Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Pesiar Bawa Turis Eropa Sandar di Pelabuhan Belawan

Kompas.com - 18/11/2017, 08:14 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis


MEDAN, KOMPAS.com - Kapal pesiar berbendera Perancis MVL Austral bersandar di Terminal Penumpang Bandardeli, Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara. Kapal pesiar ini menjadi kapal pesiar kedua yang bersandar di Pelabuhan Belawan pada 2017 ini. Sebelumnya pada 15 Maret 2017 Kapal Pesiar MV Silver Discovery bersandar di Belawan.

Kapal pesiar asal Pelabuhan Mergui, Myanmar ini membawa 212 wisatawan mancanegara (wisman) dari Eropa. Mereka melakukan kunjungan ke obyek-obyek wisata di Sumatera Utara seperti pusat penelitan Orangutan Sumatera di Bukit Lawang dan Danau Toba.

(Baca juga : Aktivitas yang Digemari Turis Indonesia saat Berwisata Kapal Pesiar)

ACS Humas Pelindo 1 Fiona Sari Utami mengatakan, Pelindo 1 sudah menyediakan fasilitas terminal penumpang yang nyaman sesuai komitmen Pelindo 1 dalam melayani pengguna jasa pelabuhan, juga untuk mendukung program pemerintah supaya cruise berkembang di Indonesia.

"Pelabuhan Belawan termasuk lima pelabuhan utama di Indonesia yang bisa disinggahi kapal pesiar selain di Tanjungpriok, Tanjungperak, Benoa, dan Makassar," kata Fiona, Rabu (15/11/2017).

“Potensi kunjungan wisatawan kapal pesiar ke Sumatera Utara khususnya melalui Pelabuhan Belawan cukup tinggi. Pelindo 1 terus melakukan pengembangan pelabuhan berbasis wisata, khususnya di Pelabuhan Belawan karena menjadi pintu masuk wisatawan mancanegara yang akan berlibur ke Sumut yang menggunakan kapal pesiar," katanya.

Wisatawan menikmati Danau Toba di Pantai Pasir Putih Lumban Bulbul, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Jumat (9/6/2017).KOMPAS/NIKSON SINAGA Wisatawan menikmati Danau Toba di Pantai Pasir Putih Lumban Bulbul, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Jumat (9/6/2017).
Para pelancong itu memulai perjalanannya dari Belawan, kemudian ke sejumlah tujuan lainnya di Sumatera Utara. Program pemerintah untuk mengembangkan pariwisata Indonesia, khususnya mendukung Danau Toba sebagai geopark dunia menjadikan Sumut sebagai destinasi wisata yang semakin diminati wisatawan asing.

”Ini peluang yang perlu digarap maksimal karena kunjungan wisatawan akan berdampak terhadap peningkatan sektor pariwisata Sumut. Malam harinya, kapal lepas jangkar menuju Pelabuhan Malahayati Krueng Raya, Aceh Besar,” kata Fiona.

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com