Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada 12 Olahan Jengkol di Festival Ini, Jangan Sampai Kehabisan!

Kompas.com - 17/11/2017, 15:41 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggemar jengkol tentu tak boleh kelewatan acara yang satu ini. Ada acara bernama Festival Jengkol Indonesia yang diselenggarakan di Bellanova Country Mall, Sentul, Bogor, Jawa Barat mulai hari ini Jumat (17/11) hingga Minggu (19/11).

Pencetus Festival Jengkol Indonesia, Dwi Kartika mengatakan pengunjung festival bisa menemukan berbagai aneka olahan jengkol. Pengunjung yang menyukai atau baru ingin mencoba jengkol bisa menemukan olahan jengkol mulai dari bentuk camilan hingga makanan berat.

"Jadi pengunjung bisa menemukan menu-menu unik dari jengkol. Di mana-mana cuma ketemu semur jengkol, balado jengkol. Nah, di Festival Jengkol bisa ketemu spaghetti jengkol, steak jengkol, olahan kue cookies jengkol, dan lain-lain," kata Dwi saat dihubungi KompasTravel, Kamis malam.

(Baca juga : Mencicipi Gurihnya Nasi Uduk Semur Jengkol Bang Udin Sejak 1986)

Secangkir kopi jengkol yang tersaji di warung makan Republik Jengkol cabang pertama di bilangan Jalan Raya Bogor KM 24 No 27 tepat di samping pool taxi Blue Bird, Jakarta Timur, Selasa (4/4/2017). Kopi jengkol disajikan dengan cangkir kecil dengan harga Rp 10.000.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Secangkir kopi jengkol yang tersaji di warung makan Republik Jengkol cabang pertama di bilangan Jalan Raya Bogor KM 24 No 27 tepat di samping pool taxi Blue Bird, Jakarta Timur, Selasa (4/4/2017). Kopi jengkol disajikan dengan cangkir kecil dengan harga Rp 10.000.
Ia mengatakan ada 12 hidangan olahan yang terbuat dari jengkol. Adapun secara lengkap produk olahan jengkol yang ada di Festival Jengkol Indonesia adalah steak jengkol, burger jengkol, siomay jengkol, bakpao jengkol, batagor jengkol, pasta jengkol, spaghetti jengkol, sate jengkol, jengkol crispy, nasi rendang jengkol, nasi semur jengkol, dan nasi balado jengkol.

"Ada juga lomba masak itu memasak olahan jengkol jadi produk unik. Penilaiannya kreativitasnya olahan jengkol," jelasnya.

Pengunjung bisa menikmati berbagai olahan jengkol pada acara Festival Jengkol Indonesia di tempat maupun dibawa pulang. Penyelenggara acara menyediakan bangku dan meja untuk pengunjung makan di tempat.

(Baca juga : Kopi Campur Jengkol, Bagaimana Rasanya?)

Jengkol goreng pertamak.KOMPAS/MOHAMMAD HILMI FAIQ Jengkol goreng pertamak.
"Masing-masing hidangan tersedia 300-500 porsi. Sekitar, 1.000 porsi lah untuk tiga hari. Harganya mulai dari Rp 12.000 - Rp 24.000. Di sana juga foodcourt lain juga tetep bisa menikmati yang lain makanan lain bila tak suka jengkol," ujarnya.

Menurutnya, acara Festival Jengkol Indonesia berawal dari pihak Bellanova yang menghubungi untuk bekerjasama dengan pihaknya selaku kafe yang menyediakan olahan jengkol. Acara Festival Jengkol Indonesia, lanjutnya, adalah acara yang kali pertama diselenggarakan.

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

"Pada dasarnya kan sesuatu yang beda dengan yang lain buat orang lebih penasaran. Jengkol di sini banyak yang pencinta jengkol. Justru yang datang makan jengkol itu orang yang keren-keren. Jengkol itu jadi kuliner yang unik," kata Dwi.

(Baca juga : Pemberontakan di Republik Jengkol)

Untuk datang ke Festival Jengkol Indonesia, pengunjung tak dikenakan biaya. Festival Jengkol Indonesia berlangsung mulai pukul 10.00 - 21.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com