6 Tips agar Liburan Tetap Seru saat Musim Hujan - Kompas.com

6 Tips agar Liburan Tetap Seru saat Musim Hujan

WIENDA PUTRI NOVIANTY
Kompas.com - 13/11/2017, 13:55 WIB
Pemandangan gedung bertingkat dengan gumpalan awan hitam yang menggelayut diatas langit Kota Jakarta terlihat dari Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, Rabu (8/11/2017). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menghimbau kepada masyarakat agar mewaspadai cuaca buruk berupa hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang berpotensi melanda sebagian wilayah di Jabodetabek. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGKOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Pemandangan gedung bertingkat dengan gumpalan awan hitam yang menggelayut diatas langit Kota Jakarta terlihat dari Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, Rabu (8/11/2017). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menghimbau kepada masyarakat agar mewaspadai cuaca buruk berupa hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang berpotensi melanda sebagian wilayah di Jabodetabek. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG

JAKARTA,KOMPAS.comMusim hujan telah tiba. Namun, musim hujan bukanlah halangan untuk Anda berwisata.

Nah, tentunya perlu persiapan ekstra supaya tetap seru saat berwisata di musim hujan. Berikut KompasTravel himpun beberapa kiat untuk Anda yang ingin tetap berwisata saat musim penghujan.

1. Cek Perkiraan Cuaca

Ada baiknya Anda mengecek perkiraan cuaca paling tidak sehari sebelum Anda berwisata. Selain bisa melakukan persiapan yang tepat, Anda juga bisa merencanakan tempat wisata yang tepat.

Anda bisa mengecek prakiraan cuaca di website resmi BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) ataupun perkiraan cuaca.

ilustrasi hujanshutterstock ilustrasi hujan
2. Selalu sedia payung dan jas hujan

Seperti kata peribahasa “Sedia payung sebelum hujan”, tidak ada salahnya jika Anda berjaga-jaga sebelum musibah datang. Ada baiknya jika Anda selalu sedia payung di tas Anda sebelum hujan melanda.

Selain bisa dipakai untuk mencegah kehujanan, payung juga bisa dipakai untuk mencegah sinar matahari yang menyengat ke kulit Anda saat panas terik menghadang. Anda juga bisa membawa jas hujan sebagai alternatif pengganti payung.

Pemancing lokal bergegas balik setelah hujan deras melanda di sekitar Pantai Petanahan yang terletak di Desa Karanggadung, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Senin (16/10/2017). Pantai Petanahan adalah salah satu obyek wisata pantai di Kebumen yang biasa dikunjungi wisatawan. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGKOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Pemancing lokal bergegas balik setelah hujan deras melanda di sekitar Pantai Petanahan yang terletak di Desa Karanggadung, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Senin (16/10/2017). Pantai Petanahan adalah salah satu obyek wisata pantai di Kebumen yang biasa dikunjungi wisatawan. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG
3. Perhatikan kostum

Pada musim hujan, suhu cenderung akan lebih dingin. Persiapkan pakaian yang dapat membuat hangat seperti jaket tebal ataupun sweater.

Persiapkan juga baju ganti sebagai alternatif jika Anda kehujanan. Ada baiknya jika Anda selalu sediakan sandal karena pemakaian sandal sangat disarankan di musim hujan.

Yang terpenting jangan lupa sediakan kantong plastik di tas Anda untuk menampung semua baju-baju basah Anda.

Pengunjung memotret salah satu lukisan dalam pameran bertajuk ART TURNS. WORLD TURNS. di Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN), Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Sabtu (4/11/2017). Pameran ini menampilkan 90 karya seni dari 800 koleksi Haryanto Adikoesomo mulai dari seni rupa modern Indonesia hingga seni modern dan kontemporer dari seluruh dunia. Pameran terbuka untuk umum pada 4 November 2017 hingga 18 Maret 2018. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGKOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Pengunjung memotret salah satu lukisan dalam pameran bertajuk ART TURNS. WORLD TURNS. di Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN), Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Sabtu (4/11/2017). Pameran ini menampilkan 90 karya seni dari 800 koleksi Haryanto Adikoesomo mulai dari seni rupa modern Indonesia hingga seni modern dan kontemporer dari seluruh dunia. Pameran terbuka untuk umum pada 4 November 2017 hingga 18 Maret 2018. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG
4. Mencari destinasi indoor sebagai alternatif

Destinasi berlibur ke pulau ataupun ke gunung bisa Anda pertimbangkan kembali jika sudah memasuki musim penghujan. Trek perjalanan yang licin saat mendaki dan suasana dingin saat berenang di pantai tentu mengurangi kenikmatan waktu berlibur Anda.

Tak perlu khawatir karena Anda bisa merencanakan kembali liburan Anda ke spot destinasi wisata indoor seperti pusat perbelanjaan, ataupun museum sebagai destinasi alternatif.

Wisata belanja pun juga tak kalah mengasyikan sebagai alternatif destinasi wisata Anda. Anda bisa mampir ke pasar ataupun pusat perbelanjaan sekitar untuk menghabiskan waktu berlibur. 

Mie ayam goreng.Tribun Jogja/Hamim Thohari Mie ayam goreng.
5. Berwisata kuliner penghangat badan

Berwisata kuliner ke restoranan atau gerai-gerai makanan di daerah setempat juga menjadi altenatif yang tepat untuk menghabiskan waktu berlibur Anda. Kuliner berkuah yang panas rasanya menjadi santapan yang pas untuk menemani Anda. Tentu, kuah makanan yang panas bisa menghangatkan tubuh Anda pada musim hujan.

Di setiap daerah tentu menyediakan gerai-gerai hidangan berkuah yang siap mengisi perut Anda saat musim hujan datang. Mulai dari bakso kuah, varian soto sampai minuman-minuman penghangat seperti jahe siap menemani santapan Anda dan tentunya menghangatkan tubuh Anda.

Ilustrasi vitamin CNatchaS Ilustrasi vitamin C
6. Selalu menjaga kondisi

Dengan stamina yang maksimal tentu pejalanan Anda tidak akan terhambat. Minum vitamin sebelum sebelum berwisata bisa menjadi pilihan baik untuk menjaga stamina selama perjalanan.

Mengurangi minuman-minuman dingin juga bisa membantu menjaga stamina Anda. Perbanyak mengkonsumsi air putih serta minuman hangat seperti jahe.

PenulisWIENDA PUTRI NOVIANTY
EditorWahyu Adityo Prodjo
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM