Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asyik! Jalan-jalan Gratis di Banyuwangi, dari Jawatan hingga Grajagan

Kompas.com - 16/11/2017, 12:41 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Jika anda berwisata ke Banyuwangi, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan program "jalan-jalan gratis" yang digagas Pemkab Banyuwangi sejak Agustus 2017. Tinggal daftar online, datang sesuai jadwal, duduk di atas kendaraan lalu diantar ke tempat pilihan.

Kompas.com berkesempatan ikut program tersebut pada Rabu (8/11/2017). Pilihannya tempat wisata yang ada di wilayah Banyuwangi Selatan yaitu Jawatan, Pantai Bedul dan Pantai Grajagan.

(Baca juga : Serunya Menyeberang dari Banyuwangi ke Pulau Menjangan Bali)

Untuk mendaftar cukup secara online di https://banyuwangitourism.com/jalanjalan/index.php/Jadwal/index. Tinggal mengisi daftar dan menyertakan email dan nomer KTP sebagai identitas.

Tidak menunggu lama akan ada email verivikasi. Jika kita menyetujui maka nama kita akan terlampir di pendaftar yang diterima, termasuk pemberitahuan titik kumpul keberangkatan.

(Baca juga : Mampir ke Banyuwangi, Wajib Cicipi 5 Kuliner Ini)

Anggita, petugas Dinas Pehubungan kepada Kompas.com, Rabu (8/11/2017) mengatakan sejak berjalan Agustus 2017 lalu, jalan-jalan gratis banyak sekali diminati oleh wisatawan bahkan hingga Desember khusus jadwal akhir pekan kuota peserta sudah kosong.

Rumah Apung Bunder Bangsring Underwater, salah satu destinasi wisata baru di Banyuwangi, Jawa Timur.KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Rumah Apung Bunder Bangsring Underwater, salah satu destinasi wisata baru di Banyuwangi, Jawa Timur.
"Hingga akhir Oktober yang terbanyak adalah ke Pulau Merah yaitu 427 orang, ke Bangsring Underwater 111 wisatawan, City Tour ada 16 orang dan ke Kawah Ijen 81 orang. Untuk ke Pantai Grajagan sendiri adalah rute yang baru dibuka bulan ini," kata Anggita.

(Baca juga : Menpar: Gunung Ijen Lebih Dikenal Dibandingkan Banyuwangi)

Untuk kendaraan yang digunakan juga menyesuaikan dengan lokasi tujuan wisata. Seperti ke Pulau Merah menggunakan bus karena kuota peserta cukup banyak sedangkan ke Gunung Ijen hanya lima orang karena menggunakan kendaraan jeep.

Sedangkan yang lain menggunakan mobil berkapasitas 11 orang. Total ada lima armada yang dioperasikan untuk program jalan jalan gratis Pemkab Banyuwangi ini.

Anggita menjelaskan tempat wisata yang dikunjungi bukan hanya satu, tapi ada beberapa tempat yang berada di jalur yang sama.

Ia mencontohkan Bangsring Underwater, maka akan berhenti juga di Grand Watu Dodol dan juga Waduk Bajulmati yang berada di Banyuwangi sebelah utara. "Untuk kendaraan gratis tapi akomodasi seperti tiket masuk dan lain-lain ditanggung oleh wisatawan," katanya.

Wisatawan melewati jembatan kayu di Bedul Banyuwangi, Rabu (8/11/2017).KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Wisatawan melewati jembatan kayu di Bedul Banyuwangi, Rabu (8/11/2017).
Selain Kompas.com, ada 7 wisatawan lainnya yang ikut program jalan-jalan gratis menuju Pantai Grajagan, Rabu (8/1/2017).

Rombongan kami berangkat dari titik kumpul yaitu Terminal Karangante sekitar pukul 08.00 WIB. Tujuan pertama kami ada Jawatan, hutan pohon Trembesi yang berada di Kecamatan Cluring Banyuwangi.

Yanto (54), sopir angkutan gratis kepada Kompas.com menjelaskan bahwa rute yang akan dilewati masih baru baginya. Biasanya dia membawa wisatawan untuk rute city tour dan Bangsring Underwater.

"Setiap rute hampir selalu penuh penumpang. Kalaupun ada yang kosong tidak sampai separuhnya," kata laki-laki yang sudah belasan tahun menjadi sopir travel ini.

Tidak sampai satu jam perjalanan, kita telah sampai di hutan Jawatan. Yanto mengingatkan kepada penumpangnya jika ada waktu satu jam untuk menikmati hutan Jawatan yang sejuk dan rindang. Untuk masuk ke Jawatan, pengunjung cukup membayar Rp 2.000 per orang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com