Berwisata Asyik di Karimunjawa... - Kompas.com

Berwisata Asyik di Karimunjawa...

Kontributor Semarang, Nazar Nurdin
Kompas.com - 15/11/2017, 08:06 WIB
Para wisatawan sedang menikmati Laut Karimunjawa dengan melakukan snorkeling saat mengikuti paket wisata Lets Go Karimun Jawa dari PT Pelni ke Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah, Sabtu (18/7/2015). Snorkeling adalah salah satu atraksi yang dapat dilakukan oleh wisatawan saat berkunjung ke Karimunjawa.KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Para wisatawan sedang menikmati Laut Karimunjawa dengan melakukan snorkeling saat mengikuti paket wisata Lets Go Karimun Jawa dari PT Pelni ke Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah, Sabtu (18/7/2015). Snorkeling adalah salah satu atraksi yang dapat dilakukan oleh wisatawan saat berkunjung ke Karimunjawa.

JEPARA, KOMPAS.com - Akses untuk menikmati keindahan pulau "surga" Karimunjawa, Jawa Tengah kini semakin mudah. Selain melalui Dermaga Pantai Kartini di Kabupaten Jepara, wisatawan juga dapat berkunjung lewat Kota Semarang via Pelabuhan Kendal.

KompasTravel berkesempatan menikmati layanan kemudahan transportasi itu ketika berangkat menggunakan kapal cepat Ekspres Bahari, awal bulan November 2017.

Hanya butuh waktu selama 2 jam untuk sampai ke pulau terindah di Jawa Tengah itu. Perjalanan pagi itu diputuskan melalui Pelabuhan Kartini Jepara.

(Baca juga : Tawarkan Karimunjawa, Jateng Bidik Turis China)

Untuk dapat akses Pelabuhan Kartini, baik dari Kota Semarang atau Jepara tinggal menuju arah ke Dermaga. Dari Semarang ke Jepara butuh waktu sekitar 2 jam. Anda tak perlu khawatir, karena tanda penunjuk arah sudah cukup untuk sampai ke Pelabuhan Kartini.

Sebelum naik kapal, jadwal kapal cepat itu perlu diingat betul karena kapal tidak berlayar setiap hari. Dari Pelabuhan Kartini, pelayaran dibuka pada Senin, Selasa, Jumat dan Sabtu. Jam keberangkatan rata-rata pukul 09.00 dan 10.00 WIB setiap harinya.

jalan di Karimunjawa kini lebar dan mulus. Foto diambil awal November 2017Kompascom/Nazar Nurdin jalan di Karimunjawa kini lebar dan mulus. Foto diambil awal November 2017
Sebelum berlayar, petugas juga akan memeriksa tiket sesuai dengan identitasnya. Anda wajib menunjukkan identitas pengenal baik KTP, SIM ataupun paspor.

(Baca juga : 5 Spot Diving Favorit di Karimunjawa)

Sementara kepulangannya dari Dermaga Karimunjawa disediakan pada Senin, Rabu, Sabtu, dan Minggu. Kepulangan rata-rata pada pukul 07.00 WIB dan 11.00 WIB.

Hal yang sama juga berlaku dari Pelabuhan Kendal ke Karimunjawa. Jadwal keberangkatan perlu dicermati karena kapal tak berlayar tiap hari.

Pelayaran via Semarang juga sebetulnya tersedia melalui Kapal Pelni. Namun jadwal kapal jumbo tidak ada setiap pekannya.

Tiket untuk berlayar melalui kapal cepat juga relatif terjangkau, yaitu Rp 150.000 untuk sekali keberangkatan. Fasilitas yang ada di kapal juga lumayan lengkap.

Jalan di Karimunjawa kini lebar dan mulus. Foto diambil awal November 2017.KOMPAS.com/NAZAR NURDIN Jalan di Karimunjawa kini lebar dan mulus. Foto diambil awal November 2017.
Ombak di lautan pun tak terlalu terasa melalui jika naik kapal cepat itu. Anda pun bisa terlelap sejenak dengan hiburan menonton film yang disediakan di kapal itu.

Pukul 11.00 WIB, kapal tiba di Dermaga Karimunjawa dengan cuaca yang amat bersahabat. Mobil dan motor terparkir rapi di depan dermaga yang menawarkan jasa menghantarkan wisatawan. Beberapa motor juga terlihat disewakan kepada wisatawan baik asing maupun domestik.

Harga sewa motor bervariasi antara Rp 50.000 hingga Rp 75.000 tiap hari. Melalui motor sewa, Anda dapat berkeliling pulau Karimunjawa sesuka hati. Akses bahan bakar juga tersedia penuh di pulau ini berkat kebijakan BBM Satu Harga.

Beragam hotel dan penginapan baik dengan harga murah hingga menengah tersedia di pulau itu. Beberapa rumah warga juga banyak yang dijadikan homestay.

Berapa agen wisata pun menawarkan paket wisata mulai dua hari satu malam, hingga empat hari tiga malam. Anda tinggal memilih sesuai dengan budjet yang Anda miliki.

Para wisatawan menikmati momen-momen matahari terbenam setelah snorkeling di Laut Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah, Sabtu (18/7/2015). PT Pelni menawarkan pilihan wisata bahari seperti ke Karimunjawa menggunakan kapal feri.KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Para wisatawan menikmati momen-momen matahari terbenam setelah snorkeling di Laut Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah, Sabtu (18/7/2015). PT Pelni menawarkan pilihan wisata bahari seperti ke Karimunjawa menggunakan kapal feri.
Di Pulau Karimunjawa, Anda bisa menikmati keindahan alam yang masih asri di sana. Ada paket wisata snorkeling dengan keindahan terumbu karangnya, memberi makan ikan Nemo, berenang bareng hiu, menikmati sunset di Pulau Menjangan, trekking mangrove, hingga menikmati keindahan bukit Love yang melegenda.

Suasana di Karimunjawa juga seperti Bali, sudah sangat bersahabat dengan wisatawan. Jika belum ke Karimunjawa, cobalah dan nikmati keindahannya.

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

PenulisKontributor Semarang, Nazar Nurdin
EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM