Bukan Cuma Satu, Bakal Ada 9 Hotel Gantung Lagi di Gunung Parang - Kompas.com

Bukan Cuma Satu, Bakal Ada 9 Hotel Gantung Lagi di Gunung Parang

Wahyu Adityo Prodjo
Kompas.com - 20/11/2017, 15:03 WIB
Fasilitas kamar hotel gantung Padjajaran Anyar yang terletak di tebing Gunung Parang, Purwakarta, Jawa Barat setinggi 500 meter, Minggu (19/11/2017). Hotel gantung ini diklaim sebagai hotel gantung tertinggi di dunia mengalahkan ketinggian hotel gantung di Peru.  KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMOKOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Fasilitas kamar hotel gantung Padjajaran Anyar yang terletak di tebing Gunung Parang, Purwakarta, Jawa Barat setinggi 500 meter, Minggu (19/11/2017). Hotel gantung ini diklaim sebagai hotel gantung tertinggi di dunia mengalahkan ketinggian hotel gantung di Peru. KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO

PURWAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu penggagas sky lodge atau hotel gantung Padjajaran Anyar, Dhani Daelami mengatakan pihaknya berencana menambah sembilan hotel di di tebing Gunung Parang, Jawa Barat. Rencana tersebut diharapkan terwujud bulan Januari 2018.

"Ini baru jadi satu unit. Rencana ditambah pemerintah daerah sebanyak 9 unit," kata Dhani kepada KompasTravel di tebing Gunung Parang, Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (18/11/2017).

(Baca juga : Fakta Unik Hotel Gantung Tebing Parang di Purwakarta)

Menurutnya, hotel-hotel gantung di tebing Gunung Parang akan dibangun dengan ketinggian yang bervariasi. Hotel-hotel di ketinggian yang berbeda tersebut akan ditawarkan berdasarkan segmentasi pasar.

"Kita ingin bikin sky lodge itu dua unit untuk khusus yang ingin selfie. Ada segmen untuk backpacker. Itu (lokasinya) 200 meter dan 100 meter ketinggian (tebing)," jelasnya.

Hotel gantung Padjajaran Anyar yang terletak di tebing Gunung Parang, Purwakarta, Jawa Barat setinggi 500 meter difoto menggunakan drone, Minggu (19/11/2017). Hotel gantung ini diklaim sebagai hotel gantung tertinggi di dunia mengalahkan ketinggian hotel gantung di Peru.  KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZES Hotel gantung Padjajaran Anyar yang terletak di tebing Gunung Parang, Purwakarta, Jawa Barat setinggi 500 meter difoto menggunakan drone, Minggu (19/11/2017). Hotel gantung ini diklaim sebagai hotel gantung tertinggi di dunia mengalahkan ketinggian hotel gantung di Peru.
Hotel gantung untuk segmen backpacker nantinya khusus untuk wisatawan ber-selfie. Hotel gantung untuk backpacker itu tak tersedia kasur atau isi kamar lainnya. "Jadi hanya transparan saja hotel gantungnya," tambah Dhani.

(Baca juga : Video Teaser: Menginap di Hotel Gantung Tertinggi Sedunia di Purwakarta)

Sementara, untuk hotel gantung lainnya akan dibangun lebih tinggi dari unit yang telah tersedia. Adapun unit yang tersedia saat ini berada di ketinggian 500 meter.

"Untuk yang lebih tinggi itu fungsinya hunian. Jadi ada perlengkapan, kasur dan lain-lain," katanya.

Tim Kompas.com memanjat Tebing Gunung Parang untuk menuju hotel gantung Padjajaran Anyar via Kampung Cisaga, Desa Sukamulya, Kecamatan Tegal Waru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (18/11/2017). Hotel gantung Padjajaran Anyar merupakan hotel yang berada di Tebing Gunung Parang dengan ketinggian 500 meter dari kaki tebing.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Tim Kompas.com memanjat Tebing Gunung Parang untuk menuju hotel gantung Padjajaran Anyar via Kampung Cisaga, Desa Sukamulya, Kecamatan Tegal Waru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (18/11/2017). Hotel gantung Padjajaran Anyar merupakan hotel yang berada di Tebing Gunung Parang dengan ketinggian 500 meter dari kaki tebing.
Hotel gantung di tebing Parang baru ada satu kamar yang selesai dibuat dan bisa dinikmati wisatawan. Luas kamarnya sendiri sekitar 2,5 x 6 meter persegi dan tinggi kamar sekitar 2,4 meter.

Sekitar akhir Oktober 2017, hotel gantung ini sudah dibuka untuk umum. Sudah ada tiga tamu yang menjajal hotel gantung di Gunung Parang.

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisWahyu Adityo Prodjo
EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM