Jangan Ditiru! Turis Indonesia Beri Minuman Beralkohol pada Hewan di Taman Safari - Kompas.com

Jangan Ditiru! Turis Indonesia Beri Minuman Beralkohol pada Hewan di Taman Safari

Wahyu Adityo Prodjo
Kompas.com - 15/11/2017, 12:21 WIB
ILUSTRASI - Pengunjung menggunakan bus khusus berpapasan dengan gajah saat melintasi kawasan Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Senin (21/9/2009). Saat libur Lebaran, tempat wisata ini mengalami lonjakan pengunjung yang drastis. Jalur safari untuk melihat langsung hewan liar terlihat padat dibanding hari biasa. KOMPAS IMAGES/FIKRIA HIDAYAT ILUSTRASI - Pengunjung menggunakan bus khusus berpapasan dengan gajah saat melintasi kawasan Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Senin (21/9/2009). Saat libur Lebaran, tempat wisata ini mengalami lonjakan pengunjung yang drastis. Jalur safari untuk melihat langsung hewan liar terlihat padat dibanding hari biasa.

JAKARTA, KOMPAS.com — Kelakuan buruk turis Indonesia kembali viral. Kali ini, sekelompok anak muda tampak memberikan minuman beralkohol yang diduga anggur merah kepada hewan di Taman Safari Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Hal itu mereka lakukan saat Safari Journeymenyusuri Taman Safari naik kendaraan pribadi. Tak ayal, video yang viral tersebut menuai banyak kecaman.

Pemberian minuman beralkohol itu diabadikan akun Instagram @alyccaaa dan @philipbiondi, kemudian diunggah ulang akun @makrumpi dan @doniherdaru pada Selasa (14/11/2017) malam.

Baca juga: Mengenal Cai Tao dan Hu Chun, Sepasang Panda Penghuni Taman Safari

Video tersebut memperlihatkan dua turis, yaitu laki-laki dan perempuan, yang memberikan minuman yang diduga beralkohol kepada kuda nil dan rusa. Laki-laki berkacamata hitam itu terlihat meminum anggur merah, lalu menyemprotkannya ke kuda nil.

"Yeahhh. Jackpot!" teriak laki-laki itu sambil tertawa, diikuti juga oleh perempuan di sebelahnya.

Dalam video instastory Instagram tersebut diberikan tambahan teks "Jackpot". Dalam video juga diberikan penanda lokasi Taman Safari Indonesia.

Kemudian, seorang perempuan juga ikut memberikan anggur merah ke hewan rusa. Ia terlihat juga memberikan wortel ke hewan rusa.

"Mau gak.... Mau minum gak," kata perempuan itu.

"Kasih anggur merah, kasih anggur merah, kasih anggur merah," timpal laki-laki di sebelahnya.

Baca juga: Serunya Menengok Panda, Hewan Menggemaskan di Taman Safari

Video tersebut menuai kecaman keras dari warganet. Akun @doniherdaru selaku pengunggah video tersebut menulis dalam keterangan video yang diunggahnya dan memberikan tagar #stopbegok #alaymaximal.

"Dua perilaku mereka sangat mungkin dijadikan pembelajaran keras buat mereka. Mereka yang bersenang-senang dengan melakukan hal yang sangat tak patut dan dapat diancam pidana. Lo mau kelihatan keren? Silakan. Tp gak usah belaga seperti ini. Tindakan ini gak bikin lo jadi keren, atau lucu. Malah bikin kaya ampas limbah tak terurai aerob anaerob. Hih," tulis @doniherdaru.

Warganet lain dalam kolom komentarnya turut memberikan kecaman.

"Kampungan! Baru sekali ke Taman Safari sih jadinya norak," tulis akun @melzaocta.

"Tolong pengawasan masuk ke Taman Safari diperketat. Dicek semuanya. Kalau dipikir-pikir sangat mudah ya bikin binantang keracunan. Sudah ada contoh si bodoh ini @alyccaaa yang masukin alkohol ke binantang. Tolong diproses secepatnya! @taman_safari," tulis akun @azaleaanida.

Kereta wisata yang melewati zona herbivora saat safari malam.KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Kereta wisata yang melewati zona herbivora saat safari malam.

Public Relation Taman Safari Indonesia, Yulius Suprihardo, membenarkan adanya video pemberian minuman yang diduga beralkohol tersebut. Ia mengatakan, peristiwa tersebut terjadi di area kuda nil dan rusa Taman Safari Indonesia.

Baca juga: Presiden Jokowi Bakal Resmikan Rumah Panda di Taman Safari

"Taman Safari Indonesia Bogor berterima kasih kepada rekan-rekan netizen yang telah menginformasikan hal ini kepada kami. Terima kasih atas kepedulian dan dukungan rekan-rekan sekalian terhadap keamanan serta kesejahteraan satwa kami. Pemimpin dan seluruh staf Taman Safari Indonesia sangat menyayangkan dan kecewa atas tindakan yang telah dilakukan oleh pihak yang bersangkutan. Kejadian ini akan kami cermat dan diproses lebih lanjut secara hukum," kata Yulius dalam keterangan resmi kepada KompasTravel, Rabu (15/11/2017).

Safari Journey adalah salah satu atraksi wisata yang bisa dilakukan turis di Taman Safari Indonesia, Jawa Barat. Dalam Safari Journey, turis bisa berkeliling area Taman Safari naik mobil dan melihat aneka hewan serta memberikan makanan.

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

PenulisWahyu Adityo Prodjo
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM