Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/11/2017, 13:05 WIB
Agie Permadi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Sebagai salah satu "surga" kuliner di Indonesia, Kota Bandung memiliki segudang jajanan dan makanan khas yang dapat menggoyang lidah Anda.

Mie kocok adalah salah satunya. Setiap mie kocok yang disajikan punya rasa dan tentunya harga yang berbeda. Kompas.com mendatangi beberapa tempat mie kocok legendaris di Kota Bandung. Untuk rasa bisa diacungi jempol karena gerai mie ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu, dengan resep turun-temurun.

Berikut beberapa ulasan tempat makan mie kocok legendaris di Kota Bandung.

1. Mie Kocok Persib

Bagi penyuka mie, tak lengkap rasanya jika belum mencoba Mie Kocok Persib. Salah satu mie legendaris di Kota Bandung ini sangat mudah ditemukan, terletak di area parkir Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani no 262, Kota Bandung. Mie Kocok Persib berada tepat di pintu gerbang masuknya.

‎Untuk satu porsi Anda hanya cukup merogoh kocek uang sebesar Rp 23.000. Semangkuk mie kocok berisi mie gepeng, tauge, kikil, serta potongan tulang iga dengan daging dan tulang rawan yang masih menempel, tentunya akan membuat ada ngiler.

"Kalau di sini bedanya di kuah, karena ini juga berdasarkan masukan dari pembeli semua. Untuk penyajiannya juga pakai tulang iga, saya sudah muter-muter, mie kocok yang pakai tulang iga cuman disini," kata pemilik usaha, Kustanto (45).

Mie Kocok Persib, salah satu mie legendaris di Kota Bandung, yang terletak di area parkir Stadion Persib, tepat di pintu gerbang masuk.KOMPAS.com/Agie Permadi Mie Kocok Persib, salah satu mie legendaris di Kota Bandung, yang terletak di area parkir Stadion Persib, tepat di pintu gerbang masuk.

Untuk kuah sendiri diambil dari daging serta tulang yang berisi sum-sum yang direbus selama enam jam dalam panas kurang lebih 80 derajat Celcius. Belasan kilo daging itu nantinya akan mengeluarkan sarinya hingga tercipta kuah yang beraroma.

"Kuahnya diambil dari tulang dan daging‎. Setelah empat jam direbus, bawang daun masuk untuk menghilangkan bau amis tulang," katanya.

Tulang dan daging dalam kuah tersebut tak semuanya diangkat, beberapa dibiarkan untuk menjaga aroma dan rasa dari kuah serta untuk menciptakan daging yang lembut saat dihidangkan dan dinikmati di lidah.

Pada penyajiannya, mie kocok ini dihidangkan dalam keadaan hangat bersama dengan mie gepeng yang bebas formalin, tauge, bahkan iga dan kikil yang diolah sendiri untuk menjaga kualitasnya.

Di bagian atasnya, kustanto menaburkan seledri dan bawang goreng. Tak lupa jeruk nipis ia sajikan di pinggirnya.

"Banyak pelanggan dari luar seperti orang Sulawesi yang minta bungkus banyak, karena kuah mie saya gak akan bau," katanya.

Mie Kocok Persib, salah satu mie legendaris di Kota Bandung.KOMPAS.com/Agie Permadi Mie Kocok Persib, salah satu mie legendaris di Kota Bandung.

Mie Kocok Persib sendiri sudah ada sejak tahun 1963, awalnya dikenal dengan Mie Kocok Riau karena terletak di dekat Jalan Riau. Sang ayah, Sumenep, merupakan salah satu orang yang pertama kali mendirikan mie kocok ini.

"Dulu (almarhum) ayah saya (Sumenep meningal tahun 2001) masih ngejual dua perak‎, namanya juga Mie Kocok Riau karena awalnya tempatnya di dekat Jalan Riau, itu dari tahun 1963-1996. Kemudian pindah k esini," kata Kustanto yang merupakan penerus generasi kedua.

Saking banyaknya pelanggan yang datang ke tempatnya, penamaan Mie Kocok Persib sendiri diberikan oleh para pelanggannya. "Itu pembeli yang kasih nama," tuturnya.

Tak sedikit langganannya yang kerap datang ke tempat tersebut. Meski berada di depan pintu masuk area parkir‎, tempat tersebut cukup nyaman karena berada sejajar dengan toko baju olahraga di sekitar.

Untuk rasa, Mie Kocok Persib patut dicoba. Daging tulang iga yang disajikan menjadi poin plus tersendiri. Daging yang empuk menambah rasa mie ‎kocok lebih lezat dan nikmat.

2. Mih Kocok Bandung Mang Dadeng

Mih Kocok‎ Mang Dadeng yang berada di Jalan Banteng (KH Ahmad Dahlan) No 67 ini memiliki ciri khas di bumbu spesial yang merupakan rahasia keluarga. Mih Kocok Mang Dadeng d buat menggunakan 27 macam bumbu rempah-rempah.

Tak hanya itu, rebusan kaki dan tulang sapi dilakukan dengan cara yang berbeda. Setelah empat jam rebusan dilakukan, mie kocok ini ditambahkan daun salam dan sereh serta jahe ke rebusan tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com