Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Kimchi yang Jadi "Google Doodle" Hari Ini?

Kompas.com - 22/11/2017, 10:05 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

Sumber CNN

KOMPAS.com - Jika Anda membuka laman Google hari ini, akan tampak doodle bergambar sawi, wortel, bawang putih, lobak, dan cabai. Ini adalah bahan-bahan untuk membuat kimchi alias asinan khas Korea.

Kimchi dijadikan doodle karena tepat hari ini, 22 November, adalah Kimchi Day bagi warga Korea. Dari laman resmi Google Doodle yang dikutip KompasTravel, membuat kimchi hari ini dipercaya bisa membuat rasanya jauh lebih nikmat dibanding hari-hari lain.

Baca juga : Kimchi, dari Gentong sampai Kulkas

Apa itu kimchi? Asinan ini disinyalir sudah ada sejak 2.000-3.000 tahun lalu. Ada ratusan jenis kimchi, dan setiap ibu rumah tangga di Korea pasti bisa membuatnya. Banyak warga Korea bahkan memiliki lemari pendingin sendiri khusus kimchi.

Sawi KimchiDok. SamWon Shop Sawi Kimchi

Situs CNN memilih kimchi sebagai satu dari 10 makanan terenak khas Korea. Mengutip situs CNN, sawi yang merupakan bahan dasar kimchi biasanya difermentasikan selama berhari-hari. Bahkan ada kimchi yang difermentasikan selama enam bulan hingga tahun, dikenal sebagai mugeunji.

Baca juga : Kimchi, Perencanaan Masa Depan Mulai dari Dapur

Cara membuat kimchi cukup mudah. Sawi dipotong-potong menjadi ukuran kecil, kemudian direndam air garam semalaman. Yangnyum (lobak yang dibumbui bubuk cabai) kemudian digabungkan dengan bawang bombay, jahe, bawang putih, juga fermentasi udang atau ikan teri (anchovy).

Saat pembuatan kimchi inilah warga Korea berkumpul bersama keluarga, membuat asinan tersebut bersama-sama. 

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com