian kolosal Laksamana Malahayati.

PenulisSilvita Agmasari
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM