Tak Perlu ke Jepang, Ini 10 Tempat Melihat Sakura di Thailand - Kompas.com

Tak Perlu ke Jepang, Ini 10 Tempat Melihat Sakura di Thailand

WIENDA PUTRI NOVIANTY
Kompas.com - 12/11/2017, 07:03 WIB
Suasana sakura mekar pada musim semi tampak indah, menjadikannya sebagai salah satu unggulan atraksi wisata alam wilayah Tohoku, Jepang. Tampak sakura bermekaran di Taman Hirosaki, Prefektur Aomori.KOMPAS/IRMA TAMBUNAN Suasana sakura mekar pada musim semi tampak indah, menjadikannya sebagai salah satu unggulan atraksi wisata alam wilayah Tohoku, Jepang. Tampak sakura bermekaran di Taman Hirosaki, Prefektur Aomori.

KOMPAS.com – Mungkin Anda punya keinginan untuk melihat sakura bermekaran. Namun jika belum berjodoh traveling ke negara asalnya, tak ada salahnya mengunjungi negara tetangga yakni Thailand.

Setidaknya ada 10 tempat untuk melihat sakura bermekaran di Thailand. Berikut daftarnya seperti dilansir dari TheSmartLocal.

1. Khun Chang Khian Highland Agriculture Research Centre

Serupa dengan bunga Sakura di Jepang, Sakura di Thailand ini dinamakan Cherry Wild Himalayan atau "Tiger Queen". Anda bisa menemui bunga pink satu ini di Khun Chang Khian, sebuah pusat penelitian pertanian yang terletak di lembah Gunung Suthep-Pui. Tempat ini hanya berjarak satu jam dari bandara Chiang Mai.

Anda bisa mampir ke tempat ini dengan menggunakan songthaew (truk pick-up) selama 40 menit dengan jalan berombak dan pemandangan yang cantik.

Jika sempat, Anda bisa mampir ke desa-desa Hmong di puncak gunung yang menyuguhkan wisata terkait kopi dan stroberi. Anda bisa mampir ke rumah produksi kopi serta rekreasi memetik buah stroberi langsung dari kebunnya. Jangan lewatkan pula untuk mencicipi salah satu makanan khas lokal sana bernama Sai-Ua atau sosis Thailand dan ubi ungunya yang manis.

Alamat : Huai Kaeo Road | Suthep Subdistrict, Chiang Mai, Thailand

Pemandangan sakura bermekaran di Khun Chang Khian Highland Agriculture Research Centre, Thailand.chiangmaicitylife.com Pemandangan sakura bermekaran di Khun Chang Khian Highland Agriculture Research Centre, Thailand.
2. Ang Khang Royal Agricultural Station

Tidak hanya menikmati cantiknya bunga sakura dengan warna pinknya, Anda juga bisa menikmati sensasi musim dingin di Ang Khang dengan suhu cuaca hingga -3 derajat Celcius di malam hari.

Berlokasi 1.400 meter di atas permukaan laut membuat cuaca di Ang Khang Royal Agricultural Station terasa sejuk sepanjang tahun. Terbentang di atas 318,24 hektar tanah, tempat ini merupakan salah satu taman terindah yang dihadirkan di Thailand. Bunga sakura yang dihadirkan di tempat ini menjadi sorotan utama wisatawan berkunjung ke Ang Khang Royal Agricultural Station.

Anda hanya perlu mengeluarkan uang tiket masuk sebesar 50 Baht atau sekitar Rp 21.000 per orang dengan tambahan 50 Baht untuk biaya kendaraan. Anda perlu menyediakan waktu satu hari penuh untuk bisa menjelajahi seisi taman ini. Untuk petulangan yang lebih mengasyikkan, Anda bisa berkemah di puncak Gunung Mon Sone View Point.

Alamat : 1 Moo 5 | Mae Ngon Subdistrict, Fang City 50320, Thailand

Sakura di Khun Wang Royal Agricultural Research Center mychiangmaitravel.com Sakura di Khun Wang Royal Agricultural Research Center
3. Khun Mae Ya

Khun Mae Ya yang dulu sempat dilanda bencana kebakaran kini telah berkembang menjadi sebuah tempat rekreasi piknik yang cantik dan terawat. Hutan pinus dan bunga sakura yang menjuntai kini menjadi daya tarik wisatawan. Anda juga bisa merasakan sensasi seru menginap bersama binatang liar khas Chiang Mai.

Untuk mencapai lokasi ini, Anda perlu melakukan pendakian selama kurang lebih tiga jam untuk menuju spot camping. Maka dari itu, Anda perlu merencanakan persiapan yang matang untuk bisa bermalam di tempat ini.

Disarankan untuk memasang tenda sebelum matahari terbenam. Jangan lupa, persiapkan peralatan logistik Anda sendiri sehingga Anda tidak akan kelaparan selama Anda berkemah, karena fasilitas di sini yang masih terbatas.

Pemandangan closeup dari Wild Himalayan Cherry (Prunus cerasoides) di Khun Mae Ya, Chiang Mai, Thailand.www.123rf.com Pemandangan closeup dari Wild Himalayan Cherry (Prunus cerasoides) di Khun Mae Ya, Chiang Mai, Thailand.
4. Khun Wang Royal Agricultural Research Centre

Khun Wang menyajikan taman dengan sakura yang menghiasi sepanjang lereng Taman Nasional Doi Inthanon. Tak hanya bukit-bukit sakuranya yang cantik, tempat ini juga menjadi rumah bagi beberapa jenis buah seperti pir, plum, peach dan stroberi. Yang lebih menyenangkan, Anda tidak dipungut biaya untuk berwisata di Khun Wang Royal Agricultural Research Centre.

Selain bisa menikmati varian tumbuhan dan sakura yang cantik, Anda juga bisa meluangkan waktu untuk mengamati beragam spesies burung yang berkeliaran.

Khun Wang Royal Agricultural Research Centre menyediakan empat rumah penginapan yang cukup untuk kapasitas 4-8 pengunjung.

Alamat : M.12 | Mae Win Subdistrict, Mae Wang 50360, Thailand

Pemandangan Sakura di Taman Nasional Doi Inthanon, Thailand.123RF.com Pemandangan Sakura di Taman Nasional Doi Inthanon, Thailand.
5. Phu Lom Lo

Taman Nasional Phy Hin Rong Kla membentang seluas 1.200 hektar di lereng gunung Phu Lom lo. Taman Nasional ini meliputi Provinsi Phitsanulok, Loei, dan Phetchabun. Dengan kehadiran 10.000 pohon sakura, memberikan keindahan yang wajib Anda abadikan dengan gadget Anda.

Selain bunga sakura yang terhampar luas, air terjun di dalam taman ini juga mempercantik pemadangan. Anda dapat berenang di air terjun ini, namun perlu diingat, angin dan suhu di tempat ini bisa mencapai hingga 4-8 derajat Celcius di pagi hari. Ada baiknya Anda merencanakan perjalanan ke tempat ini di bulan musim panas, kisaran bulan Mei hingga September.

Alamat : Kok Sathon, Dan Sai 42120, Thailand

Hamparan sakura bisa ditemukan di lereng Phu Lom Lo, Taman Nasional Phu Hin Rong Kla , Thailand.nationmultimedia.com Hamparan sakura bisa ditemukan di lereng Phu Lom Lo, Taman Nasional Phu Hin Rong Kla , Thailand.
6. Doi Chang

Anda bisa menikmati 500.000 pohon sakura bermekaran di Doi Chang, tepatnya Chiang Rai Highland Agricultural Extension Center. Ada juga bungga poppy, petunia dan begonia.

Sakura di Doi Chang, Thailand.chiangmaicitylife.com Sakura di Doi Chang, Thailand.
7. Doi Pha Tang

Berjarak dua jam dari Chiang Rai di Doi Pha Tang, Anda akan disambut oleh desa minoritas Tionghoa. Nah, bunga sakura menghiasi jalan penghubung antar desa.

Setelah puas melihat pohon-pohon sakura yang menghiasi kiri dan kanan jalan, Anda bisa langsung mampir ke gerai makanan terdekat untuk menyantap hidangan khas Tionghoa. Jangan lupa untuk mencicipi aprikot lokal yang segar, persik dan pir China di salah satu kios buah di pinggir jalan.

8. Phu Chi Fah

Pu Chi Fah menjadi tempat yang tepat bagi Anda yang ingin menikmati pemandangan yang menakjubkan dari ketinggian, ditemani hamparan pohon sakura. Di puncak Phu Chi Fah, Anda bisa melihat lanskap Thailand dari ketinggian.

Cherry Blossoms di Phu Chi Fahcoconuts.co Cherry Blossoms di Phu Chi Fah
9. Doi Mae Salong

Dijuluki sebagai "Mini Shangri-La Yunnanese", tempat ini menyajikan pemadangan yang tak kalah sebanding dengan Sapa di Vietnam. Namun Anda tidak perlu melakukan hiking yang melelahkan di tempat ini.

Untuk menikmati sensasi penuh menikmati pemandangan pohon sakura, Anda bisa mengikuti serangkaian festival Doi Mae Salong Tea & Sakura yang berlangsung mulai tanggal 28 Desember 2017 - 2 Januari 2018. Anda dijamin akan melihat pemandangan gunung yang penuh dengan hamparan bunga sakura yang bermekaran.  

Selain melihat sakura yang bermekaran, Anda juga bisa melihat proses produksi teh oolong Doi Mae Salong yang merupakan the oolong terbaik di dunia.

Alamat : Mae Salong Nok, Mae Fa Luang 57110, Thailand

Sakura di Doi Mae Salong, Thailand 123RF.com Sakura di Doi Mae Salong, Thailand
10. Taman Nasional Khun Sathan

Tempat ini menjadi tempat terbaik untuk menikmati bunga sakura di Thailand. Di Taman Nasional Khun Sathan, bunga sakura berkembang dengan baik karena ketinggian yang pas dan sumber airnya yang berlimpah.

Tak ketinggalan, tempat ini juga menghadirkan wisata goa bernama Goa Pha Nang Khoi yang menghadirkan keindahan stalagmit dan stalaktit ditemani arus air di dalam gua sepanjang 1,8 kilometer.

Alamat : Na Noi 55150, Thailand

Sakura di Taman Nasional Khun Sathancommons.wikimedia.org Sakura di Taman Nasional Khun Sathan

PenulisWIENDA PUTRI NOVIANTY
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM