Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dispar Sulsel Berencana Kembangkan Wisata Halal di Toraja

Kompas.com - 24/11/2017, 06:10 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com – Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Yulianus Batara Saleh mengatakan pihaknya berencana akan mengembangkan wisata halal di Toraja.

“Saat ini kita punya persoalan di Toraja. Sama seperti Bali dulu di tahun 80-an, sulitnya wisata halal, terutama wisata kulinernya. Makanya mau kita kembangkan wisata halal di sana,” ujar Yulianus saat ditemui dalam acara Celebes Travel Market 2017 di Grand Clarion Hotel, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (22/11/2017).

(Baca juga : Lolai, Magnet Baru Wisata Toraja)

Ia menjelaskan, persoalan tersebut timbul ketika mulai bertambahnya wisatawan nusantara berkunjung ke Toraja. Wisatawan yang datang ke Toraja didominasi oleh wisatawan nusantara. Bahkan 70 persennya adalah umat Muslim.

“Satu tahun bisa satu juta wisatawan nusantara datang ke Toraja. Dan mereka sulit mendapatkan makanan halal,” katanya.

Upacara pemakaman Rambu Solo di Tana Toraja, Sulawesi Selatan.BARRY KUSUMA Upacara pemakaman Rambu Solo di Tana Toraja, Sulawesi Selatan.
Adapun rencananya, Dispar Sulsel akan mulai mensosialisasikan dari hal kecil. Seperti halnya, memberi kesempatan pengusaha untuk membuka bisnis wisata halal, seperti menyediakan kuliner halal.

Kemudian juga soal ketersediaan tempat ibadah dan hotel yang ada di Toraja. Dia berharap, nantinya di setiap hotel menyediakan tempat ibadah yang nyaman.

Namun, Yulianus menjelaskan untuk targetnya sendiri belum dapat ditentukan. Sebab, masih akan berdiskusi dan melakukan koordinasi dengan pihak lain. 

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com