Wisatawan Indonesia Peringkat 3 Paling Melek Digital di Dunia - Kompas.com

Wisatawan Indonesia Peringkat 3 Paling Melek Digital di Dunia

Silvita Agmasari
Kompas.com - 14/11/2017, 17:04 WIB
Wisatawan berswafoto di Goa Watu Cermin, Desa Batu Cermin, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur, Selasa (24/10/2017).KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Wisatawan berswafoto di Goa Watu Cermin, Desa Batu Cermin, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur, Selasa (24/10/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Wisatawan Indonesia semakin melek teknologi. Hal ini terbukti lewat hasil survei yang dilakukan oleh platform travel niaga Travelport.

Lewat survei yang dilakukan terhadap 11.000 responden di 19 negara dengan rentang usia 19-55 tahun, disimpulkan bahwa Indonesia berada posisi ketiga wisatawan yang mengandalkan alat digital saat berwisata.

"Sektor pariwisata Indonesia telah mencatat pertumbuhan signifikan 25,68 persen sepanjang tahun ini, melampaui kawasan Asia Pasifik dan pasar negara berkembang lainnya," kata Managing Director Asia Pacific Travelport, Mark Meehan pada acara jumpa pers di Plataran Menteng, Selasa (14/11/2017).

Baca juga : Manfaat Gadget Saat Traveling Bukan Cuma untuk Selfie

Ketergantungan wisatawan Indonesia dengan teknologi dapat dilihat dari empat tahapan perjalanan. Yakni perencanaan, pemesanan, perjalanan, dan ketika sampai di tempat tujuan.

Travelport memaparkan bahwa saat merencanakan perjalanan, 93 persen responden mengandalkan video dan foto dari media sosial sebagai acuan destinasi. Sebanyak 71 persen responden mengandalkan pencarian perjalanan lewat suara. Namun demikian 84 persen masih bertanya dengan konsultan wisata profesional.

Untuk pemesanan, 68 persen wisatawan memesan perjalanan lewat smartphone. Ada 43 persen wisatawan yang merasa frustasi jika harus memesan elemen wisata secara terpisah.

Wisatawan tengah menjajal wifi Jogja Istimewa di Kawasan Malioboro TRIBUN JOGJA/KURNIATUL HIDAYAH Wisatawan tengah menjajal wifi Jogja Istimewa di Kawasan Malioboro

Saat perjalanan berlangsung, 80 persen responden lebih suka menggunakan boarding pass digital. Sebanyak 84 persen responden merasa penting untuk tetap dapat melakukan kontak saat bepergian, dan selama perjalanan itu pula rata-rata wisatawan mengandalkan 19 aplikasi.

Ketika sampai tujuan, 64 persen pejalan bisnis menghargai layanan concierge hotel di smartphone, dan 80 persen responden memilih hotel dengan WiFi gratis.

Baca juga : Tak Lama Lagi Penumpang Domestik Menikmati WiFi dalam Pesawat

Dari jumlah persentase tersebut, Indonesia menduduki peringkat ketiga dari 19 negara dengan wisatawan melek teknologi. India berada di posisi pertama, disusul China pada urutan kedua.

Brasil berada di posisi keempat setelah Indonesia, kemudian disusul oleh Arab Saudi, Meksiko, Afrika Selatan, Uni Emirat Arab, dan Kolombia.

"Ada 264 juta penduduk di Indonesia, dengan 50 persen pengguna internet, 44 persen aktif di media sosial, 141 persen terkoneksi dengan handphone, dan 40 persen pengguna media sosial yang aktif. Tidak heran jika model bisnis (travel) berganti menjadi mobile," kata Meehan.

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

PenulisSilvita Agmasari
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM