Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makna Ulos di Perkawinan Adat Batak Bobby-Kahiyang Ayu, Apa Sih?

Kompas.com - 22/11/2017, 18:00 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ulos sebagai salah satu identitas suku Batak menjadi amat sakral ketika ada dalam sebuah acara adat. Begitu juga ketika Kahiyang Ayu disematkan ulos dalam rangkaian acara adat pernikahannya dengan Bobby Nasution.

Banyak makna tersimpan di balik mewahnya selembar kain ulos khas Batak. Ragam sub-etnis Batak dengan berbagai marganya punya desain dan warna khas masing-masing.

Sejarawan, JJ Rizal mengatakan dalam mitologi orang Batak, khususnya Batak Toba, ulos berperan sebagai jembatan leluhur tiap marga. Dari uloslah mereka akan tahu silsilah dan turunan-turunan keluarganya, hingga leluhur.

"Ulos itu sebenarnya, 'buku sejarah' dari orang Batak, ulos bisa menjelaskan dia itu siapa dan turun dari silsilah yang mana," kata JJ RIzal saat ditemui KompasTravel dalam acara Mahakarya Indonesia, Senin (21/11/2017).

Para deklarator Kota Medan Kota Inklusi diulosi dan diajak manortor pada Pesta Rakyat Pemuda di Medan, Sumatera Utara, Senin (30/5/2016).KOMPAS.COM/MEI LEANDHA Para deklarator Kota Medan Kota Inklusi diulosi dan diajak manortor pada Pesta Rakyat Pemuda di Medan, Sumatera Utara, Senin (30/5/2016).
Menurutnya penurunan ulos akan terus menerus sepanjang adanya pernikahan dan perkawinan. Proses tersebut dinamakan 'Mangulosi' yang jadi salah satu rangkaian prosesi pernikahan adat Batak. Saat proses tersebut akan terlihat ragam corak khas yang berbeda dari berbagai marga yang datang.

Ulos juga bisa bermakna seperti lorong waktu dalam pernikahan. Karena, ketika ulos itu disematkan ada cerita tentang leluhur dengan segala macam petuah mereka, nilai-nilai mereka, dan semua itu diturunkan pada penerimanya. Dalam hal ini yang menerimanya ialah Kahiyang Ayu.

JJ Rizal sedang menjelaskan ulos khas Batak dalam acara pameran Mahakarya Indonesia, Senin (21/11/2017).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA JJ Rizal sedang menjelaskan ulos khas Batak dalam acara pameran Mahakarya Indonesia, Senin (21/11/2017).
"Jadi simbol penerimaan sekaligus penurunan nilai-nilai. Jangan heran pas pernikahan adat Batak ada puluhan ulos yang disematkan dari berbagai marga yang ada. Setiap suku di rumpun batak pasti desainnya berbeda," ujarnya.

Dalam pernikahan adat Bataknya, Kahiyang Ayu dan Muhammad Bobby Nasution akan menjalani 15 rangkaian adat. Prosesi tersebut mulai Manyambut Bayo Pangoli Dohot Boru Nadioli, Manortor, Mangalo-alo Mora, Mangulosi, hingga resepsi yang dilakukan pada 26 November 2017, nanti.

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com