BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Get Craft

Liburan Keluarga di Paradise Country, Glamping hingga Gendong Koala

Kompas.com - 21/11/2017, 08:07 WIB
Sandro Gatra

Penulis

GOLD COAST, KOMPAS.com - Destinasi wisata di Gold Coast, Australia, tak melulu soal pantai. Berkemah di Paradise Country bisa menjadi alternatif, terutama bagi Anda yang berlibur bersama keluarga.

Paradise Country berada di satu kawasan dengan taman hiburan Movie World di Gold Coast.

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sana. Berkemah di antara rimbunnya pepohonan, beraktivitas dengan berbagai hewan hingga melihat atraksi mencukur bulu domba.

Kompas.com diajak menjelajah Paradise Country ketika mengikuti undangan maskapai AirAsia dan Tourism & Events Queensland beberapa waktu lalu.

(Baca juga : Menjajal Rollercoaster Tercepat hingga Atraksi Superhero di Gold Coast)

Menuju Paradise Country di kawasan Oxenford hanya butuh waktu sekitar 30 menit berkendara mobil dari tempat kami menginap di hotel The Star Gold Coast.

Begitu sampai, kami diajak berkeliling kawasan yang dibuka sejak 2005 tersebut.

(Baca juga : Ngebut Naik Jet Boating hingga Lihat Lumba-lumba Berenang di Gold Coast)

Pertama, lokasi perkemahan. Konsepnya glamping alias glamorous camping seperti layaknya menginap di hotel.

Tinggal pilih, mau menginap di dalam tenda kemah, caravan atau bus.

Kemah di Paradise Country, Gold Coast, AustraliaSANDRO GATRA/KOMPAS.com Kemah di Paradise Country, Gold Coast, Australia
Kompas.com mencoba memasuki salah satu tenda yang disewakan. Di dalamnya ada satu tempat tidur yang cukup untuk berdua dan satu tempat tidur tingkat untuk dua orang.

Ada juga kamar mandi di dalamnya. Sementara di luar terdapat teras dilengkapi bangku dan meja untuk bersantai. Cocok untuk keluarga.

Kemah di Paradise Country, Gold Coast, AustraliaSANDRO GATRA/KOMPAS.com Kemah di Paradise Country, Gold Coast, Australia
Di sebelah kemah tersebut berdiri kemah serupa. Bedanya, kemah tersebut hanya untuk dihuni maksimal dua orang. Isinya satu kasur ukuran besar ditambah perabotan lain.

Bagi yang mau lebih mewah bisa menginap di dalam bus berbagai ukuran.

Kompas.com memasuki bus yang paling besar. Isinya benar-benar "wah" layaknya di hotel.

Bus untuk berkemah di Paradise Country, Gold Coast, Australia.SANDRO GATRA/KOMPAS.com Bus untuk berkemah di Paradise Country, Gold Coast, Australia.
Di dalam bus yang dimodifikasi itu terdapat satu kamar, satu kamar mandi, dapur dan ruang untuk berkumpul. Fasilitasnya ada televisi, pendingin udara, kompor dan lainnya.

Di luar bus disediakan kursi untuk bersantai sambil melihat burung-burung terbang dan mendengar kicauannya.

Kemah di Paradise Country, Gold Coast, AustraliaSANDRO GATRA/KOMPAS.com Kemah di Paradise Country, Gold Coast, Australia

Hewan menggemaskan


Paradise Country memelihara berbagai hewan, terutama yang disukai anak-anak. Ada kuda, kambing, domba, bebek, kangguru, koala dan lainnya.

Kita bisa melihat kawanan hewan tersebut sambil memberi makan.

Koala di Paradise Country, Gold Coast, AustraliaSANDRO GATRA/KOMPAS.com Koala di Paradise Country, Gold Coast, Australia
Aktivitas lain di Paradise Country adalah memberi susu bagi anak-anak hewan. Anak Alcapas, babi, domba, kambing dipelihara dalam satu kandang besar.

Saat itu, kami diberi kesempatan memberi susu untuk anak-anak kambing. Ketika petugas datang, mereka berebut seakan minta untuk diangkat dari kandang. Mereka tahu waktunya minum susu.

Tak sampai satu menit, satu botol susu habis diminum. Benar-benar menggemaskan lihat tingkah anak-anak hewan itu.

Memberi susu anak kambing di Paradise Country, Gold Coast, AustraliaSANDRO GATRA/KOMPAS.com Memberi susu anak kambing di Paradise Country, Gold Coast, Australia
Tak jauh dari kandang anak hewan, ada bangunan untuk pertunjukan mencukur bulu domba.

Ketika kami masuk, puluhan orang sudah berkumpul. Mayoritas adalah keluarga yang membawa anak-anak.

Dalam pertunjukan, ada delapan jenis domba yang ditampilkan, yakni Damara, Dorset Horn, Poll Dorset, Border Leicester, Wilyshire Horn, Rommey Marsh, Sufflok dan Merino.

Di antara delapan jenis domba tersebut, Merino menjadi bintang.

Pasalnya, bulunya sangat tebal, paling tebal diantara tujuh jenis lain.

Namun, tak seluruh domba tersebut yang bulunya dipotong.

Dalam pertunjukan tersebut, sang petani hanya mencukur satu domba.

Usai pertunjukan, kami melanjutkan jelajah. Kami diajak ke kandang koala. Ada beberapa induk koala nangkring di batang pohon bersama anaknya. Lucu sekali.

Pertunjukan memotong bulu domba di Paradise Country, Gold Coast, AustraliaSANDRO GATRA/KOMPAS.com Pertunjukan memotong bulu domba di Paradise Country, Gold Coast, Australia

Di samping kandang koala ada kandang Kangguru. Mereka lebih banyak bersantai. Pengalaman pertama saya melihat dua hewan asli Australia itu.

Tak hanya melihat, kami juga diajak berfoto bersama koala. Satu per satu kami bergantian menggendong koala dewasa dibantu petugas.

Rasanya seperti menggendong boneka. Bulunya lembut sekali.

Jelajah di Paradise Country diakhiri dengan makan siang di salah satu restoran. Daging sapi atau ayam panggang menjadi menu utama. Ada pula menu untuk vegetarian.

Saya memilih daging sapi panggang ditambah saus barbeque. Rasanya maknyuss.


komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com