Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/11/2017, 09:03 WIB
Caroline Damanik

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Jika Anda berencana berlibur ke London, Inggris, paling tidak dalam empat tahun ke depan, pastikan Anda sudah tahu bahwa Big Ben, ikon ternama di London, sedang menjalani renovasi.

Proses renovasi Elizabeth Tower, menara tempat Big Ben berada, sudah dimulai sejak Agustus 2017 lalu dan dijadwalkan rampung pada tahun 2021 mendatang.

Saat berkunjung ke kawasan Westminster, Senin (6/11/2017), wujud Elizabeth Tower dan jam raksasa Big Ben yang megah sudah tertutup perancah atau steger (scaffolding), kerangka penyangga pada setiap pekerjaan konstruksi.

(Baca juga : 14,5 Jam Terbang Langsung dari Hangatnya Jakarta ke Romantisnya London)

Rupa jam analog dengan empat jarum itu pun tidak terlihat jelas lagi begitu pula wujud menaranya. Sejak renovasi dimulai, lonceng Big Ben seberat 14 ton itu juga tidak akan berdentang, meski ada wacana tetap akan berbunyi pada acara-acara besar, seperti perayaan Tahun Baru.

Elizabeth Tower dan Big Ben, ikon ternama di London, Inggris, sedang menjalani renovasi. Proses renovasi sudah dimulai sejak Agustus 2017 lalu dan dijadwalkan rampung pada tahun 2021.KOMPAS.com/Caroline Damanik Elizabeth Tower dan Big Ben, ikon ternama di London, Inggris, sedang menjalani renovasi. Proses renovasi sudah dimulai sejak Agustus 2017 lalu dan dijadwalkan rampung pada tahun 2021.

Kami, dua jurnalis dan dua influencer yang datang ke London atas undangan Garuda Indonesia dan British Embassy Jakarta, sempat kecewa karena tidak bisa melihat rupa Big Ben. Namun, ini justru berbuah doa supaya suatu saat kami bisa kembali ke London saat Big Ben sudah selesai direnovasi.

"Kita harus datang lagi nanti," ungkap salah satu dari kami.

Meski sempat terbersit kekecewaan, namun kami tetap tidak meninggalkan ritual foto-foto dengan latar belakang Big Ben, Elizabeth Tower dan Palace of Westminster.

(Baca juga : 8 Fakta Unik London Bridge, Ikon Ibu Kota Inggris)

Hal yang sama juga dilakukan oleh orang-orang yang berada di kawasan Westminster siang itu. Mereka tetap tidak meninggalkan foto-foto, mulai dari selfie, wefie hingga "tongsis" alias "tolong dong sis" alias minta tolong orang lain membantu memotret dengan latar belakang "wujud baru" Big Ben dan Elizabeth Tower.

Pengunjung tetap berfoto dengan latar belakang Elizabeth Tower dan Big Ben, meski ikon ternama di London, Inggris itu sedang menjalani renovasi. Proses renovasi sudah dimulai sejak Agustus 2017 lalu dan dijadwalkan rampung pada tahun 2021.KOMPAS.com/Caroline Damanik Pengunjung tetap berfoto dengan latar belakang Elizabeth Tower dan Big Ben, meski ikon ternama di London, Inggris itu sedang menjalani renovasi. Proses renovasi sudah dimulai sejak Agustus 2017 lalu dan dijadwalkan rampung pada tahun 2021.

Di Great George Street misalnya, pasangan turis dari Asia meminta tolong salah satu dari kami untuk membantu memotretkan mereka yang berpose di depan red telephone box. Salah satunya mengingatkan saya agar rupa Big Ben tidak luput dari jepretan.

"Sayang memang (tertutup karena renovasi), tapi harus dong tetap foto-foto dengan Big Ben," ungkapnya.

Elizabeth Tower dan Big Ben berada di kawasan Westminster di Central London. Pengunjung bisa mencapainya dengan menggunakan tube, mencari jalur District and Circle lines, dan turun di Westminster Underground Station.

Ada beberapa pintu gerbang di stasiun ini, antara lain pintu keluar yang paling dekat ke Sungai Thames dan yang paling dekat ke Great George Street. Begitu keluar dari kedua gerbang ini, Anda bisa sama-sama langsung melihat kemegahan Big Ben.

Suasana di kawasan Westminster, London, Inggris, tempat Elizabeth Tower dan Big Ben, ikon ternama di London, berada. Keduanya sedang menjalani renovasi mulai dari Agustus 2017 lalu dan dijadwalkan rampung pada tahun 2021.KOMPAS.com/Caroline Damanik Suasana di kawasan Westminster, London, Inggris, tempat Elizabeth Tower dan Big Ben, ikon ternama di London, berada. Keduanya sedang menjalani renovasi mulai dari Agustus 2017 lalu dan dijadwalkan rampung pada tahun 2021.

 

Red telephone box di kawasan Westminster, tempat Elizabeth Tower dan Big Ben, ikon ternama di London, Inggris, berada. Renovasi sudah dimulai sejak Agustus 2017 lalu dan dijadwalkan rampung pada tahun 2021.KOMPAS.com/Caroline Damanik Red telephone box di kawasan Westminster, tempat Elizabeth Tower dan Big Ben, ikon ternama di London, Inggris, berada. Renovasi sudah dimulai sejak Agustus 2017 lalu dan dijadwalkan rampung pada tahun 2021.

 

 

Kompas TV Jam Big Ben Akan Membisu Selama 4 Tahun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com