21 Artis Enterpreneur Co-Branding Wonderful Indonesia - Kompas.com

21 Artis Enterpreneur Co-Branding Wonderful Indonesia

Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja
Kompas.com - 15/11/2017, 11:02 WIB
Kementerian Pariwisata dan 21 Artis Enterpreneur melakukan Co-Branding Wonderful Indonesia di Gedung Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (14/11/2017). KOMPAS.COM/ANGGITA MUSLIMAH Kementerian Pariwisata dan 21 Artis Enterpreneur melakukan Co-Branding Wonderful Indonesia di Gedung Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (14/11/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata bersama 21 artis yang juga pengusaha melakukan co-branding Wonderful Indonesia. Rata-rata artis tersebut memiliki usaha menjual oleh-oleh kue dari setiap destinasi di Indonesia.

"Ada 21 artis terdiri dari 23 brand. Kita memiliki kesamaan di bisnis culture industry, teman-teman artis juga di sana. Umumnya dari mereka ini 90 persennya bisnis oleh-oleh dari setiap destinasi wisata," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya di Gedung Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (14/11/2017).

(Baca juga : Ini Dia 24 Oleh-oleh Kekinian Milik Artis di Berbagai Kota)

Ia menjelaskan, untuk dapat bekerja sama dengan para artis pengusaha ini tidak ada biaya secara khusus. Sehingga kesepakatan yang telah dilakukan antar kedua belah pihak tidak mengeluarkan biaya.

Kemudian, co-branding tersebut dilakukan dengan artis entrepreneur sebagai endorser bersama-sama mengembangkan kerja sama promosi melalui media jaringan yang dimiliki oleh para endorser dan platform yang sudah biasa digunakan oleh Kemenpar.

(Baca juga : Roti Bluder Cokro Madiun, Diburu Anak Presiden hingga Artis)

"Jadi nanti ada logo Wonderful Indonesia atau Pesona Indonesia sebagai official partner. Kita juga akan promosikan (brand milik artis) di media milik Kemenpar. Lalu kita bisa bawa produk di event yang sedang disiapkan Kemenpar," kata Arief.

Pelaksanaan Co-Branding Wonderful Indonesia ini sebagai kelanjutan dari program co-branding partnership Wonderful Indonesia Co-branding Forum (WICF) yang telah menggandeng brand kenamaan Indonesia di dalam dan luar negeri pada saat peluncuran WICF pada Agustus 2017.

Artis entrepreneur yang melakukan co-branding Wonderful Indonesia diantaranya, Rossa, Henki Kurniawan, Dewi Sandra, Shireen Sungkar, Dhini Aminarti dan Dimas Seto, Dude Herlino, juga Baim Wong.

Kementerian Pariwisata dan 21 Artis Enterpreneur melakukan Co-Branding Wonderful Indonesia di Gedung Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (14/11/2017). KOMPAS.COM/ANGGITA MUSLIMAH Kementerian Pariwisata dan 21 Artis Enterpreneur melakukan Co-Branding Wonderful Indonesia di Gedung Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (14/11/2017).
Kemudian Irfan Hakim dan Omesh, Ria Ricis, Oki Setiana Dewi, Prilly Latuconsina, Denny Cagur, Fitri Carlina, Gracia Indri, Indra Bekti, Irwansyah, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Ivan Gunawan, Cathy Sharon, Andika Pratama dan Ussy.

Arief mengatakan, co-branding tersebut akan dilakukan hingga tahun 2018. Setelah itu akan dilakukan evaluasi.

"Saya tahu ini berisiko kalau produknya tidak bagus. Kasihan nama Wonderful Indonesia. Ada promosi dan degradasi, di akhir tahun 2018 kita lakukan evaluasi, dirangking siapa yang terbaik," kata Arief.

Sementara itu, di tahun 2016, menurut referensi World Economic Forum (WEF), brand Wonderful Indonesia berada di peringkat 47 dunia atau mengalahkan brand Truly Asia Malaysia berada di peringkat 96 dan brand Amazing Thailand di peringkat 83 dunia.

PenulisAnggita Muslimah Maulidya Prahara Senja
EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM