Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajib Coba! Gurihnya Papeda Ikan Kuah Kuning Ambon yang Buat Penasaran

Kompas.com - 16/11/2017, 06:25 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Jika bertanya makanan apa yang pertama kali dan wajib dicoba saat berkunjung ke Maluku, jawabannya ialah papeda ikan kuah kuning.

Hidangan ini begitu khas, hingga seringkali digunakan untuk menyambut tamu wisatawan oleh para travel agent di Ambon, Provinsi Maluku.

"Wajib harus coba, biasanya kita kasih santap pertama sesampainya di Ambon," ujar Olnes, salah satu pemandu wisata pada KompasTravel saat kunjungan Cultural and Culinary Trip, PT JAS Airport Service beberapa waktu lalu.

Semerbak wangi jeruk, rempah, dan belimbing wuluh menyapa salah satu dapur resto di Ambon saat KompasTravel berkunjung.

Terlihat, papeda dalam mangkuk besar digulung menggunakan sepasang garpu panjang dari bambu dan dituang ke dalam piring.

Dalam piring tersaji papeda kenyal yang direndam dengan gurihnya kuah kuning dan segarnya ikan kakap. Pemandangan itu tentu membuat siapapun yang melihatnya akan penasaran.

Papeda yang dihidangkan bersama ikan kuah kuning, di resto Dua Ikan, Ambon, Maluku. KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Papeda yang dihidangkan bersama ikan kuah kuning, di resto Dua Ikan, Ambon, Maluku.
Sepintas kuah kuning di sini terlihat sama dengan kuah ikan asam atau pindang serani. Yang membuat tampilannya berbeda adalah butiran biji-biji kenari yang mengambang.

Anda akan merasakan sensasi yang unik setelah mencecap papeda kuah kuning. Papeda meluncur mulus di tenggorokan, dengan sesekali gurihnya ikan kakap yang padat dan lembut yang mampir.

Selain kenari, kuah kuning ini menggunakan beragam rempah mulai bawang putih, bawang merah, kunyit, daun jeruk, ketumbar dan banyak lagi lainnya.

"Sulitnya itu menjaga ikan agar tidak hancur saat dimasak lama, tapi bumbu harus meresap sempurna. Mangkanya pake jenis ikan kakap," ujar Lina, salah satu juru masak di Resto Sari Rasa, saat berbincang dengan KompasTravel, Senin lalu.

Hidangan ini cukup mudah ditemui di beberapa resto yang menyajikan hidangan laut khas Maluku. Anda bisa datang ke RM. Dua Ikan di Jalan Wolter Monginsidi No 1, Lateri, Baguala, juga Resto Sari Rasa Jalan Anthony Rebok, Sirimau, Kota Ambon, Maluku.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com