"Itinerary" Satu Hari Berkeliling Kota Ambon - Kompas.com

"Itinerary" Satu Hari Berkeliling Kota Ambon

Muhammad Irzal Adiakurnia
Kompas.com - 14/11/2017, 20:12 WIB
Wisatwan ramai mengunjungi salah satu ikon Kota Ambon, yaitu monumen Pahlawan Kristina Marta Tiahahu, Sabtu (11/11/2017).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Wisatwan ramai mengunjungi salah satu ikon Kota Ambon, yaitu monumen Pahlawan Kristina Marta Tiahahu, Sabtu (11/11/2017).

AMBON, KOMPAS.com - Ambon adalah salah satu kota yang terkenal akan pesona wisatanya, terutama bahari. Namun selain Teluk Ambon yang memesona, ada banyak destinasi wisata yang wajib disambangi saat liburan di Kota Ambon.

Jika hanya punya satu hari untuk menjelajah Kota Ambon, berikut 5 destinasi rekomendasi KompasTravel. 

Pemandangan Teluk Ambon dari Resto Wai Lela,  di Jalan IR M. Putuhena,  Ambon. KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Pemandangan Teluk Ambon dari Resto Wai Lela, di Jalan IR M. Putuhena, Ambon.

1. Makan di restoran samping teluk

Jika naik penerbangan pagi dari Jawa, Anda akan tiba di Ambon pada siang hari. Saatnya makan siang. Jangan sia-siakan momen ini, carilah restoran atau tempat makan yang lokasinya di pinggir Teluk Ambon. 

Dari Bandara Pattimura ke arah kota, Anda akan melewati beberapa resto yang menyajikan pemandangan ke arah teluk. Salah satunya ada resto Wai Lela di Jalan IR M Putuhena.

Warga Ambon antusias menyambut diresmikannya Jembatan Merah Putih oleh Presiden RI Joko Widodo pada Selasa (4/4/2016). Tampak dalam gambar aktivitas selfie pada Selasa pagi (5/4/2016).Noorman Wijaksana Warga Ambon antusias menyambut diresmikannya Jembatan Merah Putih oleh Presiden RI Joko Widodo pada Selasa (4/4/2016). Tampak dalam gambar aktivitas selfie pada Selasa pagi (5/4/2016).

2. Jembatan Merah Putih

Jembatan Merah Putih menjadi ikon pariwisata baru Kota Ambon. Jembatan terpanjang di Indonesia bagian timur ini menyambungkan bagian Ambon utara dan selatan.

Dari jembatan, Anda akan disuguhkan panorama teluk yang istimewa. Birunya teluk dengan lalu-lalang kapal begitu menyejukkan mata. Saat matahari terbenam, pemandangan dari sini berganti menjadi kilauan lampu-lampu Kota Ambon.

Salah satu ikon Kota Ambon, monumen pahlawan Kristina Martha Tiahahu. KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Salah satu ikon Kota Ambon, monumen pahlawan Kristina Martha Tiahahu.

3. Patung Christina Marta Tiahahu

Kisah heroik salah satu pahlawan wanita muda terbaik dari Maluku diabadikan dalam sebuah patung di atas bukit. Tepatnya di daerah Karang Panjang, bersebelahan dengan Kantor DPRD Maluku.

Menuju Karang Panjang dari Kota Ambon, Anda akan melewati jalan menanjak dan beberapa tikungan tajam.

Dari lokasi Patung Martha Christina Tiahahu, kita bisa melihat pemandangan Kota Ambon. Lokasi ini biasa dijadikan tempat alternatif untuk menikmati suasana santai, terutama para muda-mudi yang ingin menikmati pemandangan Kota Ambon.

Gong perdamaian sebagai pengingat sebuah deklarasi damai antar suku beragama di Ambon. KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Gong perdamaian sebagai pengingat sebuah deklarasi damai antar suku beragama di Ambon.

4. Tugu Perdamaian dan Galeri Ambon

Salah satu bukti sejarah perubahan Ambon dari masa lampau ialah Monumen Gong. Gong ini merupakan Gong Perdamaian ke-35 di dunia.

Di bawah gong ini juga sedang dibangun museum, lebih tepat disebut galeri Ambon tempo dulu. Galeri ini memamerkan puluhan foto jejak masa lalu Ambon hingga kini.

Gong Perdamaian Dunia berada di Taman Pelita, pusat Kota Ambon, menempati sebuah taman yang asri dan terbuka untuk umum. Taman ini selalu dikunjungi para pelancong atau masyarakat Ambon pada akhir pekan. Untuk bisa masuk ke wilayah gong ini, Anda cukup membeli tiket sekitar Rp 5.000.

Tugu Pattimura di pusat kota Ambon, tepatnya di dalam kawasan Lapangan Merdeka, Kota Ambon. KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Tugu Pattimura di pusat kota Ambon, tepatnya di dalam kawasan Lapangan Merdeka, Kota Ambon.

5. Patung Pattimura di Lapangan Merdeka

Satu lagi pahlawan Maluku yang amat berjasa dan tersohor karena meruntuhkan salah satu benteng terbesar Belanda ialah Kapitan Pattimura. Perawakannya jelas tercermin dalah patung besar yang berada di Lapangan Merdeka.

Lapangan ini juga berfungsi sebagai alun-alun. Banyak ragam kegiatan yang dilakukan masyarakat di sini, seperti lari, voli, basket, hingga sepak bola, dan permainan anak-anak.

Kalah satu kedai di kawasan Jalan Said Perintah, Kota Ambon yang jadi tempat kumpulan kedai kopi di Ambon. KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Kalah satu kedai di kawasan Jalan Said Perintah, Kota Ambon yang jadi tempat kumpulan kedai kopi di Ambon.

6. Kedai kopi

Lelah berkeliling Kota Ambon, saatnya menikmati sore dengan segelas kopi racikan khas Ambon. Di Jalan Said Perintah, terdapat deretan kafe atau toko kopi yang siap menyuguhkan racikan kopi terbaik dari Ambon.

Di sini racikan kopi Ambon dijual mulai Rp 10.000 hingga sekitar Rp 20.000. Kopi di Ambon diracik menggunakan rempah seperti kenari dan madu.

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisMuhammad Irzal Adiakurnia
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM