Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/11/2017, 17:22 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

PURWAKARTA, KOMPAS.com - Skylogde atau hotel gantung Padjajaran Anyar di Tebing Parang, Purwakarta, Jawa Barat telah beroperasi terhitung mulai 28 Oktober 2017. Hotel gantung yang diklaim tertinggi di dunia ini sudah bisa dipesan untuk wisatawan.

Dhani Daelami selaku salah satu penggagas Skylogde Padjajaran Anyar sekaligus operator via ferrata, Badega Gunung Parang mengatakan saat ini dalam masa soft launching.

(Baca juga : Ada Hotel Gantung, Pemkab Purwakarta Akan Maksimalkan Potensi Wisata Gunung Parang)

Wisatawan, lanjutnya, sudah mulai ada yang menginap dan memesan untuk menginap di Skylogde Padjajaran Anyar.

"Promo Padjajaran Anyar kita kan lewat Instagram, Google. Mereka banyak tanya di Instagram. Sejauh ini baru dua tamu yang menginap," kata Dhany kepada KompasTravel di kaki Tebing Gunung Parang, Purwakarta, Sabtu (18/11/2017) siang.

Bening memanjat tebing Gunung Parang, Purwakarta, menggunakan teknik yang disebut via ferrata atau naik menggunakan tangga baja, Minggu (2/7/2017)KOMPAS.com / FIKRIA HIDAYAT Bening memanjat tebing Gunung Parang, Purwakarta, menggunakan teknik yang disebut via ferrata atau naik menggunakan tangga baja, Minggu (2/7/2017)
Dhany menyebut wisatawan-wisatawan yang sudah pernah menginap berasal dari Jakarta dan Bekasi. Ke depannya, menurutnya, wisatawan dari Bali dan Perancis sudah memesan untuk menginap pada bulan Januari.

"Kami uji coba untuk sisi safety dari Agustus sampai Oktober. Setelah aman, wisatawan yang pertama menginap itu di akhir bulan Oktober," jelasnya.

(Baca juga : Pertama di Asia, Hotel Bergantung Hadir di Gunung Parang Purwakarta)

Sejauh ini, hanya ada satu skylodge alias hotel gantung di dunia yang berlokasi di Peru. Hotel gantung tersebut berada pada dinding tebing dengan ketinggian sekitar 122 meter di atas permukaan tanah.

Pihak pengelola Skylogde Padjajaran Anyar memberikan tarif menginap seharga Rp 4 juta untuk satu malam. Wisatawan bisa mulai check in pukul 12.00 dan check out pukul 14.00.

Skylogde atau hotel bergantung Padjajaran Anyar di Tebing Gunung Parang, Purwakarta, Jawa Barat telah beroperasi sejak 28 Oktober 2017.KOMPAS.COM/RODERICK ADRIAN MOZES Skylogde atau hotel bergantung Padjajaran Anyar di Tebing Gunung Parang, Purwakarta, Jawa Barat telah beroperasi sejak 28 Oktober 2017.
Padjajaran Anyar sendiri berada di ketinggian 400-500 meter dari kaki Tebing Gunung Parang. Dari dalam kamar hotel, wisatawan bisa melihat pemandangan seperti Waduk Jatiluhur, Kota Purwakarta, hingga panorama matahari terbit dan terbenam.

Wisatawan nantinya harus memanjat tebing dengan sistem pemanjatan via ferrata dengan dipandu tim Padjajaran Anyar terlebih dahulu untuk menuju hotel gantung.

Pada titik 500 meter, wisatawan akan berpindah dengan sistem tyrolean menuju kamar hotel gantung.

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com