Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/11/2017, 22:14 WIB
WIENDA PUTRI NOVIANTY

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.comKahiyang Ayu akan diberi nama marga Siregar oleh keluarga besar Bobby Nasution di saat pesta pernikahan di Medan, Sumatera Utara.

Marga Siregar tersebut diberikan  kepada pengantin wanita mengikuti nama marga dari ibu kandung Bobby Nasution, yakni Ade Hanifah Siregar yang berasal dari Suku Mandailing.

Kampung asal marga Siregar sendiri berasal dari pinggir danau toba tepatnya di Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara.

(Baca juga : 10.000 Tamu Pesta Adat Kahiyang dan Bobby, Hotel di Medan Hampir Penuh)

Nyatanya Tapanuli Utara yang dikenal dengan wisata rohaninya juga memiliki banyak surga-surga tersembunyi yang tak kalah cantik. Berikut KompasTravel himpun informasinya :

Bukit sumber air panas Sipoholon di Tarutung, Tapanuli Utara, Sumatera Utara.KOMPAS.com/NURSITA SARI Bukit sumber air panas Sipoholon di Tarutung, Tapanuli Utara, Sumatera Utara.
1. Air Panas Sipoholon

Tapanuli Utara menyajikan banyak wisata pemandian air panas. Salah satunya yang paling terkenal adalah air panas Sipoholon. Tempat wisata ini berlokasi di Tarutung. Terdapat banyak pemandian air panas yang dibuka warga. Air panasnya pun langsung bersumber dari bukit yang tepat berada di belakang permukiman warga setempat.

(Baca juga : Melancong ke 5 Destinasi Wisata di Tanah Kelahiran Bobby)

Di sini, wisatawan tak hanya menikmati pemandian air panas, tetapi juga bisa langsung menapakkan  kaki bukit di sumber air panas. Saat berada di bukit sumber air panas, wisatawan dapat melihat langsung jalur air pipa pemandian yang telah dibuat warga.

Yang membuat apik, di bukit sumber air panas Sipoholon, wisatawan bisa dengan puas mengabadikan pemandangan  kawah yang dikelilingi pegunungan berwarna hijau.

Air panas Sipoholon diketahui memiliki khasiat untuk memulihkan stamina, masuk angin dan sakit kulit. Bukit sumber air panas Sipoholon terletak sekitar 6 km dari Kota Tarutung.

Sejumlah wisatawan menikmati Pemandian Air Soda yang terletak Desa Parbubu I, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Sabtu (17/9/2016). FERRIL DENNYS/KOMPAS.com Sejumlah wisatawan menikmati Pemandian Air Soda yang terletak Desa Parbubu I, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Sabtu (17/9/2016).
2. Pemandian Air Soda

Selain Sipoholon, Anda juga bisa mampir ke salah satu sumber pemandian air panas yang tak kalah populer dengan Air Panas Sipoholon. Namanya Pemandian air soda, berlokasi di Desa Parbubu, Kecamatan Tarutung.

Disebut pemandian air soda karena air kolam di pemandian ini bergelembung-gelembung bagaikan air soda. Gelembung air ini dihasilkan secara alami. Saat dilihat ke dalam kolam, memang ada banyak gelembung yang muncul dari bawah permukaan air.

Pemandian air soda ini tidak terlalu luas. Namun, lokasinya yang berada di sekitar persawahan akan membuat wisatawan betah berendam di sana. Terlebih, kolam pemandian itu tidak dibatasi pagar atau tembok tinggi yang menghalangi pemandangan sekitar.

Salib Kasih di puncak Bukit Siatas Barita, Tarutung, Tapanuli Utara, Sumatera Utara.KOMPAS.com/NURSITA SARI Salib Kasih di puncak Bukit Siatas Barita, Tarutung, Tapanuli Utara, Sumatera Utara.
3. Salib Kasih

Tapanuli Utara dikenal dengan wisata religinya. Salah satu yang paling populer adalah Salib Kasih. Tempat ini bisa ditempuh dalam waktu sekitar 15 menit dari pemandian Air Soda dengan menggunakan kendaraan. Monumen Salib Kasih ini berdiri tegak setinggi 31 meter di puncak Bukit Siatas Barita.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com