Tak Hanya Patung Hitler, Ada Banyak Hiburan di Museum De Arca - Kompas.com

Tak Hanya Patung Hitler, Ada Banyak Hiburan di Museum De Arca

Silvita Agmasari
Kompas.com - 14/11/2017, 07:05 WIB
Pengunjung berpose dengan patung K.H Abdurrahman Wahid di De Arca Yogyakarta.Dok. De Arca Yogyakarta Pengunjung berpose dengan patung K.H Abdurrahman Wahid di De Arca Yogyakarta.

 

KOMPAS.com - Usai diprotes organisasi kemanusiaan lewat media internasional, De Arca Statue Art Museum di Yogyakarta menyingkirkan patung Adolf Hitler. Padahal tak cuma Hitler, De Arca Statue Art Museum memiliki banyak koleksi patung.

"Ke De MATA - De ARCA, kalian bisa berfoto narsis dengan sensasi yang berbeda dari sebelumnya. Museum ini merupakan wahana wisata foto 3D, 4D, dan 5D. Pengunjung bisa berekspresi sepuasnya untuk berinteraksi dengan obyek gambar," tulis situs resmi De Arca Statue Art Museum dan De Mata Trick Eye Museum.

Baca juga : Patung Hitler di Museum Yogyakarta Tuai Kecaman, Ini Kata Pengelola

De Arca Statue Art Museum, De Mata Trick Eye Museum, dan D'Walik berada di bawah naungan manajemen yang sama. Lokasinya pun sama, yakni di Kompleks XT Square, Jalan Veteran 150-151 Umbulharjo Yogyakarta.

Pengunjung berpose di salahs atu wahana Museum De Mata Yogyakarta.Dok De Mata Yogyakarta Pengunjung berpose di salahs atu wahana Museum De Mata Yogyakarta.

Tahun 2013 De Mata Trick Eye Museum hadir terlebih dahulu, menjadi pelopor bedirinya museum gambar tiga dimensi (3D) di Indonesia. Kini museum ini memiliki koleksi gambar lebih dari 200 gambar 3D. Mulai dari gambar hewan, pemandangan alam, atau aneka ruangan aneh dalam bentuk tiga dimensi.

Baca juga : Bertema Hitler, Restoran dan Kafe Ini Juga Pernah Tuai Protes

Wahana De Mata kemudian ditambah, dengan adanya Area Photo Studio lengkap dengan teknologi green screen. Pengunjung juga dapat berpose dengan aneka kostum daerah dari berbagai negara atau Yogyakarta.

Kemudian di tahun 2014, De Arca Statue Art Museum hadir menampilkan oleksi patung lima dimensi (5D) mulai dari pahlawan nasional, tokoh dunia, superhero, hingga selebriti. Salah satunya patung Adolf Hitler yang kini telah disingkirkan.

Pengunjung berpose di wahana foto Museum De Mata Yogyakarta.Dok. De Mata Yogyakarta Pengunjung berpose di wahana foto Museum De Mata Yogyakarta.

Saat ini De Arca Statue Art Museum memiliki kurang lebih seratus patung yang semuanya dibuat oleh seniman asli Yogyakarta.

Terakhir yang terbaru adalah D'Walik, wahana foto dengan ruang terbalik. Sat ini ada 27 ruang terbalik di D'Walik.

"Museum ini melakukan banyak inovasi bagi dunia pariwisata, khususnya di Kota Yogyakarta. Museum ini layak anda sambangi sebagai tujuan wisata yang fun, atraktif, dan inovatif," tulis situs De Mata Trick Eye Museum.

Museum ini dibuka setiap hari dari pukul 10.00-22.00 WIB dengan harga tiket masuk mulai Rp 30.000 - Rp 50.000 (tergantung hari dan waktu kunjungan).

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

PenulisSilvita Agmasari
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM